Bahayakah Air Yang Kita Konsumsi…???

Hidup kita memang tidak bisa lepas dari air. Kita sangat bergantung dengan air, karena air adalah kebutuhan dasar yang merupakan kunci utama semua sistem dan fungsi tubuh antara lain peredaran darah, pencernaan, mengatur suhu tubuh, pembuangan, metabolisme, pelicin, pergerakan, penyaringan dll. Air yang kita konsumsi setiap harinya yang diambil langsung dari alam biasanya sudah tercemar oleh berbagai sebab, baik karena pencemaran, limbah-limbah beracun dari industri atau pertanian, racun atau zat berbahaya atau karena berbagai ulah manusia.

Karena faktor-faktor di atas itu kita menjadi sedikit ragu dalam mengkonsumsi air. Padahal air minum yang baik haruslah kaya oksigen dan mineral. Mineral dan oksigen merupakan kebutuhan pokok bagi tubuh yang penting disamping air. Gunanya untuk pertumbuhan sel dan asimilasi vitamin, sedangkan oksigen penting untuk mempertahan kehidupan. Ada yang menyebutnya sebagai air hexagonal.

Air yang bersih dan berkualitas ialah air yang bebas bakteri dan racun serta mengandung berbagai jenis mineral. Air mineral alami adalah yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Air mineral yang disimpan terlalu lama dalam botol atau kemasan dapat hilang kandungan ionnya. Kandungan kimia akibat pemrosesan air juga dapat mengakibatkan kerja hormon menjadi terganggu dan kerusakan sistem syaraf. Terlebih lagi air yang mengandung kaporit apabila kandungan kaporit melebihi standar yang ditetapkan lambat laun akan mengakibatkan penyakit anemia apabila diserap oleh darah. Kaporit bisa mempertinggi resiko penyakit kanker, mengerasnya pembuluh darah serta mengurangi penyerapan vitamin dalam sayuran apabila dicuci dengan air yang mengandung kaporit.

Selain kaporit, zat klorin juga merupakan zat berbahaya karena zat tersebut hanya bagus apabila digunakan sebagai pemutih. Penelitian membuktikan bahaya klorin yang dapat merusak vitamin B, C dan E dalam tubuh. Apabila bereaksi dengan asam dari tumbuhan yang membusuk akan terbentuk trihalomethans (THMs) yang bersifat karsinogen. Ini merupakan penyebab dari berbagai penyakit seperti lever, ginjal, pernapasan, tensi darah rendah dan cacat lahir. Juga menyebabkan pengendapan kolesterol dalam darah dan stroke.

Penambahan kaporit dan klorin yang terus menerus untuk mematikan bakteri (kuman) dan menjernihkan air akan menyebabkan gangguan fungsi ginjal. Begitu pula dengan racun PC Bs mencemari air minum bisa menimbulkan kerusakan pada kulit, paru-paru, ginjal dan hati.

Air Murni Sehat Alami

Agar kualitas kehidupan kita menjadi lebih baik dan lebih sehat terutama dalam hal mengkonsumsi air maka air yang berkualitas yaitu air murni sehat alami merupakan air yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap harinya yaitu air yang diproses dengan sistem bio magnetized dan menghasilkan AIR REVERSE OSMOSIS (Air RO).

Air RO adalah air murni sehat alami yang lebih bersih dibanding air biasa yang diproses secara umum. Dengan sistem bio magnetized yaitu sistem penyaringan air limbah menjadi air murni kembali dipesawat ruang angkasa maka air yang dihasilkan sangat layak untuk dikonsumsi dengan TDS kurang dari 10 PPM sesuai standar WHO yang terbebas dari partikel dan zat berbahaya lainnya, seperti plumbun, klorin, arsenik, cromium, cadmium, clor, natrium, phospat, nitrat, cuprum, air raksa, bakteri, kuman, virus, bau busuk, racun perusak, racun serangga, endapan, zat pewarna, zat pengawet dll.

Air RO dihasilkan dengan proses penyaringan air melalui lima tahap yaitu :

1. Filter sedimen
Filter yang terbuat dari serat karbon 5 mikron yang berfungsi untuk menyaring partikel berbahaya seperti kapur, Lumpur, endapan, zat polutan, karet dll.

2. Filter pra karbon
filter yang berfungsi untuk menyerap bahan organic, warna, spora, jamur, bahan karsinogen dan sebagainya.

3. Filter karbon perak
Filter yang berfungsi dapat mencegah terjadinya pembiakan bakteri, kuman, virus sisa bau, sisa gas dan zat pencemar lainnya yang tidak diperlukan tubuh manusia.

4. Filter bio magnetized
Filter yang berfungsi memperkecil kelompok molekul air sehingga dapat meningkatkan kandungan oksigen dalam molekul air yaitu tiga kali lipat dari air biasa.

5. Filter membran Reverse Osmosis
Filter yang berfungsi untuk menyaring partikel berbahaya dalam molekul air seperti arsenic, karbon, logam berat dll.

Manfaat MEMBRAN RO pada kehidupan kita antara lain :

1. Dikenal sebagai AIR LUAR ANGKASA karena dugunakan dalam pesawat luar angkasa oleh para astronot dengan siklus awal dari air limbah, air buangan, air seni yang dimurnikan kembali dan menjadi air minum.

2. Digunakan dalam kapal perang untuk memperoses air laut menjadi air murni

3. Para dokter menggunakannya untuk proses cuci darah (haemodialis)

4. Digunakan di rumah sakit, laboratorium, pabrik farmasi dll

5. Membantu kerja ginjal dan organ tubuh lainnya untuk membuang zat dan partikel yang membahayakan tubuh manusia dari racun, jamur, bakteri dll.

Jadi, membran RO boleh dikatakan berfungsi sebagai ginjal ketiga manusia. Untuk mendapatkan air RO, dipasaran telah banyak dijual alat pemrosesan air yang prinsip kerjanya seperti di atas dengan harga yang beragam tentunya dan jenis yang berbeda-beda pula.

47 thoughts on “Bahayakah Air Yang Kita Konsumsi…???

  1. Betul sekali.

    Air RO memang lebih bersih dan sehat. Air kita sama beningnya tetapi kita tidak tahu kandungan air kita itu. Apalagi yang tinggal dikota dan perumahan padat penduduk. Karena mineral dalam air tanah kita bisa berasal dari tanah itu sendiri maupun dari hasil pencemaran. Sekarang harga mesin RO memang sudah lebih murah dijual di toko-toko.

    — — —
    *benar sekali pak, kita tak tahu yang sebenarnya sebelum dilakukan uji lab.

  2. ASSALAAMU’ALAIKUM..

    KEPADA SAHABATKU… SAMBUTLAH UCAPAN DARIKU. SERANGKAI KATA PENGGANTI DIRI. UNTUK MENYAMBUT HARI PERTEMUAN YANG BESAR. JARI SEPULUH KU SUSUN JUGA. AGAR KESALAHAN DIAMPUN SEMUA. TANDA IKHLAS PERSAHABATAN KITA.

    SALAM DUNIA, SALAM SEMUA, SALAM HARI RAYA EIDUL ADHA DAN SALAM PERPISAHAN “BERJARAK” DARI SAYA DI BANGI, MALAYSIA.

    -SITI FATIMAH AHMAD-

    — — —
    *Selamat Idul Adha 1430 H, semoga Allah menerima ibadah haji dan kurban dari mereka yang melaksanakannya.

  3. Ping-balik: Apakah Penyakit Kista Dapat Disembuhkan Dan Kalau Hamil Apa Tidak Berbahaya? | Tahitian Noni Juice Indonesia

  4. Air di tempatku masih ambil dari Sumber Mata Air deket rumah. Untung lah aku masih tinggal di lingkungan pedesaan. Hehehe…. (=like this=)

    — — —
    *Di lingkungan pedesaan biasanya air terasa lebih segar, apalagi yang di daerah pegunungan dekat sumber mata air

  5. kalo air di tempat saya banyak mengandung asam, jadi cenderung merusak gigi.

    — — —
    *tempat saya lebih parah pak, banyak mengandung zat besi padahal dah disuntik sampai 16 M

  6. memang kita harus peduli pada kesehatan …karena itu adalah hal yang sangat berharga yang harus selalu kita miliki……salam kenal dariku…..

    *Benar sekali, salam kenal juga. Terima kasih…

  7. Mantap sekali infonya…
    Sebab wawasan mengenai air sangat dibutuhkan…

    — — —
    *saya rasa memang demikian bang, thanks…

  8. Soal air memang harus hati2 mas. saya juga pakai PDAM, kadang bau kaporit. kadang juga kotor sekali. saya menyediakan tempat penampungan air khusus untuk di masak untuk di minum, agar kotoran yang kadang terlihat dan bau kaporit hilang dulu. apalagi ketika air tidak terlihat jernih, iih rasanya tak jadi untuk di masak. mau beli kemasan, boros juga mas.😆

    — — —
    *Saya juga pasang PDAM karena air sumur banyak zat besinya. Itu pun udah disuntik 16 M. Alternatifnya ada 3, pasang PDAM, air minum kemasan dan pake mesin RO.

  9. PEMBUKAAN:
    selamat pagi, saudaraku halaman putih.

    ISI:
    terus terang saya baru tahu nih info tentang membran RO. hmm hmmm. tulisan yang bermanfaat.
    terkadang saya ini tidak terlalu selektif dalam memilih air minum.
    ada depo air dekat rumah saya, sumbernya dari Prigen, Pandaan, Jawa Timur.
    rumah saya di Malang.
    sejauh ini saya minum dari sana, dan alhamdulillah belum terjadi masalah berarti pada kesehatan saya.

    PENUTUP:
    terima kasih dan mohon maaf😮

    — — —
    *kita memang mesti memakai sumber atau produk yang terpercaya dalam hal ini

  10. Walaupun air tapi tetap harus kudu ati-ati, karena air juga ada yang sudah tercemar,
    apa lagi dijaman sekarang sudah banyak sekali air yang sudah tercemar, dan sangat bahaya jika dikonsumsi, padahal orang hidup memang tidak bisa lepas dari air!

    Cara Membuat Blog

    — — —
    *itulah sebabnya mengapa kita mesti lebih berhati2…

  11. salam sobat
    artikel sangat bermanfaat,,
    kita semua tahu air yang layak kita konsumsi.
    wah,harus melalui 5 tahap penyaringannya ya,,

    — — —
    *Mesin2 RO yang ada dipasaran menggunakan metode tersebut. Kalo kita yang harus memperoses sendiri pasti terasa repot sekali.

  12. wah didaeraku masih sangat bagus airnya (cibinong) tapi saat ini banyak juga yang tidak yakin dengan air di rumah kita dan membeli air mineral.

    — — —
    *di daerah saya rata2 air kurang bagus, apalagi yang dekat dengan pabrik.

    • Air isi ulang insya allah aman. Selama depot itu banyak pembeli, karena dengan banyak nya pembeli si pemilik depot pasti akan merawat semua partisi dan perangkat yang ada di depot karena takut kehilangan pelanggan. Trs si pemilik depot rajin mengganti filter. Dan back wash media nya. Trs torn yang digunakan bersih

  13. Paling seger adalah air langsung dari mata air pegunungan. Saya beberapa kali meminum langsung pada saat naik gunung.

    — — —
    *Saya juga pernah mas. Wah, memang segar sekali…

  14. Hati-hati dalam mengonsumsi air, karena air sudah banyak yang tercemar.
    makasih infonya..

    — — —
    *air sungai, air tanah yang ada di kota-kota besar padat penduduk tak bisa dijamin kebersihannya.

  15. mo sharing aja ne..
    kata temenku yang anak farmasi…

    air mineral(atau yang lebih terkenal dengan sebutan aqua) yang ada di pasaran kita…
    seperti prima,ades,dan lain2…mengandung banyak mikroba yang dapat menganggu tubuh kita..
    kata temenku itu,air mineral yang bagus itu adalah AQUA…karna kadar mikrobanya sangat rendah…
    sekedar ngasih tau aja..bukan sok tau…

    — — —
    *Saya dengar memang begitu mas. Tentunya merek terkenal lebih hati2 dalam proses produksinya

  16. thanks infonya, nah kalau dibandingin air murni bukan mineral??

    — — —
    *air murni yang belum tercemar seperti sumber mata air di gunung rasanya lebih segar

  17. Kebutuhan utama manusia selain makan adalah minum.

    Air…

    wah bisa panjang juga yah urusannya bila kita bicara mengenai air ini.
    Apalagi kebutuhan air ini sangtlah penting.

    banyak kosa kata baru mengenai air yg baik untuk dikonsumsi ini.
    Seperti Membran Ro, hmm…

    — — —
    *kita semua membutuhkan air yang sehat, bukan air yang tercemar

  18. semoga kita bisa mendapatkan air bersih dan sehat… syukur-syukur bisa juga mendapatkan gula, teh, syrup, susu, dan es batu… tambah sedep… hehehe….. salam sukses…

    sedj

    — — —
    *ha.. ha.. malah dapat untung kalau dijual lagi sebagai minuman segar…

  19. Kan kalau dimasak otomatis zat-zat kimia berbahaya dan juga kuman/bakteri bakal mati. Jadi sama saja tidak apa-apa kan?

    — — —
    *Yang bakteri dan mikroba iya. Tapi kalo zat besi, kapur, asam apalagi mercury tetap tak bisa dinetralkan kalau cuma sekedar direbus. Sama seperti air laut direbus tetap saja asin…

  20. jadi inget obrolan dengan teman tentang warung sebelah, denger-denger katanya kalo bikin mie pake air yang gak bersih dari bak mandi!

    *wtf! padahal saya sering beli mie rebus di warung itu….

    — — —
    * sama juga dengan es batu, jangan dikira pembuatan semua es batu di pabriknya itu airnya dari sumber yang bersih.

  21. kalo air yang dari PAM (perusahaan air minum) kira kira baik ngak yah…. apakah memakai filter tesebut…..
    solanya rasanya rada gimana gituh…..

    — — —
    *kalau air PAM pake kaporit

  22. kalo minum air PAM (mskpun sdh dimasak) kok rasanya kurang sreg ya.. soalnya kdg ada rasanya.. Klo air suling isi ulang yg dijual umum itu aman gak ya?

    — — —
    *air isi ulang seharusnya juga perlu uji klinis di lab untuk memastikan aman ataukah tidak

  23. yang penting air itu layak minum dan lebih lagi kalau itu fresh water…

    — — —
    *air bening 3T (tidak berasa, tidak berwarna, tidak berbau) alias segar dan menyegarkan

  24. Sampai saat ini saya tidak terlalu memperhatikan soal Air. Untuk aktivitas sehari-hari menggunakan air PDAM, sedangkan untuk minum dari isi ulang galon.

    — — —
    *itu merupakan alternatif bagi yang kualitas sumber airnya jelek seperti tempat saya

  25. Sama kayak Deka, Bang. Selama ini ya teteup ngandalin PDAM (PAM) itu. Kalo buat minum sih air isi ulang yang kata kakak saya, “kalo bukan AQU*, nggak boleh ada dalam galon lebih dari TIGA HARI! Mesti dibuang… ganti!”

    God…😀

    Tapi yah… biarlah… au ah..😦

    — — —
    *ya, kita mesti berhati2 terhadap air yang kita konsumsi apapun jenisnya

  26. air yang melalui 5 tahap penyaringan pastinya bnar-benar baik untuk dikonsumsi, teman saya menggunakan air RO untuk terapi kista

    — — —
    *Terapi air, boleh juga tuh. Saya dengar memang ada kok pengobatan alternatif yang memakai air sebagai sarananya…

  27. untuk keperluan sehari-hari saya menggunakan air PDAM, untuk minum pake isi ulang ..🙂

    — — —
    *ternyata banyak juga ya yang melakukan hal serupa…

  28. saia mampir lagi kawan…makasih udah ikut berkomen di blog q……klo di desa q air tuh langsung dari mbeji (sumber air yang keluar langsung dari bawah akar pohon besar) jadi begitu segar dan sehat🙂

    — — —
    *bagi yang mencoba tentu bisa merasakan perbedaannya

  29. walah, kalo saiya kok lebih suka dengan air kendi alias kulkas jawa. Rasanya itu loh yang bikin nyeeessssss😀

    — — —
    *bener, rasanya mak nyesss, adem dan seger…

  30. baru tahu nih klo air RO itu yg bagus, slm ini saya minum pke air hujan, krn emang air yg ada dikita coklat dan keruh (air gambut) sehingga gak mungkin minum itu, sedang untk beli air Ro ga bisa krn jauuuuuuuuuh dari kota.

    — — —
    *Dulu saya pernah di kalimantan, untuk konsumsi beli air jerigenan. Air sungai tak bagus, perlu dijernihkan dulu. Itu pun hanya untuk mencuci, mandi dan bukan untuk diminum.

  31. Kualitas air yang kita minum menentukan kualitas kesehatan kita, makin sehat air yang kita konsumsi maka makin sehat pula tubuh kita..Sebenarnya jarang kita yang tahu kualitas air yang kita minum. Yang terlihat hanya tingkat kejernihan dan kebersihan secara kasat mata. Sehatkah air yang kita minum? nggak tahu deh..😀

    — — —
    *padahal kualitas air tanah kita ini sudah banyak yang tercemar

  32. salam kenal. maaf kalo saya ingin mempromosikan usaha saya di bidang air minum R.O kemasan galon. saya ingin mengajak kerja sama untuk menjadi agen air minum R.O. di sekitar bogor dan jakarta. Bagi yang berminat bisa hubungi saya di (0251) 996 88 67. HP 0878 7089 33 83. Untuk wilayah bogor galon bisa di pinjamkan dulu 10 galon untuk memastikan usaha ini bisa berjalan atau tidak. Kalo usaha ini berhasil galon beli dan harga air R.O bisa dikurangi lagi. Galon pinjam : harga air R.O Rp. 6000/galon. Galon beli : harga air R.O Rp.5000/galon. Harga jual air R.O Rp. 8000 – 9000/galon.

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s