Nge-Blog Lagi…

Gara-gara blogku yang ada di Blogger diblokir sama Google (Google apa Blogger ya?) membuatku mengambil keputusan untuk pindah ke sini. Mungkin agak terlambat juga memutuskannya sehingga kejadiannya harus seperti ini. Beruntunglah mereka yang sudah pindah atau bikin lagi blognya di WordPress tanpa harus mengalami nasib malang.

Entah kenapa blogku ini kena blokir juga. Kesimpulan akhir yang kudapat, blog disinyalir mengandung spam (mengandung, bukan hamil lho!) atau melanggar TOS.  Sama juga dengan beberapa rekan blogger yang boleh dibilang eksistensinya sudah diakui bahkan tergolong blog tenar, seperti di sini, sini, sini, atau di sini,  sini, dan juga sini, dan banyak lagi yang lainnya. Blog mereka juga kena blokir secara sepihak tanpa sebab-sebab yang jelas. Sampai saat ini beberapa blog ada yang masih dalam status diblokir namun ada juga yang sudah bebas seperti semula.

Untungnya blogku tidak musnah sama sekali sehingga masih bisa diutak-utik. Hanya saja, blog tidak bisa diakses secara bebas oleh publik. Kalaupun diakses maka yang muncul hanya komentar “Blog ini melanggar syarat layanan Blogger dan hanya terbuka bagi pengarangnya saja”. Entah akan sampai kapan seperti itu. Dan saya juga belum tahu apakah akan rujuk lagi sama Blogger jika masalah sudah beres atau pilih Wordpress atau mungkin dua-duanya yang kupilih.

Alhamdulillah, seluruh posting yang pernah kubuat di dalamnya tidak turut lenyap. Coba bayangkan, seandainya semua hilang tak berbekas dan kita tak sempat bikin back up-nya, padahal tulisan yang sudah dibuat mencapai ratusan jumlahnya. Dan itu diperoleh setelah ngeblog bertahun-tahun, apa nggak tragis tuh…

Ada memang yang bernasib tragis, namun mereka juga tak bisa berbuat apa-apa selain kecewa, sedih, menyesal, marah, dongkol dan seabrek perasaan bercampur baur. Rata-rata kejadian itu memaksa siapa pun juga untuk segera menjatuhkan talak kepada Blogger dan segera beralih ke WordPress tentunya. Tanpa hal semacam itu pun rasanya WordPress sudah banyak yang melirik dan meminangnya.

Daripada menunggu pulihnya blog sampai waktu yang belum bisa ditentukan, akhirnya kuputuskan untuk bikin blog lagi dengan nama yang sama. Meskipun demikian, seluruh posting yang pernah kubuat di Blogger belum bisa diimpor dari account WordPress-ku,  karena masih dalam status blokir. Barangkali pakai cara manual atau satu persatu hal itu bisa dilakukan, namun tentu saja ini juga memerlukan waktu lama sampai semua tulisan dapat dipindahkan. Mungkin ada yang punya solusi mengenai hal ini?

Lama tak ngeblog, rasanya gatal juga pengen nulis-nulis lagi. Apalagi ada beberapa pihak yang menjadikan artikel di blogku ini sebagai rujukan atau sumber referensi, seperti di sini, sini, sini, sini, juga di sini. Sayang rasanya kalau dihentikan begitu saja. Meski bukan tergolong blog kondang karena artikel-artikelnya masih terasa dangkal, alhamdulillah ada juga yang merujuk ke HALAMAN PUTIH yang sekarang sudah pindah ke sini.  Semoga bermanfaat…

Kemungkinan masalah yang sama bisa saja muncul di WordPress, mengingat ada beberapa pengalaman pernah terjadi. Misalnya mereka yang coba pasang adsense dan semacamnya untuk meraih penghasilan.  Demikian pula dengan hosting gratis di tempat yang lain, bukan tidak mungkin masalah yang sama dapat muncul.

Satu lagi, setiap kali posting tak ada salahnya kalau kita memback-up tulisan yang kita buat, baik di internet, flash disk atau di komputer kita masing-masing. Bila perlu, sebaiknya kita juga memillikinya dalam bentuk naskah yang sudah dicetak. Hal ini untuk mengantisipasi seandainya ada masalah yang muncul di kemudian hari.

Yang paling aman sih pake hosting berbayar bukannya yang gratisan. Tapi, ah sudahlah… saya pengen ngeblog, nulis-nulis lagi setelah sekian waktu ngumpet, termasuk absen ke negeri tetangga. Kebetulan, bertepatan dengan momen peringatan 100 tahun Kebangkitan Nasional dan 10 tahun reformasi (lho, apa hubungannya???) 

Iklan

18 thoughts on “Nge-Blog Lagi…

  1. wah payah emg google.
    gpp lah yg penting udah bisa ngeblog lagi… 🙂

    — — —
    *Dah banyak yang jadi korbannya Google karena kebijakan sepihak

  2. ya wis ga popo, tak tlatenane blogger-e, selamat menempati omah anyar (tumpeng plus ingkunge ?) , usul kang, snap-e di off ae, ketoke luwih gurih :mrgreen:

    — — —
    *Lagi takcoba mas, soale aku yo durung suwe nang kene. Dadi durung kulina…

  3. Aku ki sempet nggoleki sampeyan, kok tiba2 ngilang dari peredaran, blognya pun juga ikut ngilang. Ternyata eh ternyata….
    Posting dan komentar-nya sekalian di backup ke WP aja, bisa kok.

    SELAMAT DATANG KEMBALI KE DUNIA BLOG!

    — — —
    *Iyo mas, Google lagi gawe goro-goro…

  4. Karena waktu itu bbrp blog hilang trus blog mas Mufti juga “tampaknya” hilang, aku langsung pindah karena takut.
    Jadi…..gimana kabarnya mas?

    — — —
    *Alhamdulillah, sekarang lagi membiasakan diri dengan rumah baru nih…

  5. welkom bek 2 blogging :d… pantesin kalo dibuka kok dibilang lagi dikarantina blognya. pindahan dr blogger ke wp kan bisa sekaligus mas, saya pernah nyoba dan sukses (danudoank.wordpress.com). sejatinya sih emang ada bekap tulisan tp suka segan aja bikinnya.

    — — —
    *Pernah kucoba sih lewat fasilitas impor, tapi belum bisa juga. Apa karena masih terkunci ya??

  6. whoaaa ..akhirnya bisa kembali ke dunia perblogan, senangnya dah bisa baca tulisan2nya lagi 🙂

    — — —
    *Insya Allah artikelnya tambah seru…

  7. mana oleh-olehnya?
    saya sudah hampir setengah tahun pake yang berbayar, jadi mudah-mudahan aman… mau nyusul?

    — — —
    *Coba yang di sini dulu deh…

  8. syukurlah yang penting sudah bisa ngeblog mas..tapi kemaren aku dah kasih kom disini kok ta lihat gak ada ya???
    bingung ne..apa gara2 aku pake blogspot ya??

    — — —
    *Sekarang dah bisa kok mas!

  9. welcomeback…

    iyahhh dulu tiap mbuka “halaman Putih” trus ada peringatan dari anti virus ku…..ada virus di kompiku….jadi aku bawa rudal ngejar2 virus sampai tuntas tas….eh masuk lagi halaman putih….pulang disangoni virus lagi….wuihhhhh…..sampai ndak brani masuk

    — — —
    *Maaf banget kalo gitu mbak. Di kompiku juga dah terpasang rudal, entah itu virus asalnya dari mana kok masih ada yang nongol juga.

  10. Memang sedih udh banyak tulisan yg tertuang tiba2 hilang begitu saja…

    Tetap semangat ya ngeblognya 🙂

    — — —
    *Alhamdulillah, hanya beberapa saja tulisan yang benar2 hilang.

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s