Sisi Lain Kehidupan Blogger

Jaman sekarang orang bergelut dengan dunia maya atau internet adalah suatu hal yang umum. Ada anggapan bahwa orang yang tidak pernah bergabung dengan dunia yang satu ini, atau bahkan tidak tahu sama sekali adalah orang-orang yang ketinggalan jaman. Mereka tidak mengetahui perkembangan apa yang sudah terjadi. Tak jarang ketika mereka dihadapkan pada suatu kenyataan dituntut mampu menguasai teknologi informasi akhirnya banyak yang kelabakan. Hal seperti inilah yang akhirnya dikatakan orang sebagai ‘gaptek’ atau gagap dengan teknologi.

Berbeda dengan mereka yang telah mengenal dunia maya dan telah menjelajah ke dalamnya. Segala hal bisa diperoleh termasuk mendapatkan uang melalui internet dalam jumlah yang cukup lumayan. Selain informasi yang bisa didapat, di internet ini pula orang bisa berinteraksi dengan pengguna internet lainnya. Entah itu dalam bentuk chatting, email atau melalui blog bagi yang memilikinya. Yang terakhir ini kemudian menjadi tren baru di dunia maya.

Melalui blog, orang bisa menumpahkan segala yang ingin diungkapkannya. Dari hal sederhana sampai hal-hal yang sangat mendalam sifatnya. Dengan beragam tema yang diangkat, gagasan akhirnya tertuang dalam bentuk posting. Dari posting inilah kemudian muncul berbagai tanggapan atau komentar yang berlanjut menjadi suatu interaksi antar pengguna blog. Di samping itu, berbagai fasilitas dan aksesori lainnya yang memang sengaja dipasang semakin menggairahkan interaksiย  di antara mereka, seperti shoutbox dan semacamnya.

Semakin lama orang nge-blog, akan membuat mereka merasa menjadi bagian dari dunia blog. Ya, blog merupakan dunia yang memberikan keasyikan tersendiri. Apalagi seiring bertambahnya teman dan kenalan baru, menjadikan blog yang dimiliki seseorang semakin dikenal dan popular. Kalau dilihat, tak jarang sebuah posting mendapat komen sampai puluhan jumlahnya dan ada yang sampai menembus angka 3 digit.

Berdasarkan komen masuk dalam jumlah yang cukup banyak inilah lantas muncul istilah ‘seleb blog’. Demikian parameter yang digunakan menurut sejumlah kalangan. Namun saya tidak ingin mengulas mengenai seleb blog atau parameternya. Yang ingin saya ungkapkan di sini hanyalah mengenai sisi kehidupan lain dari blogger itu sendiri, yaitu orang berada di balik blog.

Banyak yang tidak kita ketahui mengenai blog, terutama pemilik blognya. Karena blog merupakan dunia yang tidak terbatas, maka terhadap pemiliknya pun masih terdapat banyak tanda tanya. Kecuali mereka yang sering ‘kopdar’ atau sudah pernah bertemu bisa mengenal sejumlah blogger dan kehidupan mereka, aktivitas, profesi maupun keseharian mereka dari dekat. Dalam hal ini banyak sekali yang masih belum diketahui, termasuk identitas, usia dan raut wajah mereka.

Memang ada sejumlah blogger yang memasang foto asli mereka dalam profil. Ada yang sengaja memasang foto anak, bapak, ibu dan keluarga mereka. Tetapi banyak pula yang tidak memasang di blognya sehingga membuat kita hanya membayangkan saja bagaimana sebenarnya orang yang berada di balik blog.

Mungkin kita akan merasa terkejut, kagum sekaligus heran ketika suatu saat kita bisa bertemu mereka secara langsung, baik dengan sengaja atau tidak di sengaja. Apa yang kita bayangkan selama iniย  berbeda jauh. Orang yang sering berkunjung ke blog kita ternyata seorang dokter, guru,ย  professor, seniman, pejabat, bisnisman atau mungkin anak kecil dan orang yang biasa-biasa saja. Kalau kita sudah tahu orangnya dan kehidupan sehari-harinya, barangkali kita tidak akan merasa aneh lagi.

Justru di sinilah sisi menariknya sebuah blog. Kita tidak tahu siapa yang berada di balik blog. Tetapi kita bisa memperoleh ilmu, pengetahuan dan beragam informasi yang mereka sampaikan. Bila sebuah blog isinya menceritakan kehidupan pribadi seseorang, maka kita akan tahu mengenai orang tersebut dan pengalaman-pengalaman berharga yang mungkin bisa kita ambil hikmahnya.

Kita juga akan mengetahui bagaimana kreativitas seseorang dalam memperindah rumahnya melalui asesoris dan fasilitas yang dipasang dalam blog. Dan satu yang pasti, kita mengetahui berbagai macam hal. Bahkan hal-hal yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan sama sekali.

Sesungguhnya, mereka yang ada di belakang blog merupakan orang-orang yang penuh kreativitas. Ada saja yang bisa kita ketahui dari mereka, yang mungkin bermanfaat bagi kehidupan. Terlepas dari soal kualitas dalam posting mereka, kita ambil sisi positifnya saja. Sebab setiap orang yang sudah merambah dunia blog dan mampu menikmatinya pastilah akan tetap konsisten mengisi blognya dan berinteraksi dengan sesama blogger.

Satu hal lagi, terkadang seorang blogger akan posting suatu hal yang penuh kejutan, yang mampu membuat para pengunjungnya terkesima, heran sampai terbawa emosi atau mungkin tertawa terbahak-bahak.

Bukan masalah blognya bernama WordPress, Blogger, Multiply, Friendster, Blogsome, Blogdrive, Blog Indosiar. Blogdetik dll. Tetapi itulah Blogger, orang yang berada di balik blog. Sisi lain kehidupan Blogger dengan beragam aktivitas, profesi dan kesibukannya masing-masing di dunia nyata

Iklan

22 thoughts on “Sisi Lain Kehidupan Blogger

  1. Kalo bapak termasuk yg sengaja memasang poto anaknya, atau ternyata memang anak2 yg bisa menulis sebaik ini ya? *Pertanyaan blogger usil* Xixixixixiiii….


    *ini bukan anak2 atau orang tua Bu. Tapi Bocah Tua yang sedang belajar nulis hi… hi… hi…

  2. makanya, tak heran jika ada orang yang terjun ke dunia blog lalu berakhir candu terhadap blog..ya blog memang adiktif ๐Ÿ™‚


    *adiktif yang bukan termasuk napza atau narkoba

  3. enaknya ngeblog itu salah satunya bisa bertamu 24 jam di blog org lain tanpa hrs ngetuk pintu dulu ๐Ÿ™‚


    *dan tak akan pernah disatroni satpam atau petugas ronda

  4. Hmm blog mengasyikkan tapi juga bikin kecanduan…kalau tak disiplin bisa melalaikan pekerjaan utama.


    *Ngeblog jangan sampai mengganggu pekerjaan, apalagi sampai menelantarkan keluarga.

  5. berarti aku termasuk dalam kategori orang biasa-biasa saja! bisa berbagi walaupun di dunia maya menurutku sudah cukup, syukur – syukur bisa berbagi di dunia nyata, bisa kopdar, bisa saling kenalan, itu bikin tambah manteb


    *suatu saat pasti bisa bertemu muka sama blogger di dunia nyata mas.

  6. Ngeblog memang bikin kecanduan. Dari bangun tidur sampai mau tidur, yang kepikir cuma : ada komentar nggak ya di blog saya? Berapa yang membuka blog saya? Teman-teman bloger nulis apa ya? Topik apa lagi yang mau ditulis ya?

    Betul kata Mbak Edratna, kalau nggak disiplin, bisa-bisa melalaikan tugas utama …

    — —
    *Ngeblog betul2 asyik ya Bu. He…he…ngeblog jangan sampai menganggu tugas lainnya apa kebalikannya nih…

  7. nge blog itu bisa nambah kreativitas, nambah temen dan nambah uang ๐Ÿ˜€
    mantab dah…

    — — —
    *sekaligus keluar uang kalo ngeblognya dari warnet

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s