Ada Yang Bisa Bantu???

Walau sudah lama berkecimpung di dunia weblog, namun sebagai pendatang baru di WP ternyata masih agak repot juga. Selain belum terbiasa, fasilitas yang disediakan di WP juga berbeda dengan yang di Blogger. Hal ini menuntut diriku untuk lebih banyak lagi belajar dengan sesuatu yang baru, alias kembali dari nol. Maklum saja, karena masih awam dengan WP maka fasilitas yang disediakan pun belum sepenuhnya bisa kumanfaatkan dengan baik. Masih ada beberapa yang aku belum paham bagaimana menggunakannya.

 

Blogger dan WP memang berbeda, ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Saya rasa mereka yang baru pertama kali mencoba WP pun tidak serta merta langsung paham. Perlu waktu tersendiri untuk mencoba-coba atau bereksperimen dengan fasilitas yang ada sampai blog yang dibuat sesuai dengan harapan dan pas dirasakan.  Seperti saat kita mencoba handphone baru, tentu kita mesti beradaptasi dengan memahami dan menguasai fitur-fitur serta fasilitasnya. Dari situ sedikit-demi sedikit kita akan mampu mengoperasikannya dengan baik.

 

Setiap orang memiliki selera yang berbeda dalam mengelola blognya. Karena itulah para blogger perlu memanfaatkan segala fasilitas yang ada secara maksimal sesuai kebutuhan. Wajar kiranya jika mereka yang belum terbiasa dengan WP merasa canggung plus bingung dalam hal utak-atik blog. Mereka perlu menyempatkan waktu untuk belajar, baca tutorial atau minta bantuan ada mereka yang telah lebih dahulu pakai WP.

 

Agaknya demikian juga yang saya rasakan. Setelah beberapa waktu lamanya mencoba beradaptasi dengan WP, lumayanlah akhirnya tercipta sebuah blog sederhana. Namun begitu, ternyata masih ada beberapa yang belum saya pahami. Barangkali ada diantara pembaca yang bisa membantu sedikit persoalan saya ini??

 

Misalnya saja soal impor Blogger dari WP yang belum bisa sukses. Padahal prosedur dan segala sesuatunya berjalan dengan apa adanya, tapi hasilnya selalu saja 0% dan tak ada satupun yang bisa diambil baik itu artikel, komentar juga blogroll-nya. Apa karena oleh Blogger masih dikunci ya?? Atau karena blogku yang lama belum bisa diakses publik atau apa entahlah…

 

Selain itu, saya juga belum paham bagaimana caranya agar ketika kita komen di tempat lain foto profil atau avatarnya bisa juga nongol di sana. Walau nggak nongol sebenarnya juga nggak apa-apa sih. Tapi paling tidak dengan tampilnya sang Avatar, yang punya blog sekilas pasti tahu siapa yang komen hanya dengan melihat avatarnya saja. Begitu lho maksudnya…

 

Kemudian saat kita tidak suka dengan snap yang aktif, bagaimana cara kita membatalkannya agar menjadi tidak aktif.  SB sih memang tak bisa dipasang di WP secara penuh. Andai dipaksakan juga maka yang tampil hanya tulisan View Shoutbox nya saja yang bisa dilihat di halaman tersendiri, kecuali bagi hosting berbayar bisa tampil secara penuh.

 

Saya yakin semua ada caranya dan tidak rumit. Mungkin ada yang secara tidak sengaja bisa diatasi namun lupa nge-klik apa dan yang mana.  Itu yang seringkali dilakukan entah oleh siapa pun tanpa disadari.

 

Satu lagi nih, barangkali ada yang tahu. Bagaimana cara buka gembok blog yang dikunci oleh Google sehingga bisa diakses lagi oleh publik seperti semula?? Kita mesti menghubungi siapa dan ke alamat yang mana. Sebab saat ini blog saya yang lama masih belum bisa diakses secara luas meski hanya sekedar dibaca.  Kalau memang bisa, mungkin itu hanya untuk mengambil seluruh postingan yang ada agar bisa diimpor dari WP. Bagi yang tahu tolong kasih link-nya ya…

 

Makasih banget atas sharing dan apapun informasi yang diberikan.

Iklan

11 thoughts on “Ada Yang Bisa Bantu???

  1. saya juga gak bisa bantu mas… saya pindahan sih waktu itu mulus2 mungkin krn gak digembok yak :d iseng2 ke halamanputih di blogger ternyata masih dikarantina yah.

  2. aku sampai sekarang juga belum banyak mudeng dgn WP, belum berani banyak ngutak-atik, tapi seneng banget di WP

    apa kabar mas ? kemarin2 blognya nggak bisa dibuka terus …. welkambek ya 🙂 … blog barunya langsung tak link sekalian

  3. emang klo masalh tmpilan blogger sdkit lebih bgus dari pada wp tapi,klo maslah comment wp lbh gampang daripada blogger…salam kenal..

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s