Mengatasi Sulit Tidur

Sulit tidur merupakan suatu hal yang amat menjengkelkan tetapi bukan tidur yang dipersulit lho. Saat badan terasa letih dan penat, maka satu-satunya jalan untuk memulihkannya adalah dengan tidur. Tetapi ketika badan mulai dibaringkan dan siap untuk beristirahat, giliran mata tak mau terpejam. Itu sungguh merupakan suatu awal dari sebuah penderitaan kalau terus berulang dan terjadi setiap malam. Barbagai posisi berbaring pun tak ada yang terasa enak, sampai akhirnya perasaan jadi jengkel tak karuan.

Penyebab gangguan tidur bisa saja karena otot tegang. Ada yang berolahraga siang atau sore harinya, kemudian malam sebelum tidur juga dilakukan dengan tujuan agar mudah tertidur tetapi itu justru berlebihan. Kegiatan fisik ini cukup dilakukan siang atau sore hari saja sudah dapat membantu orang untuk bisa tidur. Selain itu, bisa juga diatasi dengan sengaja mengendurkan semua otot terutama otot rahang dengan cara relaksasi. Namun, bagaimanapun juga saran terbaik adalah jangan tergantung pada obat tidur. Yang satu ini hanya boleh dipergunakan bila sangat terpaksa dan itu pun harus dengan petunjuk dokter.

Sebuah survey menunjukkan bahwa sekitar setengah dari orang yang berusia 15 tahun ke atas pernah mengalami gangguan tidur. Bahkan sekitar 15% menderita sulit tidur yang kronis. Untuk mengatasi problem yang demikian itu ada baiknya dicoba kiat sederhana berikut ini :

  1. Pergilah tidur hanya jika sudah mengantuk

  2. Jangan membawa masalah dan berbagai macam persoalan ke tempat tidur

  3. Jika merasa sukar tidur, bangunlah dan pergi ke ruangan lain atau membacalah sampai mengantuk

  4. Kalau belum bisa tidur juga, maka bangunlah dari tempat tidur tak peduli betapa pun larutnya waktu menunjukkan

  5. Pasang alarm atau jam beker pada waktu yang sama setiap pagi. Bangunlah jika mendengar bunyi alarm tersebut, tak peduli betapa sedikit tidur Anda tadi malam

  6. Usahakan jangan tidur siang

  7. Makan besar sebelum tidur membuat orang semakin sulit tidur

  8. Jika gangguan ini semakin serius, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter

Anehnya, ada orang yang justru mudah tertidur jika mendengar bunyi-bunyian tertentu. Misalnya dengung monoton alat pendingin ruangan, kipas angina atau suara radio. Bahkan ada yang suka menyetel TV sampai pagi tanpa pernah menonton acaranya. Rupanya dengan mendengarkan bunyi apapun bentuknya dapat terbantu untuk jatuh tertidur pulas.

Satu cara yang sering saya lakukan ketika mata tak juga mau terpejam adalah keluar rumah, ke gardu ronda dan bergabung dengan orang-orang yang sedang tugas ronda. Kalau mereka keliling kampung sekalian ikutan. Biasanya menjelang ronda bubar, rasa mengantuk pun datang. Sampai di rumah tidur jadi lebih mudah. Bagi kaum wanita, silahkan konsultasikan dulu ke suami atau ayah Anda untuk mengikuti seperti yang saya lakukan.

Yang ini boleh dicoba setiap hari dan gratis lagi. Metode yang sudah kita ketahui dan sering digunakan adalah menghitung sambil membayangkan biri-biri seekor demi seekor di padang rumput hijau nan luas. Membosankan memang, tetapi konon ada benarnya lama kelamaan orang akan terlelap. Sebuah cara yang klasik, seperti yang pernah kita saksikan dalam serial Mr. Bean.

Sebelum tidur, jangan lupa berdoa kepada Tuhan. Mintalah agar istirahat Anda menjadi tenang dan nyaman tak terganggu oleh penyakit sukar tidur. Tetapi bagi pengantin baru atau yang sedang punya bayi, bersiaplah untuk selalu tetap terjaga.

Selamat mencoba…..

Selamat tidur….



31 thoughts on “Mengatasi Sulit Tidur

  1. kalau saya malah kebalikannya, gampang sekali tidur, saya bisa tidur di mana saja.. hampir setiap malam saya ketiduran di depan komputer sebelum pindah ke tempat tidur 😀

    — — —
    *berarti tak punya problem dalam hal tidur

  2. Boleh juga tipsnya, kadang saya merasakan ngantuk yg luar biasa. Tp krn ada kerjaan harus selesai, maksa juga menyelesaikan tugas tsb. Dn setelah selesai tugasnya, huh..ngantuknya hilang dan susah tidur. Dipaksa bawa tidur, eh akhirnya kebablasan…

    — — —
    *biasanya bablas karena kecapekan bekerja

  3. dalam sebulan pola tidur saya berubah2.. tergantung banyak tidaknya pekerjaan di kantor. tp saya selalu menjaga spy tidur saya ttp minimal 6 jam. saya termasuk org yg gampang tidur, bangun tidur pun demikian. lg belajar tidur yg berkualitas.. 🙂

    — — —
    *pola tidur yang berubah2 terkadang juga menjadi faktor penyebab orang sulit tidur

  4. sulit tidur memang sangatlah menjengkelkan, dulu saya juga sering mengalami, jika siangnya tidur, maka malamnya tidurnya sangatlah sulit, dan malah membuat badan pegal semua.
    tapi sekarang malah mudah sekali buat tidur. hehehe… berbaring aja tau-tau malah ketiduran!
    iya,menghitung biri-biri mungkin bener tuh, seperti pada serial MR. Been hehehe..
    tapi kan MR. Been hitungnya pake kalkulator? hahaha….
    Cara Membuat Blog

    — — —
    *kalau sekarang mungkin dah pake komp atau HP menghitung biri2nya

  5. Wow terima kasih tips dan infonya!
    Percaya atau tidak, saya selalu mendengar musik rock kesukaan saat susah tidur, dan hasilnya malah saya tidur pulas beberapa menit kemudian hehe 😀

    — — —
    *ya, selain musik lembut, alunan musik keras bisa bikin orang tertidur, tergantung selera dan kebiasaan

  6. Dulu, sebelum sakit, saya adalah orang yang sulit tidur. Insomnia-nya udah parah banget karena bisa2 tidurnya jam 7 pagi—saat orang lain terjaga atau bahkan udah berangkat kerja 😀
    Sekarang, setelah sakit, tidur menjadi hal yang sangat mudah dilakukan 😀 mau nggak mau, mata mo nolak kek, ada film bagus kek, tetep ajak bodi ke ranjang dan tidur… itu juga kunci biar bisa cepet tidur 😀
    Nggak ngopi.
    Nggak ngudu lagi.
    Nggak begadang 😀

    Met wiken 😀

    — — —
    *ada hikmah dibalik setiap kejadian

  7. Selamat malam Mufty, untuk saya pribadi membiasakan hidup disiplin sejak dulu, sebelum tidur saya selalu memainkan guitar klasik kesukaan dan hobby saya sejak kecil hingga sampai setua ini tidak pernah saya tinggalkan kesukaan itu. Sehingga sangat jarang untuk saya berlarut-larut sulit tidur sebab dengan memetik guitar dan alunan musik klasik mengiringi membawa kesenangan di hati/ketenangan sehingga nafaspun mulai teratur perlahan-lahan dan akhirnya mengantuk, sampai kadang-kadang waktu doanya yang sedikit maka dari itu saya berdoa sebelum bermain guitar. Okay Mufti itu salah satu tips dari saya untuk mengawali tidur sehingga tidurnya dapat berkualitas/nyenyak, dan besoknya dapat beraktifitas dengan fresh. Terima kasih postingannya, Sukses untuk Mufty.

    Regards, agnes sekar

    — — —
    *Tidur berkualitas memang lebih bagus, tak harus lama. Kualitas tidur yang bagus akan membuat diri lebih fresh setelah bangun

  8. Satu tips tambahan:
    Seks (bagi yang sudah resmi ya.. 🙂 ) juga bisa membuat tidur nyenyak loh..

    Salam kenal…

    — — —
    *kalo yang ini benar2 sip mas, bahkan bisa bangun kesiangan

  9. kalo saya harus capek banget dulu baru bisa tidur. kl ga sih percuma. udah sejam di kasur, tetep ga tidur2.. kl kiat yg jangan tidur siang, sbnrnya mana ada orang yg tidur siang yah.. huehe

    salam kenal yah! :mrgreen:

    — — —
    *ada kok, terutama yang tak punya kerjaan

  10. Kalau nonton Tv malam2 terkadang saya ketiduran.. 😆

    — — —
    *Kalau saya sih biasa tidur di atas jam 12 malam. Walau capek tetap di atas jam 12. mau tidur sore gak bisanya cuma berbaring mata belum mau diajak tidur

  11. katanya obat tidur yang paling ampuh itu berenang…karena ini salah satu olah raga yang menguras tenaga tapi juga bikin relaks…

    — — —
    *olahraga teratur, pola makan yang baik dan pola tidur yang pas pun sebenarnya cukup mengatasi hal ini.

  12. Kalau saya gak bisa tidur ya dibawa baca, ngenet, nonton, atau apa saja. Paling-paling paginya merasa letih luar biasa.
    Oh ya. Makasih sudah berkunjung.

    — — —
    *kalau tidurnya berkualitas besoknya pasti akan fresh pak

  13. Menarik sekali, saya sendiri sampai saat ini mengalami masalah besar pada tidur padahal saya hampir tidak pernah tidur siang. Kalo malam tiba saya sangat amat susah sekali untu memejamkan mata dan tidur dengan nyenyak. Ketika mau tidur selalu aja banyak pikiran yang terbayangkan oleh saya, sungguh susah sekali untuk melepaskan pikiran itu ketika mau tidur. Kadang sampai 3 jam mata ini tertutup tapi tidak tidur sama sekali. Kadang saya menghipnotis sendiri diri saya untu bisa tertidur, kadang bisa dan kadang juga tidak. Terakhir kalo memang susah sekali dengan terpaksa saya mengkonsumsi obat tidur. terima kasih kiat2nya semoga bisa saya terapkan.

    — — —
    *Mudah2an bermanfaat dan semoga tidur nyenyak

  14. Dulu saya sering mengalami sulit tidur, (ketika menganggur) main internet hingga pagi jadi rutinitas,.. nanti bangunnya jam 12 siang,.. tapi,, sekarang sudah enggak, semenjak saya di paksa harus bangun pagi,.. jam 3.30 saya bangun, khusus waktu buat ngeblog, hingga menjelang berangkat kerja di pertambangan malamnya 21.30 saya dah ngantuk dan langsung .. tidur untuk kemudian jam 03.30 bangun lagi..

    — — —
    *pola tidur biasanya terbentuk karena kondisi dan kebiasaan tertentu dalam jangka waktu lama

  15. susah tidur, sulit tidur… biasanya klo lg mikir aneh2 msti gak bisa2 tidur sampe berlarut2, ada tips buat melupakan sejenak pikiran2 biar bs tidur nyenyak? 😐

    — — —
    *Kalo pikiran sih biasanya harus kita kendalikan. Ada baiknya ikutin sran Mas Ciput, minum segelas susu hangat sebelum tidur

  16. yang aneh nie, di rumah sulit tidur, eh…giliran denger penjelasan guru, rapat, ngaji…kok ngantuk itu datang tanpa permisi dengan tidak sopannya…gmana klo yg kek ginian yaaak…*.^

    — — —
    *Lha, itu malah jadi satu solusi mengatasi sulit tidur…

  17. PEMBUKAAN:
    selamat pagi, kunjungan untuk kesekian kalinya.

    ISI:
    kalau saya malah pernah mengalami gangguan jam tidur.
    siang tidur mulu. malam bangun kayak kelelawar.
    apalagi kalo pas liburan kuliah.

    PENUTUP:
    saya sudah mencoba untuk mempraktikkan tips-tips di atas, dan hasilnya adalah…
    zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz zzzzzzzzzz zzzzzzzzz zzz zz zz z z z ~~~~~~~~
    (-_-)

    — — —
    *bisa bangun kesiangan tuh, eh lagi liburan gak apa2…

  18. saya kalo udah liburan waktu tidurnya ngaco, kalo jam-jam kuliah malah tdur dr mlm mpe ksiangan, datang di kampus telat terus, tapi kalo libur anehnya saya susah tdur, apa karena liburan gk ada kgiatan? sya kalo pulang kuliah kadang2 di jalan ktiduran, ngapel ktiduran, mw kuliah males karna masih ngantuk pdahal tdurnya lama, tp kalo liburan paling cpet tdur stngah 3 pg, saya pgn bsa tdur normal walaupun sedang libur,

    — — —
    *mungkin perlu capek dulu sehingga tidurnya jadi mudah

Silahkan Berkomentar

