Mana Yang Lebih Pas?

Ternyata susah juga membagi waktu antara ngeblog dengan pekerjaan. Dulu saya punya gurauan begini : “Pekerjaan jangan sampai mengganggu acara ngeblog”. Anda yang hobinya ngeblog berat pasti setuju deh dengan hal ini.

Lha iya, pas pekerjaan atau kesibukan tidak terlalu padat maka acara ngeblog pun akan lancar-lancar saja. Bahkan ngeblog terkadang dilakukan juga di kantor, sebagai selingan atas kejenuhan dari rutinitas bekerja. Meskipun hanya sekedar mampir ke blog tetangga, ternyata hal ini juga mampu membuat perasaan dan pikiran jadi lega. Terlebih lagi kalau sempat melakukan posting, blogwalking, kasih komen dan sebagainya, pasti lain deh rasanya.

Giliran pekerjaan bertumpuk, sibuk dan tidak bisa diselingi dengan aktivitas apapun jua, maka terusiklah acara ngeblog. Bagi saya, ngeblog yang setiap harinya itu bisa dilakukan sekitar satu sampai dua jam bahkan lebih akhirnya terbengkalai. Kalaupun sempat, itu hanya bisa dilakukan dengan mencuri-curi waktu yang serba sedikit. Jadi, terasa sekali repotnya. Di rumah atau di kantor, sama saja.

Di rumah badan sudah terasa capek dan mata pun rasanya sudah malas diajak bertatapan dengan komputer. Maklumlah, waktu juga sudah larut. Sepantasnya waktu di atas jam 10 malam digunakan untuk beristirahat setelah seharian bekerja.

“Pekerjaan jangan sampai mengganggu acara ngeblog” pun tidak relevan lagi.

Ketika waktu yang ada ternyata habis untuk menikmati pekerjaan secara serius, mencuri-curi kesempatan untuk ngeblog pun tak bisa terlaksana. Sempat juga terpikir, pekerjaan kantoran atau di dalam ruangan saja kesulitan curi-curi waktu buat ngeblog, bagaimana mereka yang bekerja di lapangan, yang kebetulan juga punya hobi ngeblog. Tentu repot sekali bukan? Apalagi yang pekerjaannya semacam sales dan lainnya yang menggunakan sarana transportasi. Bisa-bisa waktunya dihabiskan di jalanan.

Bagi Anda yang punya banyak waktu luang, tentu senang sekali bisa ngeblog sepuas hati. Boleh dikatakan kesibukan utamanya ya ngeblog itu sendiri. Anda yang ibu rumah tangga, mahasiswa, pengajar, pensiunan atau profesi lainnya yang tak terikat dengan waktu tentu punya banyak kesempatan untuk sekedar ngeblog.

Meskipun demikian, kalau kesibukan juga sudah bertumpuk saya yakin diantara Anda semua tentu sempat terpikir juga bagaimana caranya agar acara ngeblog tetap berjalan, bukankah begitu?

Bila sudah begini, akan terlontarlah sebuah pertanyaan mana yang lebih pas?

“pekerjaan jangan sampai mengganggu acara ngeblog” atau “Ngeblog jangan sampai mengganggu pekerjaan”

Kesimpulan saya, kalau bekerja ya jangan curi-curi waktu buat ngeblog. Dan kalau sedang ngeblog, ya jangan pula curi-curi waktu untuk bekerja. Maksudnya supaya semua tetap fokus dan tidak terbengkalai. Pas kan…??

Namun, bagaimana pun juga ngeblog tetap saja asyik dan menyenangkan. Kerja ada waktunya, ngeblog ada waktunya, dan istirahat pun juga ada waktunya.

Nah, bagaimana menurut sampeyan???

40 thoughts on “Mana Yang Lebih Pas?

  1. Kalau saya memang agak ngotot kak supaya di samping belajar tetap bisa online untuk meski sekedar menyapa sahabat

    — — —
    *tapi sekolah jangan keteteran, dipantau pak guru lho…

  2. Saya punya tulisan tentang ini mas, sudah lama saya buat, yaitu intinya bagaimana mengatur waktu antara ngeblog dengan pekerjaan utama. Intine, kabeh nek isa aja kether.😆

    — — —
    *betul pak Wandi, kalau bisa nikmati semua dengan manajemen waktu

  3. wah kalau saya mah ada-ada saja waktunya. lha wong aku ngeblognya pakai HP biar sedang bepergianpun tetap saja sambil sesekali buka blog. pada jam kerja saya kerja pas istirahat siang kan ada waktu buat ol hehe tapi saya bukan anak kantoran nih. saya cuma pekerja swasta biasa. dan ah kepanjangan hehe

    — — —
    *pake HP memang lebih dinamis, ngeblog bisa dimana saja.

  4. ya iya lah… ngeblog adalah hal yang asyik… tertawa sendiri, terpukau sendiri, senang sendiri, terkadang haru sendiri.. menccapai nikmat sendiri, mirip masturbasi… salam sukses… tetap semangat…

    sedj

    — — —
    *ha… ha… betul2 asyik kalau sudah begitu.

  5. ngeblog emang asyik. kalo lagi mood, satu minggu dapet lima tulisan. tapi kalo lagi males ya seminggu gak nulis. sayah kebanyakan nulis di kantor, di sela2 jam istirahat. jadi ga ngeganggu jam kerja, tapi kadang kalo lagi pengin banget nulis, ya, ngambil jam kerja juga😀.

    — — —
    *sama bang, saya kalau lagi pengen nulis ya tulisan harus jadi meski hanya konsepnya dulu

  6. klo saya sih masalah disiplin diri saja. pagi dan sore sdh saja jadwalkan utk ngeblog, selebihnya utk pekerjaan lain.

    — — —
    *kalau jam kerjanya sudah jelas bisa diatur ya gus kapan ngeblog, kapan kerja dan kapan istirahat.

  7. klo aku mencoba memfoto copy diriku jadi dua bisa nggak ya?
    biar bisa berjalan beriringan hehe…..
    pekerjaan tetap no satu je………

    — — —
    *Harus membelah diri dulu agar bisa jadi dua.

  8. wah kalau ngeblog jangan sampai mengganggu kerjaan deh kayanya… kerja demi anak istri… kecuali blognya buat ngasi makan anak istri…

    — — —
    *nah, itu… utamakan yang menjadi hajat hidup orang banyak (baca: keluarga)

  9. Disiplin waktu ???
    Halaman Putih kok ga putih ??
    hahahahah
    kata kata kang nahdi pas kopdar kemarin aku copas HALAMAN PUTIH kok ga PUTIH

    — — —
    *He.. he… ini cuma masalah merk aja kok Gus Ikhwan. Bukan berarti koran KOMPAS logonya juga harus dengan gambar kompas kan…

  10. salam sobat
    iya mas,ngeblog kan cuma mengisi waktu luang saja,jangan sampai mengganggu pekerjaan.
    yang lebih pas, ya pentingkan pekerjaan.

    maaf baru berkunjung lagi.

    — — —
    *saya rasa kita semua punya prioritas masing2 mbak, mana yang harus di dahulukan

  11. Selamat pagi semuanya apa kabar pagi ini? Ohya ini saya mampir lagi buat sekedar memper’erat tali silaturahmi kepada sahabat2 yang baik hati. Mudah-mudahan kunjungan saya kali ini dapat sambutan bangat dari Empunya blog ini. Oke salam adem ayem dan sukses selalu.

  12. Selamat sore mas. maaf nih berkunjung lagi seperti biasa menjalankan tugas rutin yaitu blogwolking sambil mencari info terbaru kalau-kalau ada. Kalau gak dapat info baru ya gak apa-apa dapat kunjungan balik mah dah ayem. Oke deh salam adem ayem murah senyum ramah tamah biar banyak di sukai sahabat2 baik hati dan tidak sombong hehe

    — — —
    *makasih banget atas kunjungan2nya mas udien…

  13. Kalo menurut saya ..
    Cari duit dulu baru ngeblog…
    Sambil melepas lelah.. 😛
    Nah buat yang dah buanyak duit…
    Ngeblog terusssss 😀

    — — —
    *Kalau dah tak perlu lagi cari duit ngeblognya tancap terus. Kecuali cari duitnya harus dengan ngeblog

  14. kalau buat saya pas semua mas…pas ngblog ya ngblog..pas ada kerjaan ya kerja…pas lg sm keluarga ya urusan kel..pokonya di pas-pas in deh…salam kenal….

    — — —
    *pas ada yang ngasih duit dapat duit, ini baru asyik… salam kenal

  15. kalau bisa begitu hebat, soalnya manusia itu makhluk dinamis dari sisi otak, dan sikap, jadi meungkin akan sangat sulit dilakukan jika tidak dibarengi dengan latihan untuk fokus, hehe, mungkin bisa di share hasil fokusnya disini? di tunggu, saya juga masih sering campur aduk antara keduanya…

    — — —
    *Saya rasa cuman masalah prioritas aja kok, karena bagi saya yang utama tetaplah pekerjaan pokok untuk menghidupi keluarga. Jadi fokusnya ke sana dulu, baru yang lainnya.

  16. yang terjadi sekarang heheheheh
    lebih mementingkan ngeblog dari pada pekerjaan ( jangan sampai deh )…..

    — — —
    *Kalau penghasilan utamanya bersumber dari blog???

  17. yang penting pekerjaan pokok kita dulu yang diutamamakan..
    ngeblog ibarat samapingan yang menghasilkan heheheh

    — — —
    *ya, mendahulukan yang lebih diprioritaskan. Begitu kan pak???

  18. Saya meyakini diri sendiri saja.
    “ngeblog jangan sampai mengganggu pekerjaan”, karena saya masih mencari sesuap nasi dari pekerjaan pokok saya. Belum mendapatkan recehan dari blog.
    Jika sudah sampai pada level mendapatkan penghasilan dari blog mottonya mungkin akan berubah. Pekerjaan jangan sampai mengganggu ngeblog….(halaaahhh…binung sendiri….)

  19. Wah sama kita berarti pak.
    Meluangkan waktu utk ngeblog, blogwalking ke teman2 itu takes time sekali ternyata. Minimal 2 jam harus di depan pc. Tp bisa sih diatur sekalian pada hari2 tertentu saja. Paket hemat hehe…

    — — —
    *wah, kok bisa sama ya mbak????
    Tapi pengaturan waktu tetap penting agar kita bisa menikmati asyiknya ngeblog tanpa mengesampingkan pekerjaan pokok

  20. Hemm,,betul sekali kalo pekerjaan sedang sibuk,aktivitas apapun jadi terbengkalai.. Yang penting manajemen waktu kita dan manajemen blog kita… Salam kenal..

    — — —
    *namun jika kesibukan pekerjaan tetap menuntut perhatian khusus tentu ada ngeblog yang dikalahkan.

  21. Saya malah keteteran ama duit buat bayar warnet. Soal kerja bisa diatur, lha soal bayar ngenet… lier. Ngeblog kan butuh waktu khusus bagi saya, karena kerjaan saya jauh banget dari yang namanya online. Hiks….
    Salam
    ALRIS

    — — —
    *Butuh manajemen keuangan pula kalau kita ngeblognya lewat warnet atau bayar tagihan. Kalau sampe jebol bisa berabe hajat hidup orang banyak yang kita tanggung

  22. kalo saya sih mas dua2 nya aja dijalanin.. kalo lagi bete sama kerjaan ngeblog ato ga blogwalking… hehehhe. btw thanks udah mampirr jika di perkenankan tukeran link ya.. link mas sudah kupasang
    berharap link back ke http://elizer.web.id hehehhe

    — — —
    *itu yang sebenernya diharapkan, bisa berjalan beriringan.
    linknya dah terpasang kok…

  23. Saya ngeblognya bisanya juga pas kerja mas, memanfaatkan hotspot di tempat saya bekerja, biar gratis😀 lebih sering pas jaga malam karena pasien yang datang biasanya sedikit jadi ya bisa lebih leluasa.

    — — —
    *memanfaatkan waktu daripada bengong, lumayan juga tuh ngeblog gratis

  24. kirain yang ngerasa gitu cuman diriku saja
    ternyata banyak yang kayak diriku
    tosss boss
    kita senasip

    — — —
    *di luar sana banyak yang senasib dengan kita mas.

  25. mana yg jadi prioritas, itu yang didulukan, gtu aja kok freeport… (hehehe…^^)

    — — —
    *semua ada prioritasnya…

  26. kalo aku boleh ngasih saran pekerjaan adalah yg terutama blog ibaratnya seperti olahraga jadi kalo mendesak ya dikurangi aza aktivitas ngeblognya.
    setuju gak teman teman ?

    — — —
    *Benar, begitu yang seringkali saya lakukan.

  27. Blogwalking tidak dilarang, apapoen bentoeknja, jang pasti oetamakan pekerdjaan.
    Dan pasti ada deh waktoe boeat nge-blog.

    — — —
    *benar mbah, mestinya ada satu hal yang diutamakan.

Silahkan Berkomentar

