Kunjungan Ke Blog Tetangga

WePeSetiap blog tentu memiliki pembaca dan pengunjungnya. Sebuah blog tenar atau popular tak bisa dilepaskan dari banyaknya pengunjung. Beragam tujuan orang melakukan kunjungan atau lebih populernya blogwalking. Entah hanya sekedar melintas saja, baca-baca, kasih komen, sampai menjalin hubungan yang sifatnya persahabatan. Tak menutup kemungkinan hubungan yang terjalin bisa lebih dari itu, dan berlanjut di dunia nyata.

Saat kita berkunjung ke blog tetangga, banyak hal yang bisa didapat. Dari berbagai keluh kesah, ungkapan hati dan perasaan, pemikiran, artikel dan foto-foto menarik, bahkan hal-hal yang sifatnya konyol dll. Apa yang tertuang di situ tidak melulu merupakan hasil pemikiran pribadi dari para blogger. Ada juga hasil kutipan, salinan artikel di media massa, berita atau informasi yang sudah banyak beredar. Namun tak sedikit dari para blogger memanfaatkan media blog sebagai ajang keluh kesah atau curhat. Sementara yang lain menuangkan karya-karya pribadi yang disertai gambar dan foto-foto.

Lepas dari itu semua, berkunjung ke blog tetangga dan membaca apa yang tertuang di sana memiliki nilai positif. Salah satunya ialah munculnya ide-ide segar yang dapat dituangkan kembali menjadi sebuah postingan dengan perspektif yang berbeda. Blog tetangga sedikit banyak turut memberikan inspirasi tentang berbagai hal yang selanjutnya bisa dituangkan kembali ke dalam blog pribadi. Apa pun yang bisa ditemukan di blog tetangga tidaklah sia-sia. Hal-hal baru sering ditemui sehingga membuka wawasan dan pengetahuan menjadi semakin bertambah.

Selain apa yang telah disebutkan di atas, jalinan silaturrahmi antar sesama blogger pun akan terbangun. Dari yang tadinya cuma sekedar mengintip sekilas, sudah mau meninggalkan komentarnya. Kalau tujuannya baik, komen tetap diperlukan sepanjang tidak menghujat atau mendiskreditkan seseorang. Manfaat lainnya adalah bertambahnya sahabat, teman lama mungkin juga akan ketemu di sini. Ada juga yang menemukan pacar atau kekasih lewat media blog hingga menikah. Hebat ya…

Memang, setelah saling berkunjung, blog jadi lebih dikenal. Banyak hal yang bisa dituliskan kembali. Termasuk postingan ini misalnya, inspirasinya muncul ketika sering baca-baca apa yang ditulis para blogger di blognya. Dan ide tersebut kemudian tertuang hingga menjadi sebuah posting yang sedang Anda baca sekarang..

Banyak blogger yang mampu mengembangkan idenya menjadi sebuah tulisan panjang namun enak dibaca. Sementara yang lainnya, menulis dengan ulasan tajam, menyentuh, dan informatif. Terkadang kita juga disuguhi postingan berat yang kalau dibaca secara serius bisa membuat pening kepala. Meski demikian, toh pengunjungnya tetap saja meninggalkan komentar dan tak terpengaruh dengan tulisan yang berat tersebut.

Dari sekian banyak blogger yang aktif, layanan blog yang digunakannya pun beragam. Misalnya yang gratisan seperti Blogger, WordPress, Blogsome, Blogdetik, Blogdrive, GoBlog dan sebagainya. Hosting berbayar pun turut meramaikan dunia blog. Jalinan persahabatan tetap terbina apapun layanan blog yang digunakan. Sekali kita berkunjung, tetangga kita pun akan balas melakukan kunjungan dan seterusnya. Demikian, sehingga jalinan silaturrahmi pun semakin berkembang diantara sesama blogger.

Berkunjung ke blog tetangga lebih memiliki nilai positif dibanding sisi negatifnya. Kita bisa mengenal seseorang melalui postingannya. Wawasan dan pengetahuan kita menjadi bertambah dengan membaca posting karya para blogger. Dan kemampuan kita pun lambat laun akan meningkat dari melakukan kunjungan ke blog tetangga.

Nah, sekarang apa kesan yang Anda peroleh setelah melakukan kunjungan ke para tetangga Anda??

33 thoughts on “Kunjungan Ke Blog Tetangga

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Bloghicking (saya lebih suka BH dari pada BW, hehehehehe…) membuat kita menemukan ide-ide segar vdalam membuat tulisan. Juga menambah sahabat dan traffic ke blog kita.
    Sering-seringlah bloghicking!

    — — —
    *Traffik juga meningkat kan mas…

  2. yup, saya sepakat dengan sering mengunjungi blog sahabat banyak hal yg dpt kita temukan hal-hal baru yg sebelumnya tidak kita duga, dan yg penting akan semakin banyak teman, mskpn di dunia maya🙂

    — — —
    *di dunia nyata maupun dunia maya, kalau kita saling berkunjung teman tetap banyak

  3. betul, sejak ngeblog dan sering “jalan-jalan”, saya juga jadi punya banyak teman baru (walaupun belum pernah bertemu muka) dan ilmu plus pengetahuan baru.

    — — —
    *ya, betul sekali. setidaknya komunikasi tanpa tatap muka telah terjalin

  4. Nek judulnya blogwalking, tapi gara2 pake istilah inggris jadi kita yang lagi suka ngepop cinta Indonesia jadi rada alergi.
    Saya juga suka berkunjung ke blog tetangga untuk berinteraksi. Yo sekedar pamer nek saya punya posting baru.🙂

    — — —
    *salah satunya memang demikian

  5. Lho, komen saya koq hilang….
    Btw, dengan blogwalking kita akan mendapatkan banyak informasi. Disamping itu pengetahuan dan wawasan kita akan bertambah.

    — — —
    *Benar sekali pak Edy. Komennya tak jadi hilang kok…

  6. salam..

    saya setuju klo silaturahmi itu banyak manfaatnya.. tapi kadang kita (saya) juga suka males ya hehehe.

    — — —
    *apalagi kalau bener2 sibuk, jadi gak sempat BW

  7. Njeh, sepakat. Dengan BW/ BH yg terpenting adalah silaturahmi dan pengembangan wawasan. Banyak tulisan dari tetangga yg bagus ken didasari atas wawasannya yg luas, sehingga membuat kita terinspirasi.
    Salam panas

    — — —
    *selain pengetahuan bertambah, ide pun bisa terpetik dari situ

  8. salam sobat
    setuju banget sobat..
    dengan berkunjung ke blog tetangga,,makin terjalin persahabatan dan silaturahmi.

    — — —
    *semakin lama pasti akan semakin erat

  9. saya berkunjung balik ke tetangga. menjalin silaturrahmi antar sesama blogger pun akan terbangun. ini yang sepkat mas. ada juga yang bilang untuk meningkatkan popularitas blog?

    — — —
    *memang juga sih, ada diantara mereka yang popularitas blognya semakin meningkat

  10. bogwoking is the best dah. nambah silaturahim dan trafik😀

    Kira2 kek gitu ndak yah ? maklum, cuman cah ndeso, jadi minim pengalaman. mPISSS

    — — —
    *sepertinya memang demikian mas…

  11. Hmm…
    Jalan-jalan ke blog tetangga biasanya ngasih saya ide baru untuk menulis…..
    Tapi klo yg ga ngasih pengaruh apa-2 ya saya biasanya ga meneruskan membaca.

    — — —
    *paling tidak dah berkunjung meski hanya lewat

  12. Bw buat saya wajib karna pemula selalu butuh info2 baru apalagi kalau ada fulusnya

    — — —
    *soal fulus, banyak tuh yang mau. Saya juga mau kok…

  13. Selalau ada sisi positif dari setiap tindakan, tapi dengan ngeblog dan blogwalking positifnya buanyak bangettttt……

    — — —
    *seperti yang kita harapkan bersama, nilai positif sebuah blog akan membawa pengaruh positif pula bagi pembacanya

  14. postingan yang berat dan membaut pening kepala itu punya saya ya pak :mrgeein:
    berjalan antar blog selain menambah ilmu juga mendapat inspirasi untuk menulis berikutnya. Saya berkunjung mas …

    — — —
    *He… he… mungkin salah satunya pak. Meski berat namun informatif

  15. Selamat malam Mufti, jika ada waktu saya selalu sempatkan untuk blog walking ke blognya tetangga, benar kata Mufti bahwa dengan blog walking saya banyak menambah ilmu terlebih pengetahuan yang baru diketahui. Banyak hal yang baru dan perlu diketahui. Bahkan saya rindu jika sedang disibukkan oleh pekerjaan sehingga sedikit waktu untuk blog walking, sedih rasanya karena jika tidak blog walking lebih dari 3 hari rasanya demam internet, mungkin sudah adiktif pada internet. Saya sering mempunyai sesuatu yang baru yang menyenangkan dari ngeblog, selain terjalinnya silahturahmi juga sering dikasih award teman-teman, baru saja tadi siang dapat kiriman dari Pak De Chollik dari Surabaya, buku yang menarik dan menambah ilmu. Terima kasih postingannya, Sukses untuk Mufti.

    Regards, agnes sekar

    — — —
    *Barangkali saya pun merasakan demikian bu Agnes. Demam internet kalau sampai tiga hari tak menjamahnya

  16. Setuju sama postingan ini. Blogwalking itu banyak manfaate :

    1. TIDAK MENARSISKAN DIRI :p
    Yang artinya, kita sadar lingkungan bahwa we aren’t the only one blawger in the world (wuiiihhh :D) hehehehe.

    2. SILATURAHMI
    – Buat yang temenan, sibuk kerja, jadi jarang ketemu. Tapi di tempat kerja masih bisa online and ngebaca tulisan teman kita…ngasih komen panjang lebar (kalo lewat sms jempol bisa dower) di blogna… bahagia :p
    – Saling bagi cerita, memberi tanggapan (bisa jadi sekaligus motivasi) terhadap blogger2 yang ada.

    3. IDE
    Ini betul sekali. Saya setuju abis2an😀 Masalahnya kalo udah mentok ide menulis, saya random aja ke blog2 baru… baca2… ketemu deh ide berdasarkan tulisan di blog mereka.

    Dsb… dsb.. dst.. dst..

    Errrhhhmmm tapi yang nemu jodoh lewat blog, saya belum😀 wkwkwkwkwkw… ^^;

    Terus ngeBLOG~!!!!!!

    — — —
    *siapa tahu bisa ketemu jodohnya dari blog mbak.

  17. jalan-jalan memang menyenangkan. Apalagi pas singgah di blog tetangga trus disuguhi menu-menu istimewa, wuiii asyik! Belum lagi pemiliknya ramah, widih makin betah dech! Hidup blogger Indonesia!

    — — —
    *terlebih lagi kalau ada makan2nya, pasti seru banget deh…

  18. kadang dgn begitu saya juga merasa punya kedekatan emosional (halah) walaupun gak kenal secara langsung….

    — — —
    *memang demikian mas, ada ikatan emosional antar blogger dengan saling mengunjungi

  19. alhamdulillah saya sempatkan waktu untuk blog walking, walaupun sibuk yang minimal sehari dalam seminggulah. Salah satunya ke blog ini.

    — — —
    *kita semua tentu tak lupa untuk BW walau hanya sekedar melintas. makasih banyak mas…

  20. Assalaamu’alaikum

    Nice posting. Apabila melakukan aktiviti “BW atau blog walking” saya cuba menghayati dan membaca kandungan tulisan para penulis blog terutama hasil karya tulisan sendiri. Saya suka mengambil sedikit ruang dan membaca apa yang ditulis oleh mereka. Di sana kita akan dapati bagaimana luahan hati itu dibicarakan samada bicara politik, cinta, pengalaman hidup, kematian, pengembaraan, sejarah atau bicara pemimpin atau biografi mereka, jenaka atau yang seumpamanya. Banyak manfaat dan menambahkan sahabat. Salam mesra selalu.

    — — —
    *terima kasih komennya ummi

  21. kalo istilah umumnya blogwalking.
    kalo istilah menurut bung Alamendah adalah bloghicking (BH)
    kalo saya suka dengan istilah saya sendiri, BLOGDIVING.
    artinya menyelami blog.
    seperti blog halamanputih yg sedang saya selami ini. asyik banget dah.

    yg pasti tujuan blogdiving bagi saya pribadi:
    – membunuh waktu
    – membunuh kebosanan
    – menghilangkan stres (atau bahkan bisa semakin stres kalo yg dibaca memusingkan)
    – menambah ilmu
    – buang buang listrik (ini sih bukan manfaat)

    hehe hehe:mrgreen:

    — — —
    *apapun istilahnya tujuannya tetaplah sama gitu kan…

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s