HALAMAN PUTIH

Media Informasi Dan Berbagi Cerita

Manfaat Vitamin B1, B6 Dan B12 12 Oktober 2009

Filed under: Kedokteran, kesehatan — Muhammad Mufti @ 11:03

Kadang kita merasa pegal-pegal sehabis bekerja berat atau berolahraga. Ada pula orang yang merasa pegal karena tak melakukan aktivitas apa-apa. Bisa jadi pegal yang terakhir tanpa sebab ini dikarenakan kekurangan vitamin B1, B6 dan B12. Ketiga vitamin tersebut dibutuhkan tubuh untuk metabolisme karbohidrat, lemak dan protein menjadi energi. Juga untuk memelihara jaringan syaraf. Selain berfungsi untuk metabolisme ketiga vitamin ini juga bermanfaat pada bahan-bahan makanan yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Hampir semua suplemen vitamin penambah vitalitas mengandung ketiga unsur ini. Begitu juga dalam susu kemasan baik untuk balita maupun dewasa. Bahkan ketiga vitamin ini juga mempunyai peran penting untuk memulihkan kesehatan bagi orang yang baru sembuh dari sakit yang biasanya dikombinasikan dengan vitamin C.

Saat ini banyak produk vitamin yang sudah dikemas sebagai produk olahan pabrik sehingga dapat dikonsumsi secara bebas oleh masyarakat. Akan tetapi rekomendasi utama dari para ahli gizi dan pakar kesehatan ialah tetap mengutamakan konsumsi vitamin secara alami melalui sumber nabati maupun hewani karena dinilai lebih aman. Terlebih lagi jika didapat dari produk organik yang terbebas dari pengaruh zat-zat kimia.

Apa sajakah manfaat dari vitamin B1, B6 dan B12 tersebut?

Vitamin B1

Sumber : beras merah, kuning telur, ikan, kacang-kacangan dan gandum

Manfaatnya :

  • memperlancar metabolisme
  • memperlancar sirkulasi darah
  • mengoptimalkan aktivitas kognitif dan fungsi otak
  • mencegah terjadinya kerusakan syaraf
  • memulihkan gangguan syaraf pusat dan tepi

Vitamin B6

Sumber : Ragi kering, daging, hati, ginjal, ikan, lemak, kacang-kacangan, beras tumbuk

Manfaatnya :

  • memperlancar metabolisme
  • membantu transmisi impuls syaraf
  • meningkatkan kekebalan tubuh
  • menjaga keseimbangan garam-garam mineral
  • membantu sintetis RNA dan DNA

Vitamin B12

Sumber : hati, ikan, susu dan olahannya, daging, telur dan rumput laut

Manfaatnya :

  • mencegah kerusakan syaraf
  • membentu pembentukan sel darah merah
  • memperlancar metabolisme sistem tubuh
  • mengubah karbohidrat, protein dan lemak menjadi energi

Yang jelas, mengkonsumsi makanan bergizi yang mengandung ketiga unsur di atas akan lebih nikmat dan mantap. Apalagi jika disantap bersama keluarga, rekan maupun sahabat dalam sebuah perjamuan makan.

Pada musim pancaroba ini alangkah baiknya kalau kita bisa menjaga dan mempertahankan kesehatan kita sehingga terhindar dari penyakit yang kerap menyerang akibat stamina yang menurun.  Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung nilai gizi yang cukup bagi tubuh.

Bukankah bahan-bahan makanan yang mengandung vitamin B1, B6, dan  B12 ini mudah kita temui dalam kehidupan sehari-hari?

About these ads
 

91 Responses to “Manfaat Vitamin B1, B6 Dan B12”

  1. Dangstars Says:

    Ya..betul memang vitamin sangat dibutuhkan kita..
    Terimakasih atas masukan makanan yang mengandung vit.B.
    Nice inpo..Gan

    — — —
    *Tubuh kita memerlukan asupan vitamin setiap hari

  2. alamendah Says:

    (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    Vitamin ini sepele tapi amat penting ternyata.

    — — —
    *ya, energi kita didapat dari jenis vitamin ini

  3. nahdhi Says:

    Kalau B2, B3, trus B Complex kok gak sekalian dibahas? Itu yang B6 tu golongan A apa B ya?

    — — —
    *sementara baru Vit B1, B6 dan B12 dulu yang bisa saya posting

  4. zee Says:

    Yang penting makanan harus lengkap nasi lauk pauk dan buah, jadi semua vitamin bisa tercukupi. Yang susah adalah kalo anak susah makan dan pilih2 makanan jadi rada susah milih makanan yg bisa mencukupi semua gizinya. Terpaksa tambahannya pake susu deh.

    — — —
    *Empat sehat lima sempurna yang sesuai keperluan tubuh. Dalam produk susu sering juga ditambahkan zat vitamin jenis ini.

  5. indra1082 Says:

    Namanya saja Vitamin, biar VIT, :lol:

    — — —
    *vit dan berenergi alias Rosa kata Mbah Maridjan

  6. welly Says:

    Kebayang deh pentingnya peran penguasa dapur. Dia harus ngerti ilmu beginian supaya negara bisa sehat selalu

    — — —
    *Apalagi yang jadi kader PKK dan Pos Yandu, biasanya dibekali dengan pengetahuan seperti ini

    • goezsudiantara@yahoo.com Says:

      saya baru sd aja bisa nyarik disini di kasik tau sama pak komang sd 8 sanur ????????????????? bales ya

  7. edratna Says:

    Apalagi jika usianya seperti saya, metabolisme tubuh mulai kacau, jadi vitamin benar-benar perlu…dan yang paling baik adalah vitamin hayati

    — — —
    *Benar Bu, semakin berumur maka fungsi organ tubuh dan metabolismenya juga akan berkurang. Maka fungsi vitamin benar2 sangat diperlukan.

  8. danu Says:

    kalo bisa dari dapat dari sumbernya, barangkali, lebih baik yah, kalo udah dijadikan vitamin b1, b6, b12 kan udah disintesa secara kimiawi. cuma takarannya memang jadi susah. sementara kalo sudah berbentuk vitamin lebih mudah dosisnya.

    — — —
    *ya, kita memang lebih mudah mengkonsumsi vitamin dengan takaran yang pas kalau sudah ada dalam produk kemasan

  9. agnes sekar Says:

    Selamat siang Mufti. vitamin memang diperlukan oleh tubuh, kekurangan salah satu vitamin akan berdampak tidak baik terhadap tubuh, untuk itu diperlukan keseimbangan agar tubuh menjadi sehat dan energi. Terima kasih infonya, Sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

    — — —
    *intinya kita harus menjaga kesehatan agar tetap fit dan berenergi

  10. andif Says:

    kalau vitamin/obat buat gemukin badan apa??
    habis kurus terus ni badan :d

    — — —
    *Kalo produk susu ada mas. Itu lho, iklan yang gambarnya superman kurus.

  11. Pakde Cholik Says:

    Pengetahuan ini sangat bermanfaat agar kita tidak salah makan. Dengan makan yang bergizi berarti vitamin terpenuhi ya.
    terima kasih infonya
    Salam hangat dari Manado.

    — — —
    *iya pakde, zat2 gizi yang terkandung dalam makanan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh

  12. kyra.curapix Says:

    wah,,,sip neh,,maslaah vitamin2

    — — —
    *he eh nih, makasih…

  13. Enny Says:

    Ok, tq infonya!

    — — —
    *sama2

  14. lailatul masyrifah Says:

    Thanks atas infonya… skrng sy jadi lebih mengerti ttg pentingnya vitamin B1,B6,B12. Soalnya kemarin2 sy pikir vitamin ini tdk begitu penting, tp ternyata sy salah… thanks ya…..

    — — —
    *semua vitamin penting bagi tubuh kita…

  15. alfan Says:

    sy barusan nyoba minum vit b 1, 6, 12, coz sy srg capek krn sy gru olahraga, gmn mas?

    — — —
    *Kalau memang konsumsi dari makanan belum mencukupi tentu perlu suplemen vitamin. Saya juga sering melakukannya.

  16. DARWANDI Says:

    Trims, infony. apa di dlm vit B komplek, sdh ada vit B1,B6, B12

    — — —
    *ada, hanya saja dalam vit B kompleks komposisinya tidak sama

  17. nining Says:

    wah.
    jd tambah wawasan neh

    — — —
    *terima kasih…

  18. Gianto Says:

    Tks bos.infox sy br mw nyoba mw konsumsi vit b.

    — — —
    *makasih, semoga jadi semakin sehat.

  19. phoeyxbink17 Says:

    ths info nya.. :)

    — — —
    *sama2

  20. blog sehat Says:

    jgan pernah sepelekan vitamin klo mau hidup sehat, tx infonya

    — — —
    *kita semua membutuhkan vitamin yang berguna bagi tubuh

  21. Trim, q jdi tbah fit nieh………berkat consumsi vit.B

    — — —
    *selamat deh, skrng jadi tambah fit

  22. masyhudi Says:

    trimah kasih tuk infonya

    — — —
    *sama2 pak…

  23. nur aziza Says:

    Thanks artikelnya tentang vitamin B. memang vitamin sangat perlu untuk tubuh kita. Oke banget dech……

    — — —
    *ya, semoga bermanfaat

  24. lovely dee Says:

    wah.. infonya berharga banget ini.. memang di musim yang tidak menentu ini sangat penting untuk mengkonsumsi makanan minuman yang kaya vitamin & mineral.. biar tubuh ga mudah sakit.. :)

    — — —
    *tindakan preventif, mencegah sebelum terjadi sakit

  25. tanktea Says:

    sangat bagus dan berharga sekali. makasih infonya.

    — — —
    *ya, semoga bermanfaat

  26. capunk kecil Says:

    Bang, ak kan pengen sehat gtu. tp lbih cndrung konsumsi vit. dr produk2 kmasan yg djual bbas. Apakah dmpak ato efekdepan! (efek samping maksute hehee.. dr konsumsi vit. brupa pil ato kapsul dlm jngka pendek

    — — —
    *Kerja lever menjadi lebih berat. Akan lebih aman mengkonsumsi langsung dari alam atau produk organik.

  27. ai Says:

    saya lg kena bells palsy apa tepat saya komsumsi vit b1,b6,b12? itu saya beli sendiri sebelumnya saya di kasih resep sama dokter yaitu rebal plus dan asthin force,dimakan 3x sehari mana yg lebih bagus saya konsumsi? penyakit saya ini dah lama dah mau 6 bln,dan saya sedang terapi akupuntur dan sudah mendingan,tgl bag mulut aja blom sempurna. Gimana ya solusinya? makasih sebelumnya…

    — — —
    *langsung saja ke ahlinya, terapi akupuntur juga bagus…

  28. bsasaq Says:

    thanks infonya..nice blog, katanya kebutuhan vit, terutama vit B6 sangat kecil 0,2 mg sehari, terus gimana dengan suplemen seperti Neurobion (maaf jadi nyebut produk nih)..kan tinggi tuh kandungan vit B6nya, terus gimana dong..mohon penjelasannya

    — — —
    *kelebihan vitamin yang tidak digunakan tubuh akan dibuang melalui urine…

  29. Bukhori Says:

    MAAF MAS MAU NANYA: APA TDK BHAYA MINUM NOUROBION BG PNDRTA GNJAL?

    — — —
    *perlu konsultasi dahulu ke dokter ahlinya…

  30. ramadiansyah Says:

    waaaaaaaaah banyak banget manfaat nya
    baru tau neh….
    thanks untuk info nya ya…….

    — — —
    *semoga bermanfaat

  31. marsa Says:

    vitamin apa yang dianjurkan bagi penderita diabetes

    — — —
    *coba deh konsultasi ke apoteker yang paham dengan segala jenis obat dan vitamin untuk jenis ini

  32. mariyah sita Says:

    apa wanita hamil dapat mengkonsumsi vit B12 setiap harix???

    — — —
    *bisa saja dengan mengkonsumsi dari sumber asalnya secara alami

  33. melinda Says:

    Vitamin b kompleks boleh gak diminum tiap hari???

    — — —
    *asal dosisnyaaman dan tidak berlebihan saya kira boleh2 saja

  34. faisal Says:

    Saya diresepkan internist mengkonsumsi alinamin-f 3×1. saya baca alinamin f merupakan vitamin b1 dan b2. saya berobat untuk penyakit refluks asam lambung, kira2 apa ya hubungan pemberian vitamin b1 dengan pengobaran saya?

    terimakasih..

    — — —
    *yang jelas utk membantu memperlancar proses metabolisme karbohidrat dalam tubuh

  35. woxx Says:

    vit B1, Vit B6, Vit B12 dan Vit E apakah Baik untuk Ibu Hamil
    jika berjenis kapsul

    — — —
    *sebaiknya konsultasikan saja ke dokter pribadi atau dokter keluarga Anda

  36. ifat Says:

    saya sering sekali terkena “tengeng” seperti salah posisi tidur, padahal saya lagi dalam keadaan duduk.tiba2 bisa terkena tengeng. saya ke apotik dikasih obat dolo-neurobion.dan setelah saya minum 3 kapsul sudah sembuh. dan saya lihat komposisinya disitu ada vit B1.B6,B12 berarti memang saya kekurangan Vit tersebut ya,,? padahal saya cukup makan 4 sehat 5 sempurna…kok bisa begitu ya?

  37. Andi Says:

    Ada ga efek samping dari suplemen Alinamin-f yg trdapat vit B1 dan B2 ?

  38. Andi Says:

    Mas faisal sma ni aq jg kna pnyakit yg brhbngan dg lambung jg dkasih suplemen Alinamin-f yg trdapat vit B1 dan B2, trus gmna kndisi mas faisal udh smbuh blm n apa aja obat yg dknsumsi ?

  39. eka widiya sarii Says:

    yg lain manna :)

  40. amad Says:

    info mantap nih……

  41. dancow Says:

    Apa efek klo kita minum vitamin yang dari produk bukan dari alami. Misal kaya c*c*rma plus gtu?

  42. mksh bnyk infonya…
    apa dgn vit trsbt berat bdan kita meningkat?

  43. yana nur masita Says:

    waaaaaaah,,,,,,,,, banyak sekali manfaatnya.

  44. evavou Says:

    ada yang bilang vit B bisa menambah nafsu makan,, bener ga?

  45. Budi Nurwahono Says:

    vitamin B1, B6 dan B12 : saya membutuhkan vitamin2 tersebut dikarenakan seluruh badan saya akir2 ini terasa kesemutan akibat kacapekan olahraga & perjalanan jauh naik motor…atau bisa di beli dimana? Vitamin ini

    dilihan dari gejala yang saya rasakan , saya merasa kurang vitamin tersebut

  46. popay Says:

    kalo kaki sering kesemutan vitamin apa yg harus di konsumsi

  47. ANDRI Says:

    TRIPZ YA TIPSNY

    • Budi Nurwahono Says:

      VITAMIN B1,B6 DAN B12 itu ada yang 1 kaplet di minum se-kali atau macam vitamin ini kapsul ?

  48. makasih.. bnyk pelajaran yg telah terpetik dari sini.

  49. Nasir Says:

    Masalah vitamin adalah satu sumber bagi manusia jika vitamin tidak dibutuhkan kesehatan anusia akan menurun dan seperti tumbuhtumbuh tidak di beri pupuk

  50. restika Says:

    thankssssssss :*

  51. edho Says:

    * anak saya berumur 2 bulan tpi di kepalanya sudah ada uban saya lihat hanya satu saja sih apa itu termasuk kurang vit

  52. rafy Says:

    B6 berfungsi jg tidak untuk melatih agar tidak tremor??

  53. Agnes Olivia Says:

    Setelah saya mengkonsumsi Vitamin B Complex, saya makin mudah mencapai nikmat orgasme. Vagina saya makin kuat berdenyut & menjepit penis cowok. Ada yg mau coba?

  54. kaki saya sering kesemutan, mungkin kekurang vitamin2 ini ya? tak coba konsumsi sumber makanan yg mengandung vitamin2 tsb. makasih infonya.

    • Budi nurwahono Says:

      mohon informasi ..Jika minum obat ini adakah efek sampingnya mohon penjelasan, sebab sy mendapat informasidari banya sumber kalau mengkonsumsi obat ini tidak baik,trims ( Neourobion)

  55. alline Says:

    Terima kasih infonya……maksimal dosis untuk ketiga vitamin tersebut berapa?

  56. syukron hadi Says:

    trimakasih atas infonya

  57. calvin Says:

    trims infonya

  58. kira kira berapa hari ya,, isk ringan itu sembuh total

  59. Iyndah Says:

    Makasi Yah Infonya…

  60. Dyan Fanny Says:

    suami saya sering menggigil tiba2 diikuti nggak enak badan kira2 kenapa ya?saya nggak mau dikit2 ke dokter terus kalo ke dokter pasti jawabannya gejala radang

  61. H.HAFILUDDIN Says:

    Terimaksih banyak atas informasinya. Kebetulan saya minum obat yang diberi dokter dan ingin mengetahui lebih jelas tentang manfaat vitamain B1, vitamin B6, dan B 12.

  62. thomas Says:

    trimakasih banyak atas infonya

  63. nor Says:

    Boleh ..d ambil tiap..2..hari…?

  64. novria susanti Says:

    bagaimana dg dosis vitamin b1,b3 dan b6 kak?
    dosis yng bagaimana bisa menimbulkan efek samping,
    terimakasih

    — — —
    *ikuti aja petunjuk dalam kemasan atau dokter yang memberikan resep, insya Allah aman.

  65. Reindra Says:

    Ya lagi sakit migrain parah, sama dokter dikasih tuh vitamin…

  66. Frangky Says:

    kamu umur berapa sekarang,menggunakan B complex memperkuat vagina?

  67. Sandy Says:

    apaKas saya bisa gemuk dan kEBAL SETELAH MINUM VITAMIN B1,B6,B12

  68. Pulau tidung Says:

    dari buah apakah fitamin B1 B6 dan b12 terdapat ?

  69. eko Says:

    bagaimana dengan kejantanan pria bagi ketiga vitamin tsb

  70. aruan Says:

    saya pernah mengkonsumsi vit b complex,tapi kok berat badan saya gag berubah ya mbak

  71. Citra Yuniarti Says:

    makasih infonyaaa

  72. Enar Says:

    kekurangan Vit tsb badan loyo palagi hbs kerja berat, pengalaman saya dgn mengkonsumsi Vit tsb hanya saat kerja extra berat sgt membantu sekali, emang ok

  73. Jitos ragil Says:

    Betul bnget vit b1,b6,b12 sngt bermanfaat bgi tubuh. q kemarin mengalami gejala kesemutan pda telapak tangan hampir 20hari gk sembuh. Kakak q menyuruh untuk mnbeli neurobion, stlh di apotik q jg disarankan mengkonsumsi neurobion. Alhamdulilah bru mengkonsumsi 5 tablet kesemutanya dah mau sembuh. Alhmdulilah bnget,,

    ” trimakasih neurobion….:)

  74. Vitha Says:

    nice info nya…
    aku juga baru sadar..setiap aku sakit..selalu resep obat nya..ada vit B1 B6 B12..
    ternyata aku baru tau manfaat nya..
    thank’s Muhammad Mufti

  75. wisnu Says:

    info dr anda sangat membantu saya…..trimakasuh sangat banyak untuk anda.

  76. andi yuiliardi Says:

    kesimpulannya lebih baik vitamin tsb diambil dr sumbernya dibandingkan yg sudah jd obat/kapsul..tq atas infonya

  77. kl sy sich sering mengkonsumsi vitamin b complex.

  78. Bagus Catur Says:

    Vitamin yg dari makanan dpt dimakan 3x sehari, sdgkan yg saya inginkan juga dari minuman kira2 apa karna aktifitas banyak dilapangan, thx infonya yg detail tsb.

  79. fely wanin Says:

    dok, maaf saya mau tanya tumit kaki saya sakit knp ya? n jg kadang2 kesemutan taq


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s