Bersin Itu Sehat

Setiap orang pasti pernah bersin. Entah sudah berapa kali kita bersin semenjak bayi hingga di usia kita yang sekarang ini. Mungkin sudah ratusan atau ribuan kali bahkan lebih, tak ada yang bisa memastikannya. Bersin itu sendiri datangnya secara tiba-tiba dengan berbagai sebab yang menyertainya. Saat sedang santai ataukah serius, bersin bisa saja terjadi pada kita. Tanpa kita sadari, tiba-tiba saja kita sudah bersin hingga beberapa kali.

Di Musim hujan banyak orang terserang flu. Gejala flu juga sering disertai dengan bersin-bersin di samping gejala yang lainnya. Walaupun kelihatanya ringan, bersin-bersin yang menyertai flu kerap mengusik aktivitas yang kita lakukan. Kalau hanya satu atau dua kali mungkin tak menjadi masalah. Jika bersin itu terjadi sampai berkali-kali, rasanya bukan hanya kita saja yang merasa risih. Orang lain pun, paling tidak akan menatap kita dengan pandangan yang aneh. Apalagi kalau itu terjadi di hadapan orang banyak dalam satu ruangan.

Bersin juga bisa terjadi karena alergi terhadap udara dingin, debu, bau hingga asap yang masuk ke saluran pernapasan kita. Untuk yang satu ini reaksinya spontan sedangkan antisipasinya hanyalah dengan kondisi badan yang fit dan prima serta menghindari penyebabnya. Pada kondisi tubuh yang fit pun terkadang bersin-bersin yang disebabkan oleh alergi tetap tak bisa dihindari. Kadang bersin dapat juga timbul tanpa sebab yang jelas.

Sebenarnya bersin adalah sebuah pertanda bahwa kita ini sehat. Sehat dalam arti mekanisme tubuh kita berjalan dengan lancar sempurna. Bersin sebagai sebuah reaksi adanya ketidakberesan dalam saluran pernapasan. Mungkin ada debu atau kotoran dari udara yang kita hirup yang tidak tersaring dan ikut masuk sehingga tubuh secara spontan bereaksi mengeluarkan kotoran melalui bersin.

Di dalam hidung, udara yang masuk dihangatkan sampai mendekati suhu tubuh. Kemudian diberi kandungan air sampai mendekati kejenuhan dan dibersihkan lagi sehingga udara yang masuk ke paru-paru benar-benar bebas dari benda asing. Bila udara sangat beredebu, sangat dingin atau mengandung uap atau zat yang merangsang, ujung syaraf dihidung akan terangsang. Akibatnya refleks bersin segera terjadi untuk membersihkan hidung.

Seandainya mekanisme tubuh tidak berjalan sempurna maka debu dan kotoran yang tak tersaring akan bertumpuk di paru-paru. Dapat dibayangkan apa yang terjadi dengan paru-paru kita yang dipenuhi oleh zat-zat tersebut. Sedangkan kotoran yang berhasil disaring hidung atau lazim disebut sebagai “upil” kalau bertumpuk dan sempat ngendon di hidung saja sudah seperti itu. Orang pun pada akhirnya akan mengeluarkannya dengan memanfaatkan jari tangannya alias ngupil.

Orang bersin memang tidak ada yang melek atau melotot matanya. Mestinya kita perlu bersyukur bahwa mekanisme tubuh yang dianugerahkan Allah kepada kita telah menjamin keselamatan dan keamanan bagi organ tubuh kita. Mata tidak turut terlempar ketika bersin dan lidah tidak terjulur keluar.

Dalam Islam ada tuntunan yang sangat baik yang juga dapat dianggap sebagai doa. Bila kita bersin hendaknya mengucapkan “Alhamdulillah” sebagai ungkapan rasa syukur. Lalu orang yang mendengarnya akan menjawab “”Yarhamukallah” dan dijawab lagi oleh orang yang bersin tadi dengan “Yahdibikumullah”. Bersin saja sudah mengandung unsur doa mendoakan bagi sesama manusia.

Ada sebagian orang yang justru menjadikan bersin ini sebagai main-main. Misalnya ada orang yang bersin sambil berucap: tempe, tahu dll. Tak sedikit pula yang menyertakan para penghuni kebun binatang atau kata-kata kotor lainnya sebagai ucapan dalam bersinnya. Bahkan ucapan tersebut sengaja ditekankan dengan nada keras dan nyaring agar setiap orang mendengarnya. Tentunya kita berlindung kepada Allah dari hal yang demikian itu.

Tak dapat dipungkiri, bahwa bersin memang terjadi secara spontan sehingga suara yang keluar pun akan terdengar sangat keras dan nyaring. Suara yang keluar ketika bersin itu adalah suara yang benar-benar dari dalam, spontan dan tak bisa disembunyikan. Kita akan tahu teriakan orang dengan sebenar-benarnya ketika orang tersebut sedang bersin. Bahkan orang yang pendiam dan tak banyak bicara pun kalau bersin akan benar-benar spontan dan keras mengeluarkan teriakannya tanpa bisa ditahan lagi.

Coba kita perhatikan dengan seksama orang bersin di sekeliling kita, bagaimana suara orang tersebut saat sedang bersin? Pasti beda dan sangat bermacam-macam. Dari suaranya, nadanya, tekanannya hingga jumlahnya sekali bersin pun bisa kita bedakan. Terkadang ada pula yang suaranya terdengar lucu dan bikin orang tertawa terbahak-bahak.

Pernahkah Anda melihat seorang pembawa acara, penyiar atau reporter televisi yang bersin saat sedang on?

25 thoughts on “Bersin Itu Sehat

  1. ahahaha tepat, teman konyol saya sering bersin ala mengumpat… hasyuuuu, iwaaaaak… aaaanc*k…. wkwkwkwkwk… iya sempet mikir juga kalo ga ada penyaring udara mungkin paru2 penuh dg debu dan kotoran.

    ——
    *gimana pula cara mengeluarkannya ya?

  2. Saya suka terbersin-bersin ketika menumis cabe merah hingga kering. Baunya memang membuat bulu hidung berdangdut-ria …
    Ada teman saya yang kalau bersin bisa lima-enam kali berturut-turut, tapi suaranya kecil … itsyi … itsi … kayak suara kirik (gukguk kecil) yang njegog (menyalak), jadi orang yang mendengar biasanya akan tertawa geli …

    ——
    *saya juga ada teman yang ketika bersin suaranya kecil bu.

  3. kalo saia alergi debu..sangat alergi, dan Mami saia pasti hafal kalo saia lagi bersing2,itu pasti karena meja blum saia lap ato lantai blum di sapu/pel..
    hehehe..setelah bersin,ya ucapkan alhamdulillah..🙂
    itulah kenapa bersin sehat,..

    ——
    *masuk gudang repot dong

  4. pernah ada tetangga yang kalau bersin sampai berkali-kali, pernah tak itung sampai 7 kali😛

    ——
    *betul mbak, saudara saya sekali bersin langsung 7 kali

  5. Tiap hari, menandakan sudah bangun…mesti dimulai dengan bersin….
    Alergi dingin, alergi debu dan alergi lainnya…..
    Asal tak pusing berarti hanya alergi biasa, tapi kalau udah pake pusing, artinya mulai gejala flu.

    ——
    *kalo flu biasanya lama sembuhnya dibanding kena alergi

  6. Kalo saya sering bersin saat kena debu. Suaranya siy normal2 saja **kayaknya siy gitu…
    Tp ada temen yg suara bersinnya lucu, mirip kucing …ekekekek jd nya sering jd bahan ledekan…

    ——
    *dan jadi guyonan tentunya

  7. Thanks atas infonya.. (^_^) Saya mau…. HAAAAAAATCHIIIIIIIIIM! Numpang bersin ya…. ~^_^~

    ——
    *eit, jangan dekat2 dong… kena deh!

  8. momen bersin itu paling enak…hehe
    karena ada sejuta hikmah dibalik itu

    pa khabr mas ?

    ——
    *dan rasanya plong bolong, alhamdulillah

  9. Betul Sekali Bensin itu Sehat, Salam Kenal, Islam Is The Best

    ——
    *yang premium apa pertamax nih.

  10. kekekeke, kalo sampe MC bersin, trus acaranya formal, berita misalnya, pasti malunya tujuh turunan🙂

    teman saya ada yang kalo bersin bilang: “Cin* Botak!”
    Rasis seh…

    Kalo papa saya, pasti bersin-bersin setelah selesai mandi pagi🙂

    ——
    *bisa2 MC nya gak dipake lagi nih…

  11. Kalo kita bersin lalu mengucap ‘alhamdulillah’, kok jarang ya orang yang nyaut ‘yarhamukallah’. Termasuk saya juga jarang nyautin,hehe

    ——
    *itulah yang kadang terlupa dari kita mas…

  12. klo pembawa acara yang bersin blom liat, tapi pembawa acara yang minum pernah liat hehehe

    ——
    *pasti air bening tuh yang diminum

  13. Bersin itu nikmat serta anugerah yang luar biasa dan do’a itu pas banget dengan nikmat yang kita terima ..

    Bayangkan saja saat kita gagal bersin ..we lah ….

    ——
    *kecewa, dongkol dan pasti berusaha agar bisa bersin

  14. tiap masak pake lada halus pasti deh bersin2 gara2 lobang hidungku yg besar😀

    ——
    *yang kecil pun ikutan bersin mbak kalo lada halus lawannya…

  15. As Ws. Makasih sobat atas tulisannya, Insya Allah saya jadikan rujukan untuk mengajar murid-murid saya disekolah. Semoga Allah berkenan membalas kebaikan sobat.

    — — —
    *Makasih juga pak, semoga bermanfaat bagi kita semua

  16. Allah Maha Besar dg segala ciptaan’Nya… Hingga smp hal terkecil menurut qta, ternyata bnyak rahasia dan manfaatnya. Smua tersirat smp knp qta hrs saling mendoa’kan d saat qta bersin.

    — — —
    *ya, begitulah. itu semua juga untuk manusia

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s