Prioritas Blogger

Dalam kehidupan ini, manusia selalu dihadapkan pada berbagai persoalan yang harus diatasi Tak jarang semua itu dapat menghabiskan pikiran, waktu, tenaga sampai biaya. Persoalan yang sering dihadapi pun beragam jenisnya. Dari persoalan pribadi, keluarga, rumah tangga, kantor, hingga persoalan-persoalan organisasi, pemerintahan dan negara.

Kesemuanya itu jika tak segera diatasi akan menimbulkan beban tersendiri. Beban yang apabila semakin menumpuk justru akan menambah ruwetnya kehidupan yang dijalani. Banyak orang mengeluh ketika berbagai persoalan yang akhirnya menjadi beban dalam dirinya itu tak kunjung selesai. Tapi tak sedikit pula yang justru dengan santai mampu mengatasinya sehingga jalan keluarnya pun segera dapat ditemukan.

Tampaknya tak hanya persoalan saja yang bisa menjadi beban dalam kehidupan. Tugas dan kewajiban kita sebagai makhluk pribadi sekaligus makhluk sosial terkadang juga perlu mendapat perhatian. Seseorang bisa saja terjebak dengan aktivitas yang berjibun karena peran ganda dalam hidup yang harus dijalaninya.

Misalnya saja seseorang yang kebetulan punya banyak peran dalam hidupnya. Sebagai kepala keluarga sekaligus sebagai pengurus kampung atau organisasi, di kantornya pun pegang jabatan, belum lagi jabatan di organisasi dengan lingkup yang lebih besar seperti partai politik. Bisa saja ia bingung dan tak tahu mesti memprioritaskan yang mana ketika semua membutuhkan kehadirannya dalam suatu keperluan yang benar-benar penting.

Mari kita tanyakan hal ini pada mereka yang lebih berpengalaman. Saya yakin, mereka pasti akan sangat sibuk membagi waktu dan tenaganya dalam setiap kesempatan.

Hal yang sama juga berlaku bagi mereka yang suka ngeblog. Blogger sudah pasti memiliki dua dunia yang keduanya sangat jauh berbeda. Di satu sisi ia adalah anggota masyarakat yang punya peran dan kepentingan di dunia nyata. Di sisi yang lain, Blogger juga punya kepentingan tersendiri di dunia maya. Dua sisi yang berbeda ini belum tentu bisa berjalan secara berdampingan.

Suatu saat, pasti ada kepentingan di dunia nyata yang membutuhkan perhatian serius sehingga dunia maya harus ditinggalkan sejenak. Kalau sudah begini, aktivitas ngeblog secara umum pun harus dikorbankan agar tidak mempengaruhi kepentingan yang di dunia nyata. Meskipun banyak yang menyayangkan kalau sampai harus meninggalkan blognya masing-masing beberapa waktu lamanya.

Namun demikian, kita semua tahu bahwa sebagian besar akan lebih memprioritaskan kepentingannya di dunia nyata dengan cara hiatus untuk sementara waktu dari jagad blog. Kecuali jika orang itu benar-benar blogger sejati atau totalitas sebagai blogger. Hal itu barangkali tak akan terlalu banyak berpengaruh.

Maksud hati tak ingin sedikit pun meninggalkan jagad blog meski hanya sementara. Namun tetap saja ada sesuatu hal yang membuat kita mesti memilih salah satu diantara keduanya.

Ya, karena keseharian kita prosentasenya lebih banyak dihabiskan di dunia nyata. Bukankah demikian?

Coba kita dihitung lagi berapa prosentase ngeblog dibanding aktivitas sehari-hari di dunia nyata.


7 thoughts on “Prioritas Blogger

  1. Kalo saya, y tergantung aktifitas di dunia nyata. Ngeblog kalo sudah beres semua.

    Walo kadang di sempat kan juga…habis kangen si…

    Terima kasih mas…..

    — — —
    *Curi2 waktu di sela kesempatan yang ada, yang penting tetap ngeblog.

  2. loh, ngeblog juga salah satu penyeimbang loh.. kita bisa menumpahkan uneg2 di blog.. susah, senang, kejutan dll.. barangkali dg ngeblog malah kita jadi plong.. plong krn sdh menumpahkan uneg2 dan plog krn mgkn dpt pemecahan dr ngeblog. so, jgn tinggalin dong.. tetaplah menjadi blogger!!🙂

    — — —
    *Betul, banyak diantara kita yang justru merasa lega setelah sempat posting. Saya rasa memang tak ada yang betul2 rela meninggalkan dunia blog.

  3. ketika dihadapkan terhadap suatu pilihan dimana pilihan tersebut mengharuskan memilih salah satu, dan kita harus memilih salah satu, maka kita harus mementingkan yang lebih prioritas walaupun itu terkadang harus meninggalkan ngeblog dan hiatus beberapa saat!

    — — —
    *Hidup ini penuh dengan berbagai pilihan dan tentunya semua tak bisa dijalankan secara bersamaan. Ada prioritas tertentu yang harus didahulukan.

  4. setuju sama komentarnya mas Ciput, hrs ada yg jadi prioritas dulu , soalnya ngeblog kalau dipaksakan juga nggak baik ya khan mas …. mending hiatus dulu menyelesaikan yg lebih penting🙂

    — — —
    *Benar sekali mbak…

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s