Sensasi Dan Fenomenal

Baru-baru ini kita disuguhi berita-berita yang cukup hangat dari dalam dan luar negeri. Info yang dapat disaksikan oleh segenap masyarakat di seluruh penjuru tanah air menghiasi layar kaca ataupun surat kabar dan juga media yang lainnya. Beragam tanggapan pun sempat terlontar menyikapi informasi-informasi yang sedang ramai dibicarakan. Termasuk lembaga pemerintah maupun independen tidak mau ketinggalan.

Salah satu info yang masih hangat jadi perbincangan adalah berita mengenai Syekh Puji. Sosok tersebut kini sedang menjadi sorotan kamera dan menjadi subjek perbincangan lantaran menikahi Lutfiana Ulfa, gadis yang masih di bawah umur. Anggapan miring terlontar dari berbagai elemen masyarakat yang salah satunya datang dari Komisi Nasional Perlindungan Anak. Kabar terakhir menyebutkan bahwa pernikahan Syekh Puji dibatalkan dan Ulfa dikembalikan kepada orang tuanya. Ulfa sendiri sudah menyetujui hal ini di hadapan Kak Seto.

Krisis global juga menjadi info hangat dibicarakan oleh masyarakat di berbagai belahan dunia. Gara-gara krisis keuangan yang terjadi di Amerika Serikat melebar menjadi krisis global yang berdampak bagi negara lain Tak sedikit negara yang khawatir jika negerinya terancam dampak krisis dan membawa akibat buruk bagi rakyat. Berbagai cara untuk mengantisipasi dilakukan agar dampak terburuk tidak terjadi. Indonesia pun telah mengambil langkah-langkah di berbagai bidang. Namun demikian nilai tukar rupiah terhadap dollar sempat menembus angka yang cukup tinggi.

Saat krisis global semakin luas, di sisi lain harga minyak dunia malah turun. Pemerintah di sejumlah negara pun melakukan langkah konsolidasi terkait turunnya harga minyak yang mungkin berpengaruh terhadap harga di dalam negeri. Terutama negara-negara yang tergabung dalam OPEC lantas mengambil kebijakan untuk menurunkan ekspor. Apalagi harga minyak dunia cenderung terus turun hingga batas paling bawah.

Dua hal yang terlihat kontras. Di satu sisi, krisis global menghantui berbagai negara. Hal ini membuat sejumlah negara khawatir jika krisis tidak segera dapat di atasi, maka akan membawa dampak buruk sebagaimana krisis yang pernah terjadi beberapa tahun lalu. Di sisi lainnya, harga minyak dunia turun. Tentunya ini juga memberikan pengaruh yang cukup besar bagi negara-negara penghasil minyak.

Berita terhangat lainnya yang menjadi perhatian dunia internasional adalah terpilihnya Barack Obama sebagai Presiden Amerika Serikat. Obama diharapkan akan membawa perubahan dan mampu mengatasi krisis yang terjadi di dalam negerinya. Rakyat Amerika menyambut kemenangan Obama dengan senang dan gembira. Apalagi tentara yang saat ini sedang berada di Irak, mengharap bahwa Presiden Obama akan memulangkan mereka kembali ke Amerika setelah sekian waktu lamanya terkungkung oleh perintah Presiden George W. Bush.

Kemenangan Obama memang cukup fenomenal, mengingat Obama adalah orang pertama yang menjadi presiden Amerika Serikat dari golongan kulit hitam. Obama adalah orang kulit hitam pertama yang akan berkantor di gedung putih sebagai presiden. Tokoh yang masa kecilnya pernah tinggal dan mengenyam pendidikan dasar di Jakarta bersama ibu kandung dan ayah tirinya itu menang mutlak sebagaimana yang telah diperkirakan sebelumnya. Simpati kaum muda dan sejumlah besar warga Amerika Serikat ditujukan kepada Barack Obama. Mereka mengharapkan Obama sebagai agen perubahan yang akan membawa perubahan berarti bagi Amerika.

Berita lain yang cukup membuat sensasi ialah ketidakpastian eksekusi terpidana mati bom Bali yakni Amrozi, Imam Samudra dan Muklas alias Ali Ghufron. Ekseskusi yang sempat tertunda dan akhirnya ditunda lagi itu kini menjadi semakin tidak jelas. Sementara itu persiapan-persiapan masih terus dilakukan di berbagai tempat termasuk di rumah keluarga Amrozi CS. Sejumlah eleman masyarakat masih juga ada yang menolak keputusan pemerintah yang menghukum mati Amrozi dan lainnya.

Entah sampai kapan eksekusi hukuman tersebut akan dilaksanakan, hingga saat ini masih menjadi tanda tanya besar. Menurut perkiraan, hukuman sedianya dilaksanakan tanggal 1 Nopember yang lalu namun hinga kini dari pihak kejaksaan masih belum memberikan keterangan secara pasti.

Diantara berita yang bikin sensasi dan fenomenal di masyarakat, agaknya adalah kebijakan pemerintah mengenai turunnya harga BBM khususnya premium bersubsidi. Pemerintah RI ternyata mengambil sikap juga terhadap harga minyak dalam negeri sehubungan dengan turunnya harga minyak dunia. Wacana pemerintah yang akan menurunkan BBM bersubsidi jenis premium di awal tahun 2009 ternyata berubah dan akan berlaku mulai 1 Desember bulan depan. Inilah yang paling dinantikan rakyat.

Turunnya harga premium sebesar Rp. 500,- bagi masyarakat masih dianggap terlalu kecil. Masyarakat berharap penurunan harga premium bisa mencapai Rp. 1000,- per liternya. Kebijakan ini sedikit banyak memang membuat masyarakat sangat senang dan berlega hati. Selama ini turunnya harga premium hampir tidak pernah terjadi sejak pemerintahan orde reformasi bahkan sejak Pak Harto Berkuasa.

Kebijakan pemerintah untuk menurunkan harga premium oleh sebagian pihak dinilai kental dengan nuansa politik. Ini bisa dimaklumi, mengingat sebentar lagi kita akan melaksanakan pemilu memilih wakil rakyat dan pemilu pilihan presiden. Turunnya harga premium untuk menarik simpati masyarakat dan menaikkan citra pemerintahan SBY – JK.

Terlepas dari benar atau tidak, rakyat boleh senang dengan adanya kebijakan baru ini. Turunnya harga premium yang tak seberapa akan tetap menghemat ongkos transportasi. Namun sayangnya, penurunan harga ini tidak lantas diikuti dengan turunnya harga lain yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Seandainya harga-harga lain juga mengalami penurunan pasti rakyat akan semakin senang.

Mari kita lihat saja nanti.

13 thoughts on “Sensasi Dan Fenomenal

  1. Wuiiy, sampe habis nafas saya bacanya… Entah apa yang akan terjadi kemudian, semuanya ternyata masih menggantung ya? Kayak jalan di atas kulit telur. Tapi mungkin justru saat2 sekarang ini adalah saat2 paling mengasyikkan untuk hidup karena begitu bnyk perubahan yg sedang terjadi, sebuah sejarah peradaban sdg dimatangkan. Ttg hukuman mati, well well well…ga bisa ngomong deh selain pikir2 dunia ini memang panggung sandiwara, heheheheheee…….

    ——
    *panggung sandiwara, ceritanya mudah berubah seperti kata Ahmad Albar dalam lagunya itu

  2. bensin cuma turun 500, knapa ga 1000 skalian. ga kerasa. tapi kalo beli banyak emang baru kerasa.

    ——
    *banyak yang menginginkan demikian karena rasanya memang lebih pas kalo harga premium Rp. 5000,-

  3. wah, mo bikin koran baru ya mas?
    seperti baca koran nih saya..
    hmm… banyak perubahan ya akhir2 ini
    semoga saja menuju ke arah yg lebih baik. amin..

    ——
    *gak juga kok, cuma bikin liputan seperti yang di TV

  4. iya, pemerintah mau nurinin 500 ja lama banget mikirnya,
    keburu harga minyak dunia naik lagi
    kalau di Aussie harga bensin mengikuti perkembangan harga pasar dunia, harga senin bisa beda sama harga selasa
    semoga pemerintah bisa lebih responsif y mas

    ——
    *karena BBM nya yang masih disubsidi itu yang membuat pemerintah lama mikirnya

  5. Itulah dunia, susah dan senang silih berganti.

    Syech Puji? Apapun alasannya saya tak suka, karena bagi saya pernikahan memerlukan tingkat kematangan, apalagi bagi seorang ibu yang akan melahirkan anak-anaknya. Bagaimana dia bisa bertanggung jawab, jika dewasa aja belum (Ingat aturan dewasa menurut hukum, menurut uu perkawinan).

    Harga minyak turun, ….Pemerintah telah menurunkan harga BBM, walau sedikit patut disyukuri karena subsidi BBM di Indonesia yang tertinggi di dunia, dan menyedot APBN.

    Amrozi dkk telah dieksekusi tengah malam…

    ——
    *banyak kejadian di dunia yang datangnya silih berganti. Ada yang kontroversi ada yang mendapat banyak dukungan. Itulah dunia, apapun bisa terjadi bahkan yang tidak diperkirakan sebelumnya.

  6. kayak dunia dalam berita mas…
    semua ada…
    makasih infonya…

    pendapat saya??
    syukur kalo minyak turun…
    sheikh Puji??? hehehehe..no komen dah sensitif…

    ——
    *Makasih banget, dah turut mengikuti rangkuman berita dari sini

  7. – premium rencana turun per 1 Desember sebesar 500 perak, menjadi 5500
    – Amrozi cs udah dieksekusi tadi malam tepat jam 12 malem
    – obama,,uh..bosen saia dengernya😦
    – syekh puji.. Allahu a’lam 🙂

    ——
    *yang terakhir ini masih saja dibicarakan di TV

  8. Amrozi CS memang sudah di eksekusi Minggu dini hari. Saat tulisan ini saya posting kapan pelaksanaan eksekusi masih belum bisa dipastikan. Postingan ini memang hanya sekedar merangkum berita yang sudah ada dan sedang hangat-hangatnya dibicarakan.

  9. kalau di sini fair mas, kalau harga barang turun ya diturunkan, nggak peduli bensin sedang naik atau lagi turun, misalnya susu, beberapa bulan lalu petani pada demo harga susu terus setelah tercapai kesepakatan harga susu naik, minggu ini harga susu turun lagi, bukan karena bensin turun harganya, tapi karena produk susu melimpah ruah jadi harganya turun

    ——
    *Di Indonesia harga-harga lebih banyak dipengaruhi oleh BBM. Alasan utamanya adalah transportasi yang membawa barang2 tersebut ongkosnya bertambah sesuai dengan kenaikan harga BBM. Tapi kalau harga BBM turun tidak otomatis harga kebutuhan lain juga turun.

  10. Bensin turun tidak menjamin harga barang dipasar otomatis diturunkan pedangang , karena nggak pasti sampai kapan harga itu bertahan.

    Di negara seperti Indonesia dengan luas wilayah yg aduhai … harga BBM sangat mempengaruhi harga barang di pasar karena transportasi relatif sulit

    ——
    *Begitu juga sarana dan prasarana seperti jalan menuju ke lokasi yang agak terpencil masih belum banyak diperhatikan sehingga yang seperti ini sangat mempengaruhi distribusi barang.

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s