Dunia Blog Masih Ada

Beberapa waktu yang lampau banyak orang memprediksikan bahwa blog akan mengalami masa-masa surut seiring dengan tumbuhnya jejaring sosial lainnya. Memang, belakangan yang semakin popular adalah Facebook dengan jutaan pemakai internet bergabung di dalamnya. Saya sendiri sempat mengamati perkembangan facebook di lingkungan tempat saya bekerja. Banyak rekan kerja yang berminat untuk tertarik dan gabung di situ, bahkan sampai kecanduan untuk selalu membuka facebooknya.

Dibanding blog, facebook saat ini memang lebih popular. Namun rasanya itu belum cukup untuk menjadikan blog surut dari dunia maya. Kenyataannya, para blogger masih tetap eksis menghidupkan blognya. Mereka masih setia posting, blogwalking, kasih komen serta menjalin hubungan persahabatan dengan sesama blogger lain. Walau demikian, diantara blogger aktif tersebut ada juga yang turut meramaikan dunia facebook tetapi tidak meninggalkan blognya sama sekali. Seiring dengan itu, dunia maya pun tetap memunculkan para pemula yang tertarik berkecimpung sebagai blogger.

Saya pribadi sampai saat ini masih setia dengan blog, sementara untuk facebook belum tertarik gabung ke sana walau sempat juga memantau sedikit ke dalam. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya minat orang untuk berpartisipasi di jejaring sosial sangatlah beragam dan berbeda-beda. Tapi yang jelas, tujuannya sama yaitu bersosialisasi, komunikasi dan menjalin persahabatan dengan siapa saja.

Blog yang oleh banyak pengamat dunia maya diprediksikan bakal surut bahkan mati alias bubar itu ternyata tidaklah sampai demikian. Meski banyak blogger yang tidak aktif mengisi blognya dikarenakan oleh beberapa sebab.Tapi itu tidak seberapa dibanding blog yang masih aktif dan tetap eksis seperti biasa. Ada sejumlah blog yang mengalami penurunan jumlah komentar dari pengunjungnya. Ada yang semakin bertambah banyak komennya, ada pula yang biasa-biasa saja.

Banyak faktor yang menyebabkan blogger tidak aktif dalam waktu yang panjang atau hanya beberapa saat saja. Mungkin dikarenakan kesibukan, belum ada ide yang dituangkan, faktor sarana yang tak mendukung seperti jaringan internet, komputer mengalami gangguan, hingga asyik di jejaring sosial seperti facebook, twitter dan lain sebagainya. Namun ada juga yang benar-benar memutuskan untuk berhenti ngeblog dengan berbagai pertimbangan tentunya.

Semua hal di atas belum dapat dijadikan indikasi atau sebuah pertanda bahwa dunia blog akan mengalami masa surut. Saya yakin bahwa blog akan tetap diminati oleh penggemarnya. Sementara mereka yang masih setia dan aktif dengan blognya pun jumlahnya tidaklah sedikit. Termasuk Anda para pembaca HALAMAN PUTIH, boleh saya katakan termasuk golongan orang-orang alias Blogger yang setia dan loyal di dunia blog.

Satu fakta yang tidak bisa dipungkiri oleh siapa pun bahwa keberadaan dunia blog telah diakui berbagai kalangan. Hal ini dibuktikan dengan tetap diselenggarakannya Pesta Blogger Nasional setiap tahun, baik itu yang tempatnya di Jakarta ataupun di beberapa daerah di Indonesia. Selain itu sudah ada yang dinobatkan sebagai Bapak Blogger Indonesia (Pak Enda Nasution) yang keberadaan serta kontribusinya di dunia blog Indonesia tak diragukan lagi.

Bahkan dalam Pesta Blogger 2007 yang lalu, tanggal 27 Oktober telah ditetapkan sebagai Hari Blogger Nasional oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Bapak Muhammad Nuh. Dan bulan Oktober ini Pesta Blogger 2009 kembali digelar di beberapa kota di Indonesia dengan waktu yang berbeda. Di Yogyakarta sudah terlaksana Kamis malam, 15 Oktober 2009 kemarin. Sayang, saya kembali belum bisa turut serta untuk yang di Yogyakarta karena kesibukan. Kota lain menyusul, mudah-mudahan semua berjalan sukses dan lancar.

Nah, sudah jelas sekarang (kalau salah tolong dikoreksi ya…), apa yang diprediksikan di awal paragraf tadi belum sepenuhnya benar. Apapun layanan blognya, dunia blog masih tetap eksis dan akan terus tumbuh dan berkembang. Beda dengan jejaring sosial lainnya, walaupun popular tapi tidak sampai sejauh itu aktivitasnya di dunia nyata.

Bravo Blogger Indonesia!

27 thoughts on “Dunia Blog Masih Ada

  1. hey..saya lg semangat2nya ngeblog nih..nggak terasa setahun sudah saya ngeblog..😀

    — — —
    *setahun ngeblog, tentu dah banyak karya yang dihasilkan ya pak! Selamat deh…

  2. blog saya malah termasuk blog baru, saya adalah generasi terlambat dalam dunia blog. Apalagi fesbuk yang ndak punya akun sama sekali. Bener-bener gaptek.

    — — —
    *yang penting berkarya pak, baru ataupun lama kita semua berkarya

  3. blog memang berbeda dengan jaringan sosial lain seperti facebook, dan friendster. blog lebih banyak manfaatnya,
    persahabatan antara bloger kayaknya juga berbeda dengan persahabatan para pengguna facebook.
    tetep lanjutin ngeblognya ya!

    — — —
    *FB lebih bersifat personal dan dapat membentuk komunitas antar pemakainya…

  4. salam sobat
    dunia blog ,masih ada,,he,,he,,termasuk wordpress juga kan…
    panjang sekali dan rapi artikelnya nich…

    — — —
    *ya, apapun blognya. makasih ya…

  5. saya tertarik dengan facebook dan berlama – lama dengan facebook. Namun saya tidak pernah melupakan blog karena memang saya dari dulu sampai sekarang menikmati menjadi seorang blogger

    — — —
    *blog memang beda…

  6. Pasti! Blogger masih tetap ada! Akan terus eksis bila para penggiatnya terus menerus menyebarkan virus blog…
    Udah dibilang; esensi blog lebih kental ketimbang facebook😀 hehehe… setuju sama artikel ini… SANGAT!@

    — — —
    *mari kita sebarkan terus virus blog mbak!

  7. senang rasanya jika ada sahabat yg akan selalu memberikan waktunya untuk blognya.
    salam hangat selalu

    — — —
    *saling berkunjung adalah upaya membangun jalinan persahabatan sesama blogger mas…

  8. Kalau saya pribadi jelas lebih suka ngeblog dibandingkan situs2 pertemanan begitu. Blog gak akan mati, biarpun situs2 macam fs dan fb makin banyak🙂

    — — —
    *dunia blog akan tetap eksis dan lestari kan mbak??

  9. Aku punya akun FB juga tapi sejauh ini menjadi blogger jauh lebih hidup dan semakin hari semakin pintar karena mendapat berbagai ilmu yang tak pernah kita byangkan sebelumnya.

    — — —
    *kita semua berproses mas, pasti ada peningkatan kalau kita rajin.

  10. Assalamu’alaikum

    Alhamdulillah, ziarah balas pertama dari saya di Halaman Putih berlatar belakangkan hikau damai flora indah. Saya tidak punya Face Book kerana bagi saya laman blog saya yang satu itupun saya belum dapat mengurus dengan baik. Cukuplah satu aja… lebih fokus dan banyak kawan berbagi hikmah serta merta. salam mesra selalu.😀

    — — —
    *Wa’alaikumus salam,

    blog kita jadikan sarana untuk saling berbagi ilmu dan pengetahuan serta menjalin persahabatan. salam…

  11. blog saya malah terlahir dari facebook.
    yang awalnya suka nulis lewat note. trus disaranin teman buat bikin blog.

    alhasil saya yg awalnya udah cinta mati sama FB, sekarang punya selingkuhan bernama blog.
    hehehehe

    salam kenal ya, saudara HAMPUT (halaman putih):mrgreen:

    — — —
    *sejarahnya orang ngeblog pun berbeda dan ada ceritanya juga ya…

  12. Setuju…
    blog tidak akan terlalu booming.
    tetapi blog adalah gaya hidup.
    Karena blog tidak dimonopoli oleh satu provider.
    masih banyak cara untuk bisa ngeblog dan saling bertautan

    salam kenal😀

    — — —
    *dunia blog akan tetap ada…

  13. setuju,
    betul betul betul…

    sesuatu yg booming memasuki jiwa manusia krn diiringi ngetrend2an suatu saat pasti akan mengalami kesurutan dan ditinggalkan (ibarat FS itoe :D). beda dgn sesuatu yg ngalir stable dan memasuki jiwa manusia sbg suatu hobi bkn krn lg ngetrend2nya meskipun tdk booming saya yakin blog akan tetap exist meski nanti perwujudannya berubah (katanya sech the next blog generation adlh microblogging)😀
    Salam kenal Mas🙂

    — — —
    *salam kenal, dunia blog sampai saat ini masih tetap banyak penggemarnya. Entahlah di lain waktu…

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s