Hati-Hati Naik Motor Sambil Merokok…!!!

Apakah Anda seorang perokok?

Kalau Anda seorang perokok, maka Anda perlu berhati-hati agar tidak merokok secara sembarangan karena hal itu dapat membahayakan diri Anda dan juga orang di sekitar Anda.

Bukan masalah kesehatan atau asap rokok yang jadi pokoknya. Itu sudah banyak dibahas oleh pakar kesehatan. Begitu juga pemerintah yang sudah memperingatkan bahayanya merokok melalui peringatan tertulis yang terdapat dalam bungkus rokok. Jadi saya rasa tak perlu lagi deh dibahas di sini.

Lalu, bahaya bagaimana yang dapat terjadi dalam hal ini?

Ada kejadian nyata yang barangkali bisa menjadi referensi kita semua untuk bertindak lebih berhati-hati lagi sehingga nantinya tidak berakibat fatal bagi diri sendiri maupun orang lain.

Seorang warga Bekasi, Andi Susanto harus menjalani perawatan di rumah sakit oleh luka serius yang dideritanya akibat ia merokok. Peristiwa mengejutkan terjadi, saat rokok yang sedang diisapnya tiba-tiba meledak. Akibat ledakan tersebut, lima gigi Andi copot dan mulutnya harus dijahit dengan beberapa jahitan. Polisi setempat masih menyelidiki insiden aneh tersebut.

Kombes Herry Wibowo, Kapolres Kabupaten Bekasi mengatakan bahwa ledakan rokok masih misterius dan perlu penyelidikan lebih lanjut, apakah memang dari rokoknya atau ada sebab yang lain. Yang jelas bukan mercon yang diisap Andi.

Insiden itu terjadi saat Andi Susanto membeli rokok berwarna putih di warungnya Bu Panji, tetangganya. Andi yang seorang satpam itu mengisap rokok yang ketiga sambil naik motor menuju kantornya. “Rokok tiba-tiba saja meledak,” sebut saksi yang melihat kejadian itu. Andi mengalami luka di sekitar bibir dan dirawat secara serius.

Meledaknya rokok saat diisap ini menjadi misteri tersendiri bagi polisi Bekasi. Polisi pun sudah melakukan pemeriksaan termasuk memeriksa tangki motor yang dikendarai Andi, tapi tak ada apa-apa. Demikian diungkapkan oleh Herry.

Tangki motor itu perlu diperiksa untuk menjawab pertanyaan, apakah uap bensin menjadi pemicu rokok yang sedang diisap Andi sampai meledak. Sebab, saat mengisap rokok, Andi memang tengah mengendarai motornya.

Kejadian berbeda pernah juga dialami tetangga saya, sebut saja Dian, saat mengendarai motor di jalan raya. Hanya saja peristiwanya disebabkan oleh ketedoran orang lain yang sesama pengendara motor.

Waktu itu Dian sedang berangkat menuju kantornya sekitar pukul tujuh pagi. Di depan Dian ada seorang pengendara sepeda motor yang sedang merokok. Mungkin karena rokoknya sudah habis, tiba-tiba saja pengendara yang ada di depan Dian itu melemparkan begitu saja rokok yang tinggal puntungnya secara sembarangan. Puntung yang masih ada baranya itu pun meluncur terbawa angin kearah Dian dan mengenai kain slayer (penutup hidung) yang dipakai Dian. Kain pun langsung menyala dan menjalar hingga ke bajunya.

Spontan saja Dian terkejut dan panik. Saksi mata yang melihat kejadian tersebut mengatakan, Dian tak bisa menguasai motornya akibat nyala api yang kian membesar terhembus angin dan mengakibatkan Dian jatuh terguling. Motor Dian pun terbakar, namun tidak sampai meledak. Orang-orang di sekitar kejadian pun ramai-ramai mematikan api.

Akibat kejadian tersebut, Dian mengalami luka bakar di bagian leher dan dada yang membuatnya harus opname di rumah sakit selama satu minggu. Sementara pengendara motor yang melemparkan rokok tadi tetap melaju tanpa mengetahui apa yang sudah terjadi di belakangnya.

Kita bisa melihat, kedua peristiwa berlainan di atas yang kelihatannya sepele, ternyata dapat membawa akibat fatal bagi diri sendiri dan juga orang lain. Hanya karena sebatang rokok dari orang yang tak berhati-hati, mampu mengantarkan korban menginap di rumah sakit selama beberapa hari.

Nah, apa pendapat Anda dalam hal ini?

46 thoughts on “Hati-Hati Naik Motor Sambil Merokok…!!!

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Jadi perokok aja sudah membayakan kesehatan apalagi jika ngerokoknya sambil naik motor

    — — —
    *yang ini bisa2 membahayakan orang lain juga

  2. merokok sambil naik motor saja sudah bahaya buat diri sendiri, kan bakalan sering pegang setang motor hanya dengan 1 tangan sementara tangan yang 1 lagi pegang rokoknya..

    — — —
    *Memang berbahaya, tapi banyak orang yang masih melakukan hal ini. Masih merasa aman2 aja kali ya

  3. hehehehe.. jadi kesepet deh gw.. tp gw maen aman koq.. pelan2 dan jalan disebelah kiri…. ga pernah ngebut cuys…maklum motor tua..

    — — —
    *pecinta motor tua to pak???

  4. bukan PETROMAXXX….😦
    Untung sih saya bukan perokok. Minimal dengan adanya kejadian seperti itu bisa menjadi pangeling-eling buat kita semua….

    — — —
    *ya, kita memang mesti berhati2 di mana saja.

  5. itu contoh dari para perokok yang mungkin saking ga sempatnya merokok di smoking area sehingga sambil naik motor pun dilakukan juga, padahal itu benar-benar membahayakan …

    — — —
    *lupa atau kebiasaan karena nikmatnya merokok,

  6. itu contoh dari para perokok yang mungkin saking ga sempatnya merokok di smoking area sehingga sambil naik motor pun dilakukan juga, padahal itu benar-benar membahayakan …

    — — —

  7. yang jelas jika berkendaraan jangan melakukan aktifitas lain selain fokus agar tidak terjadi hal-hal yang lainnya…

    salam kenal…

    — — —
    *betul itu mas…
    salam kenal juga dari saya.

  8. kesel juga mendengar orang sembarangan buang rokok, membahayakan orang lain selain merokok memang gak bagus buat kesehatan ternytaa juga mencelakakan.

    — — —
    *semua pihak mestinya harus hati2 dalam hal ini

  9. saya perokok sahabat tapi nggak pernah sambil naik motor nggak ada rasanya lebih baik sambil duduk santai dirumah nggak berbahaya kan. Terimakasih telah berkunjung salam kenal

    — — —
    *menikmati rokok tanpa membahayakan orang lain pak, setuju.

  10. Ya Allah semoga mengapa komen sy barusan menghilang? mudah2an komen yang ini muncul.
    Tolong periksa komen *s*p*a*m* ya! & keluarkan komen sy yag baarusan🙂

    — — —
    *masih dapat diselamatkan kok komennya.

  11. Mmmm…. jadi klo ngerokok berhenti dulu, trus menjauh dari motor, habisin rokok baru ngelanjut naek sepeda motor… He… salam kenal🙂

    — — —
    *he… he… gak kebalik tuh.
    Rokok matikan dulu dilanjut kemudian kalau sudah gak naik motor

  12. Bahaya juga ya, wah sy bingung, jadinya harus mengurangi naik motor atau mengurangi rokok?😀
    Salam kenal.

    — — —
    *Gak dikurangi juga boleh, merokok kan gak harus sambil naik motor mas.

  13. Berkendara memang sebaiknya fokus saja, jangan merokok dan menerima telk dan sms. berkendara kadang juga melamun, itu juga berbahaya sekali…

    salam.

    — — —
    *benar, hal seperti itu memang sangat berbahaya

  14. weeee… kalo itu yang sialan ya rokoknya… dasar lagi apes, misalnya ngrokok sambil duduk juga bakal meledak, hehehe… pabriknya harus ditindak… salam sukses…”

    sedj

    — — —
    *Pabriknya bertanggung jawab kalau ledakan memang dari rokoknya. Lumayan, bisa dapat ganti ongkos perawatan RS

  15. untung saya bukan perokok jadi tidak akan pernah mencoba merokok sambil naeg motor

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasih😀

    — — —
    *sambil duduk2 pasti juga gak bakalan coba

  16. saya juga bukan perokok tapi suka sebel juga ma perokok di sekitar saya yang seenaknya aja ngebul asap kemana mana. mana asapnya bau trs rambut dan baju juga ikutan bau. huh.. dasar ngak punya perasaan

    — — —
    *yang parah tuh di ruang AC juga tetap merokok, kasihan yang tak merokok.

  17. iya sebel banget kalo liat orang bermotor sambil ngerokok, aku pernah kena percikan api nya.

    — — —
    *saya pernah kelilipan abu rokok di jalan raya

  18. Memang kalau kita perhatikan banyak keanehan. lha naik motor kok sambil merokok…padahal dibutuhkan konsentrasi untuk melihat jalanan. Saya pernah melihat, seseorang naik motor sambil menekan tombol hapenya berkirim sms saat diperempatan jalan. Benar-benar keterlaluan deh.

    — — —
    *saya juga gak habis pikir, bahkan ada yang sms-an dengan santai di atas motornya yang sedang berjalan

  19. waduh…
    kok banyak orang yg gak suka dengan perokok yah…???
    No Komen wes…
    lam kenal yah…

    — — —
    *(khusus yang tidak merokok) rasanya bukan ndak suka dengan orangnya mas, tapi sama rokoknya itu lho…

  20. Alhamdulillah Saya (Budi Mulyono) bukan perokok. Emang yang paling nyebelin kalo ada perokok yang didepan kita… kadang abunya suka kena mata.

    — — —
    *bahaya lagi kalau masih ada apinya

  21. Akoe memang perokok, namoen ga ngeh kalow lagi gi perdjalanan, apalagi sambil mengendarai motor, lah wong di mobil adja gah njaman apalgi djoga mobil ber-AC

    — — —
    *lain orang beda yang dirasakan ya mbah???

  22. 🙂
    semua komentarnya bagus-bagus…
    semoga para perokok lebih memperhatikan dirinya dan diri orang disekitarnya…

    — — —]
    *betul, betul, betul (mode ipin)

  23. Kalau naik motor sambil ngerokok bisa berbahaya kayak gitu, berarti ngerokok sambil naik sepeda motor juga ya kak?

    — — —
    *ya begitulah, bisa berbahaya juga bagi orang lain

  24. wah kmarin lupa tidak merokok mbil naeg motor tapi sms mbil naeg motor sering heheh

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasih😀

    — — —
    *sama bahayanya lho…

  25. Sekalipun saya masuk kategori perokok berat ( 1 hari=3 bungkus ), tidak pernah saya naik motor sambil merokok. Lagian nggak ngerti megangnya…;)

    — — —
    *1 hari 3 bungkus? banter juga ya pak…

  26. kalo bisa sih bukan cuma merokok aja, jangan sambil sms, atau jangan sambil nelpon juga dimotor karena bisa membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

    — — —
    *betul, itu sangat membahayakan sesama pemakai jalan

  27. udah ada belum ya undang-undang tentang berokok sampil naik motor? abunya membahayakan otang yang dibelakangnya. saya pernah mengalaminya iritasi sampai berhari-hari.

  28. bapak saya perokok, akibatnya baju dan celana yang sering dipakainya jdi bolong-bolong kena rokoknya sendiri…

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s