Partisipasi Di Alam Kemerdekaan

Sudah satu bulan lebih rasanya saya tidak aktif di dunia blog. Sepanjang itu pula saya tidak sempat mengunjungi blog para tetangga. Apalagi kasih komen, sekedar menjenguk saja tak sempat termasuk menengok blog saya sendiri. Tapi itu semua sudah lewat, semua pekerjaan di dunia nyata pun tak lagi sibuk-sibuk amat. Sekarang saya mulai lagi menulis, posting dan lain-lain setelah melakukan sedikit pembenahan sana-sini.

Tak terasa bulan sudah menapak pada Agustus, merupakan bulan paling bersejarah bagi bangsa Indonesia. Peristiwa proklamasi kemerdekaan bagi bangsa kita dikumandangkan pada bulan ini. Pantaslah kalau Bangsa Indonesia bersyukur, karena kemerdekaan dari tangan penjajah berhasil direbut. Tentunya dengan segala konsekuensi, resiko dan pengorbanan oleh segenap anak bangsa yang berjuang sejak ratusan tahun yang lalu.

Kita yang menikmati alam kemerdekaan seharusnya mengisi anugerah tanah air yang kaya raya ini dengan pembangunan serta segala sesuatu yang membawa manfaat bagi seluruh rakyat. Keadilan dan kesejahteraan rakyat wajib diwujudkan. Rakyat juga perlu rasa aman dalam berkarya dan bekerja. Demikan pula hal-hal lain yang mencakup berbagai sektor kehidupan sosial maupun politik. Bukankah pemerintah atau negara yang menjamin semua itu? Dan itu tertuang dalam Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia.

Pemilihan umum untuk memilih pemimpin juga telah usai dan hasilnya sudah kita ketahui bersama. Harapan rakyat semua, siapa pun pemimpin negeri ini hendaknya mampu memberikan yang terbaik bagi kesejahteraan seluruh rakyat di semua lapisan. Semua hal yang dapat merusak dan merugikan negeri ini perlu diberantas hingga tuntas. Kita semua mengharapkan terwujudnya kejayaan Indonesia sebagai negara dan bangsa yang besar. Tak hanya jaya di negeri sendiri tapi juga di dunia sehingga kita tidak dipandang dengan sebelah mata oleh bangsa lain.

Satu lagi momen penting yang jatuh di bulan Agustus ini adalah datangnya bulan Ramadhan bagi umat Islam. Kalangan masyarakat di berbagai daerah banyak yang sudah mempersiapkan diri dengan membentuk kepanitiaan untuk mengisi bulan Ramadhan. Bahkan tak sedikit yang sudah membuat agenda kegiatan yang bakal dilaksanakan di bulan suci itu. Kalau diperhatikan, ada dua panitia kegiatan yang dibentuk. Yaitu panitia peringatan hari kemerdekaan RI dan panitia amalan bulan Ramadhan.

Kegiatan untuk mengisi Ramadhan umumnya diawali dengan shalat Tarawih berjamaah pada saat malam Ramadhan tiba baru menyusul kemudian kegiatan yang lainnya. Namun kegiatan untuk memperingati kemerdekaan RI ada yang sudah dimulai jauh sebelum bulan Agustus tiba, seperti latihan dalam Paskibraka di istana negara misalnya. Sedangkan di masyarakat umum, berbagai macam lomba sangat mendominasi kegiatan di bulan Agustus.

Kantor-kantor pemerintah, swasta, lembaga pendidikan, organisasi dan sejumlah kelompok masyarakat tentu tidak ketinggalam untuk mengisi bulan Agustus yang menjadi pondasi penting kemerdekaan Republik Indonesia di tahun 1945. Walau hanya sekedar mengadakan acara tirakatan, menghias lingkungan dengan mengibarkan bendera merah putih dan memasang umbul-umbul serta melaksanakan upacara bendera.

Begitu pun dalam rangka mengisi bulan Ramadhan, acara buka bersama, tarawih berjamaah, pengajian, ceramah dan kegiatan bernuansa Islam lainnya kerap dilaksanakan oleh pimpinan, pejabat dan seluruh karyawan yang bernaung di bawahnya. Hal semacam itu dapat kita jumpai hampir di seluruh pelosok negeri.

Itu semua tak lain adalah wujud partisipasi masyarakat dalam kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara.

Bagaimana dengan Anda para Blogger?

Iklan

7 thoughts on “Partisipasi Di Alam Kemerdekaan

  1. Tahun ini kayaknya saya tidak partisipasi di acara 17an kantor. Ga ikutan lomba futsal lagi (krn ga ada pemain), gak ikutan lomba aerobic lagi (krn lg malas capek-2) tp mudah2an sih bisa buat hal yang lain lah… yg usefull 🙂

    — — —
    *Sama mbak, tempat saya juga sepi…

  2. Belom ada persiapan khusus Mas buat menyambut Ramadhan. Yang pasti, kondisi musti fit, soalnya cuaca nggak mendukung banget… Saya sempet sakit-sakitan saking panasnya. Demamlah, sakit kepala lah, batuk akut lah. Mudah-mudahan bisa penuh puasanya 😉

    — — —
    *Kondisi harus tetap terjaga agar kita bisa memasuki Ramadhan dengan tenang dan sehat wal afiat

  3. Ya…bulan agustus adalah independence month buat orang indonesia. Segala keceriaan dan harapan bercampur baur dalam berbagai bentuk…

    Yang penting dalam peringatan hari kemerdekaan republik ini ngga hanya berhenti sebatas lomba balap karung dan panjat pinang. Kita juga harus menyikapi dengan keinginan untuk menjadikan bangsa ini lebih disegani dan lebih bermartabat diusianya yang ke 64.

    Merdeka!!!

    — — —
    *Setuju. Harapan seluruh rakyat Indonesia, semoga terwujud

  4. Ya, tanpa terasa negara kita ini sudah hampir 64 tahun berada dalam alam yang merdeka. setiap tahun pula kita selalu memperingatinya. namun, bangsa ini tidak sekedar rutinitas semata. negeri ini mendambakan kemerdekaan yang seutuhnya. merdeka bukan sekedar dalam arti lahiriah, tetapi jauh lebih dalam daripada itu. kita semua bertanggung jawab untuk mewujudkannya. sebab di tangan kita lah masa depan bangsa ini dipertaruhkan!
    Membuat Website

    — — —
    *sudah 64 tahun, seharusnya kemajuan2lah yang telah diperoleh

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s