Halo Endang…!!!

Apakah Anda bernama Endang? Atau Anda memiliki anak, saudara, orang tua, famili bahkan teman maupun kenalan dengan nama Endang? Apa pun tambahan nama di depan atau di belakangnya asalkan tetap ada Endang-nya biasanya dipakai untuk nama perempuan.

Endang, sebuah nama yang banyak dipakai terutama oleh perempuan dalam masyarakat Jawa. Endang sendiri konon punya arti sangat bagus, yaitu seorang putri dari gunung yang baik hati dan memiliki sifat penolong. Saking banyaknya nama Endang ini, maka di Yogyakarta muncul perkumpulannya Endang yang tergabung dalam Jogja Endang Club. Ini bukan sebuah perkumpulan basa-basi, tapi memang sebuah organisasi yang dikelola secara professional. Betul, memang unik dan mengesankan, semua bernama Endang.

Bermula dari Ibu Dra. Hj. Endang Revolusiati Syahbenol, istri dari Pak Ir. Syahbenol Hasibuan mantan Kepala Disperindagkop DIY yang setiap kali mengisi buku tamu pada hajatan pernikahan, melihat banyak sekali nama Endang tertera. Lantas beliau tergerak dan berinisiatif mengumpulkan para Endang untuk sesuatu yang positif dan bermanfaat. Ajakannya melalui sebuah surat pembaca harian lokal di Yogyakarta ternyata mendapat sambutan hangat dari mereka yang bernama Endang sehingga ratusan Endang kemudian menghubunginya.

Pertemuan pertama para Endang dihadiri hanya sekitar 60 Endang saja. Dari pertemuan ini kemudian terbentuklah Jogja Endang Club (JEC) tepatnya tanggal 17 Agustus 2004. Perkembangan selanjutnya Endang-Endang yang turut bergabung mencapai sejumlah 200 orang. Setiap Endang yang tergabung di sini dibuatkan kartu anggota dan pertemuan rutin dilakukan setiap bulannya. Apa ndak hebat??

Untuk menjadi anggota Jogja Endang Club sangat mudah, cukup berusia minimal 17 tahun dan perempuan. Kaum pria tidak diterima di sini meskipun ada pria yang namanya Endang. Data sementara mencatat sudah ada 571 nama Endang di seantero DIY dengan anggota termuda berusia 24 tahun dan tertua berusia 94 tahun. Info terakhir malah mensinyalir ada sekitar 850 Endang di DIY yang terbagi di empat kabupaten dan satu kota. Mungkin masih banyak lagi Endang yang belum terdata dan belum gabung di sini, termasuk Endang yang ada di luar DIY dan di jagad maya.

Agenda pertemuan biasanya diisi dengan sharing, tukar pengalaman, berbagi ilmu dan pengetahuan antar anggota sesuai dengan profesi dan keahlian yang dimilikinya. Aktivitas lainnya ialah kegiatan sosial kemanusiaan, misalnya membezuk Endang yang sedang sakit. Tak peduli apakah itu Endang yang sudah jadi anggota atau belum. Siapa tahu, mereka yang belum bergabung kemudian tertarik dan berminat menjadi anggota JEC.

Supaya tak bingung membedakan para Endang dalam setiap pertemuan, di belakang nama mereka kemudian diberi embel-embel tersendiri. Bisa nama suami, profesi, tempat asal atau tempat tinggal dan sebagainya. Lalu muncullah nama Endang dokter, Endang toko, Endang salon, Endang matahari (kerja di Matahari dept.store), Endang Hero, Endang Gramedia, Endang Jakarta, Endang Wates dll. Kalau ada yang sama maka embel-embelnya dibuat lebih spesifik.

Walau JEC belum banyak dikenal secara luas, namun gerakannya terasa positif dan memberikan nuansa lokal. Sebagai contoh dalam setiap pertemuan para Endang ini selalu mengenakan busana batik dan perlengkapannya yang made in Indonesia. Selain itu mereka berusaha menggugah kesadaran masyarakat agar kembali mengkonsumsi produk buah dari negeri sendiri. Bukan hanya buah, namun makanan tradisional atau jajan pasar seperti pisang goreng, kacang rebus, pisang rebus, gethuk dan sebagainya kerap menjadi penganan yang disuguhkan dalam setiap pertemuan.

Keuntungan lain, dapat diskon khusus bila ada anggota datang ke tempat usaha Endang dengan berbagai macam profesinya itu. Misalnya Endang salon, Endang notaris, Endang dokter, Endang warnet, Endang wartel, Endang supermarket dll memberikan diskon khusus bagi yang menunjukkan kartu anggota JEC.

Banyak Endang yang merasa enjoy setelah bergabung dalam komunitas Endang. Mungkin mereka merasa berada di tengah-tengah keluarga sendiri. Tak jarang mereka yang kekurangan mendapat bantuan dari Endang yang lebih mampu. Kalau ada Endang mengalami musibah semua turut bersedih, sebaliknya jika ada yang sedang berbahagia semua ikut merasakannya. Begitulah keluarga besar Endang.

Rencananya, pada HUT ke-4 tanggal 17 Agustus 2008 ini JEC akan menggelar acara memecahkan rekor MURI kategori nama terbanyak dan sama. Jadi nanti akan ada ratusan atau lebih banyak lagi Endang yang berkumpul dalam satu acara. Semuanya perempuan dan bernama Endang. Rangkaian acara sudah diawali dengan kegiatan-kegiatan sosial seperti deteksi dini penyakit, bagi-bagi tas kain pada pembeli di pasar tradisional, bagi kertas pada pedagang dalam rangka peduli dan ramah lingkungan dll.

Kalau Anda bernama Endang, mengapa tidak bergabung saja ke sini. Telpon langsung ke 0274-563220 atau langsung ke sekretariat Jogja Endang Club di Kompleks Colombo No. 60 Yogyakarta. Tapi jangan heran, ketika di sana Anda menyapa : ”Halo Endang”, lantas dijawab : “saya juga Endang, kami semua Endang”. (Berbagai sumber)

60 thoughts on “Halo Endang…!!!

  1. di kantor saya banyak loh nama endang itu co….
    kekeke… emang ada2 aja, ampe buat komunitas gt. gimana coba klo mereka semua nge-blog?
    ada endang_dr, endang_salon, endangku (**niru anangku =)) ), endang_taylor, endangibutigaanak. dll ekkeekekke

    *nama blognya jadi Blognya Endang, kontributornya semua Endang

  2. hehehehe temen saya yg namanya endang juga ada beberapa, wuiihhhh klo yg namanya dewi pasti lebih banyak lagi yah😀

    *pasti seru karena ada artisnya macam dewi persik, dewi sandra, sandra dewi, dewi gita, dewi motik, dewi-dewi dll.

  3. wah..asyik ya..boleh juga tuh ide-nya..yang penting buat perbuatan positif,so..ayo..sapa yang mo bikin club2 nama selanjutnya..di monggo..

    *kalau perlu lintas benua

  4. yg punya nama endang emang buaanyak banget…saya punya banyak temen cowo cewe yg nama endang. ada yg huruf ‘e’-nya dibaca ‘lemah’ ala sunda ada juga yg ‘keras’ alas jawa

    *Ndang Zainal Abidin umpamanya…

  5. Iyaaaaaa, Kennyyyyyyyy……*njawab panggilannya Kenny*

    Wah, pertemuan rutin, kalo jadi anggotanya ya ndak bisa tho mas?
    Hihihih………lucu……..emang saya gak di Jogja, boleh jadi anggota?

    Eh mas, minjem linknya tulisan ini yaaaa……..

    *ENDANGCINTA….dari namanya udah ngasih pembeda nih ya…hihihih*

    *Siapa tahu aja yang luar Jogja boleh gabung, pertemuan rutin lewat blog, chatting dengan webcam he… he… (Silahkan aja kalo tulisan ini diperlukan)

  6. Endang itu salah satu alat musik gamelan ya? yang bentuknya lonjong gemuk di tengah, kedua ujungnya ditutup kulit, mainnya dengan ngeplak tutup kulit pakai tangan?

    *Benar bu, di negeri republik democrazy he… he…

  7. aduuh!!! aku tertatik banget dengan ide Ibu Dra. Hj. Endang Revolusiati Syahbenol.di tempat kerjaku ada 2 endang,di perumahan tempat aku tinggal ada 3 endang.aku sendiri juga endang.Tapi sayang..aku jauh dari Ibu Dra. Hj. Endang Revolusiati Syahbenol.

    *Coba aja dihubungi itu Ibu Endang Syahbenol, siapa tahu dari yang jauh bisa menjadi dekat.

  8. wah sungguh mantap…..saya salut idenya……. sangat positif…. mungkin awalnya hanya iseng tapi kalau diniatin dan dijalankan dengan ikhlas, saya yakin Jogja Endang Club akan jadi organisasi wanita besar, unik di Indonesia….
    TWO TUMBS UP !!!!! ayo buat bu endang-endang di seluruh Indonesia gabung aja… Boleh kan?????
    btw, artis seperti Endang S Taurina, Hetty kus Endang, Endang Sukamti, sudah ikut gabung belum yaaaa……

    *kalau ada artis yang gabung tambah rame JEC nya

  9. Aku juga endang tapi karena domisili di semarang lha piye, buka dong cabang semarang he he

    ——
    *ada juga kok yang dari luar Jogja

  10. aku endang dari jambi kalau mau buka cabang di jambi, mau donk supaya lebih luas, nanti lama – lama kita buka partai endang aja, dan mbak endang Syahbenol jadi capres aja. ….bersaing dengan mbak mega,

    *asyik juga nih usulannya….

  11. namaku endang,asal klaten,tetangganya jogja,sekarang nyari makan di jakarta,boleh ga ya gabung jd anggota

    *coba deh, ke Bu Endang Syahbenol langsung

  12. Buat JEC mohon dukung Ibu IR. Endang Salawati, MP sebagai CALEG DPRD TkII DAPEL 4 kec. GONDOKUSUMAN dan DANUREJAN ..sukses bwt endang’s!!!!!

    — —
    *ayo, dukung rame2

  13. Lam Kenal…
    untuk info Endang Club di Semarang atau Jakarta ada ngk???
    tolong d kirim ke amil kuw yap…
    mathur suwun sanget

    — —
    *sementara ini masih di Yogya, coba hubungi dulu deh Ibu Endang Syahbenol

  14. lam kenal…..
    saya endang juga tp tidak berdomisili di yogya………
    lalu misalnya sy ingin bergabung dgn komunitas ini bagaimana?

    — —
    *Langsung aja hubungi sekretariat atau no. telp. yang tertera pada postingan ini.

  15. wah kok aq ga liat waktu mecahin rekor, ya? apa endang2 itu gendut juga? krn aq endang n gendut makanya ada yang manggil nDangdut, alias endang gendut.
    Teman2 byk yg bilang aq layak bernama endang, krn selain gemuk juga byk omong alias cerewet. Insya Allah tetep baik hati n agak sombong eh, nggak,ding.
    laam kenal


    *nah, dari sini aja dah kelihatan ada bermacam-macam endang

  16. Ping-balik: Nama Pasaran dan Nama Selusin - Wahyu Wijanarko

  17. ikutan gabung duuuuunk……….. asal temanggung,tapi sekarang lagi kerja d jkt, gmn caranya??? bisa dftar lewat online gak tho?

    — — —
    *sementara langsung kontak no. telp atau alamat yang ada di akhir artikel

  18. kalo kami 5 bersaudara 1 cewek bernama endang dan 3 cowoknya bernama joko
    bisa saingan dong mendirikan joko jogja club
    hehehehe…..

    — — —
    *bisa tambah gayeng

  19. Yth. Ibu Endang Syahbenol,

    salut atas idenya,
    saya endang asal komplek polisi balapan Yogya tapi kerja
    di BMKG Jakarta kapan2 boleh donk mampir di markas endang colombo.

    salam,
    endang
    — — —
    *tentu boleh dong, kan tinggal satu langkah lagi dari balapan ke arah utara…!!!

  20. Wah menarik juga ya.
    Teman sy bernama Endang, tapi berjenis kelamin pria.
    Salam aja buat semua Endang.
    Salam juga untuk pemilik blog.
    Di tunggu update-nya.
    Sepertinya tepat bagi anda tuk dapatkan
    bingkisan award TKB dan Persahabatan.
    Coba deh mampir. Silahkan, kapan aja ada waktunya.

    — — —
    *makasih atas awardnya…

  21. Asslm.
    kalo endang artinya cantik n baik hati emang bener itu, nama itu doa ya gak?
    nama2 endang yang kutemui kebanyakan orangnya berhasil lhooo
    aku juga endang. aslinya endang setyowati, artinya apa bu?
    cantik baik n setia gitu bu? hehehe…

    — — —
    *Wanita cantik yang setia, wanita yang setia dan cantik. Bolak-balik sama…

  22. hallo buat endang se indonesia , salam kompak dariku endang susianawati, dari pantai prigi , itu lho yang di trenggalek,

    — — —
    *kapan2 ketemu and gabung di kumpulan para Endang

  23. pacar saya sejak saya kuliah namanya endang
    dan biasanya nama endang memang rupanya cantik lo
    makasih ya
    salam yang baca komentar ini

    — — —
    *lha, benar cantik kan…

  24. aku sejak lahir di kasih nama ortuku endang sulistiyowati pingin sih gabung sama endang club , dan kalo boleh komentar nama endang kurasakan banyak membawa berkah

    — — —
    *termasuk punya perkumpulan endang adalah berkah tersendiri

  25. aku endang lahir di mojokerto yang punya sebutan kota onde onde itu lho tapi yang jelas aku gak kayak onde onde ,nama endang bener bener membawa berkah buktinya aku jadi pengusaha yang sukses dan di kenal banyak orang (orang mojokerto maksudnya) di wilayah desaku tentunya ,dan serunya lagi kalo nyasar sampai radius 10 km dari rumahku kalo tanya orang di jalan tanya bu endang pupuk pasti ketemu aku .ok khan?……..ayo kita berteman tak tunggu yo ooo

    — — —
    *jadi, endang pengusaha atau endang mojokerto nih??

  26. namaku jg endang boleh gabung dong? Bpkku asli pleret yogya ,tp aku lahir di Tmg dan sekrng aku bersuamikan orang Banjarnegara. aku tgl di Bajarngra skarang. Aku seorang guru SD. Gmn caranya gabung?

    — — —
    *kan dan ada alamatnya + no. telp di akhir postingan ini…

  27. aku pengen tau temanku bernama endang lulusan sma 22 filial, tahun 1980/81 sekarang sma tersebut jadi sma 48 jakarta timur, sekarang ada dimana dan sudah punya anak berapa ya?

    — — —
    *Semoga saja bisa ketemu di komunitas endang

  28. admin, bisa tw alamate g?
    ato CPnya…
    saya dari stasiun TV swasta di solo
    sedianya berkenan untuk di kunjungi,,tolong reply di mail saya..makasih

    — — —
    *OK saya segera kirim.

  29. Saya tertarik lho ikut gabung. Udah lama saya pingin gabung dg komunitas endang . pasti seru krn semua endang . kalo sy mungkin dipanggil endang LA (Lamongan Asli) gitu lho he he , makacih . salam kenal tuk endang di seluruh Indonesia, BRAVO ENDANG . l

    — — —
    *silahkan aja bergabung…

  30. club endang ini ada facebooknya nggak??apa namanya????
    asik tuh

    — — —
    *Ada, coba aja cari di grup Jogja Endang Club

  31. ak punya temen bernama endang nunuk dari warung boto sma k magelang, mungkin sekarang domisili d sumatera utara krn suaminya dari daerah sumut, pernah tinggal di bandung th 80 an kl ad yg kenal n bs nyambung d gmail ku thk.

    — — —
    *coba hubungi sekretariatnya aja…

  32. Dear all Endang.
    Tolong dong aku dicarikan teman lamaku ” ENDANG HARTATIK ” dari daerah Salam, Tempel Yogyakarta,…..kawan kamaku yg telah putus hubungan sejak 34 th yg lalu.
    Beliau saat itu rekan kerja ku di NEW SAIKI CILEGON th 1977, barangkali diantara ENDANG di JEC ada yg ku maksud, kumohon untuk contec saya, via email
    subagioh@gmail.com atau phone 0254.392025 hp.6281807150751
    thank’s

    — — —
    *bisa langsung hubungi Bu Endang, ketua JEC

  33. hy …….. q yang berpihak kepada endang dri swish city,,, tlg u/ d konfir …coz dia sangat bermakna u/ q slmanya,,,, contack ke 085758459142 ,,thankzzzzzzz

    — — —
    *ada yang tahu gak, rekan2 endang?

  34. ,,Nm qw jg endaNg..
    ,,hebat bgt ea aMpe d’ bkinin club endang gTuh,,qw jd Meraza bangga bgt punya Nm endang..

    — — —
    *itulah hebatnya, sampai ada club endang segala

  35. Perkenalkan terlebih dulu : Nama saya : Taufiq Suryasumirat, Surel (Alamat e-mail) : wonny_suryasumirat @yahoo.com.
    JEC mengingatkan teman kuliah satu angkatan saya di FT – TK – UGM ( Universitas, Gadjah Mada ), yang juga bernama Endang Revolusiati, Angkatan 1965/1966 (Saya masuk UGM bulan Agustus- 1965), nah apakah ibu Dra. Hj. Endang Revolusiati Syahbenol, teman kuliah seangkatam tersebut ? Mohon balasan ibu Dra. Hj. Endang Revolusiati Syahbenol.
    Salam, dan terima kasih.
    Taufiq Suryasumirat, wonny_suryasumirat@yahoo.com.

    — — —
    *silahkan saja hubungi langsung ke alamat bu Endang Syahbenol

  36. Bu……bagai mn crany kalau yg…….kepengin ikut itu orng yg bukn orng yogyakarta………melainkn orng banjarmasin……….

    dn mohon jwbnny y bu ENDANG……….

  37. anehnya, nama endang menurut pengalaman dan survey saya sendiri kenapa ya rata2 kebanyakan rambutnya kriting..

  38. Saya ingin bergabung. Kami 3 bersaudara semua dengan nama endang. No hp 085714907760

    Sukses dan semakin berjaya

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s