Kenali Dan Kelola Bakat Anda

Setiap orang mempunyai bakat yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Tetapi terkadang kita bingung dalam mengenali bakat yang ada pada diri masing-masing. Banyak diantara kita tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk menemukan bakat terpendam ini.

Sebenarnya seseorang bisa dengan mudah menemukan sesuatu yang unik dalam dirinya kemudian dikembangkan menjadi satu pilihan kegiatan. Dari kegiatan itulah biasanya bakat seseorang bisa digali. Kalau masih bingung juga dan belum mengerti bagaimana menemukannya cobalah ikuti petunjuk singkat di bawah ini :

  1. Siapkan sebuah buku catatan dan tulis apa saja kegiatan yang dirasa senang untuk dilakukan dan sering mendapat ujian dari orang lain.
  2. Catat kekuatan atau kelebihan yang dimiliki dalam satu kolom, kemudian buat verifikasi mengapa itu menjadi suatu kelebihan pada kolom lain. Setelah menemukan sekitar 10 kelebihan kemudian tentukan prioritas dari yang 10 itu.
  3. Sering-sering bertanya pada diri sendiri tentang apa saja yang menjadi prestasi atau kepandaian terbesar selama ini.
  4. Perhatikan jenis kecerdasan atau keahlian yang ada di bawah ini mana yang terbaik dan mampu dikuasai.

Jenis keahlian dan kecerdasan tersebut antara lain :

  • logis matematis, seseorang senang menganalisa masalah dan berstrategi
  • spatial, cenderung menyukai dunia artistik dan suka mengatur obyek
  • musikal, sensitivitas yang tinggi terhadap irama dan tempo
  • linguistik, pandai dalam bersilat lidah dan mendongeng atau bercerita
  • bodily-kinesthetic, bakat olah tubuh yang luar biasa
  • interpersonal, terampil dan mudah bersosialisasi dengan orang lain
  • naturalis, suka dengan alam bebas dan berupaya melindunginya (pecinta alam)

Analisa faktor-faktor di atas, kira-kira sudahkan Anda dapat mengenali bakat yang ada pada diri masing-masing, adakah sesuatu yang unik dan istimewa pada diri Anda?

Nah, kini Anda tinggal mengelola dan mengembangkan bakat tersebut jadi lebih meningkat dan semakin berkembang lagi.

Satu dari beberapa bakat yang telah disebutkan di atas pasti sudah Anda miliki , bahkan telah Anda kuasai dengan baik. Dan itu terungkap melalui tulisan-tulisan di blog Anda yang selalui diperbarui secara berkala dengan berbagai topik, ragam dan ulasannya. Itu saja cukup untuk menunjukkan bahwa dalam diri Anda ternyata ada sesuatu yang unik dan istimewa.

Bukankah demikian???

29 thoughts on “Kenali Dan Kelola Bakat Anda

  1. Tetapi kadang orang lebih menyukai bakat orang lain dan mengidolakannya, sedang bakat diri sendiri malah terkubur. Contohnya, betapa banyak orang yang menyukai sepakbola, padahal dia sendiri tidak punya bakat sepak bola.

    — — —
    *Mestinya orang bisa lebih menggali bakatnya, siapa tahu ia justru melebihi orang lain dalam bidang yang berbeda

  2. bakat itu biasanya otomatis menjiwai. meski tak belajar tapi bisa dgn mudah di pelajari.

    — — —
    *kalau memang berbakat sejak lahir hanya dengan sedikit belajar saja sudah bisa menguasai

  3. wah menarik nih. saya tertarik dengan seni, apakah ini bisa dijadikan indikator kalo saya berbakat di bidang seni juga?

    — — —
    *ketertarikan biasanya merupakan langkah awal untuk lebih berkembang di bidang tersebut

  4. lha kelebihan diriku adalah : tidak mempunyai kelebihan je

    — — —
    *tapi bukan merupakan suatu kekurangan kan, setiap orang pasti punya keunikan masing2…

  5. alangkah baiknya kita mengenali kelebihan kita dan kemudian asah dan dikembangkan

    — — —
    *benar mas ciput, barangkali akan berguna pula bagi orang lain nantinya

  6. hmmm bakat saya apa ya….? kira2 kalo baca2 artikel di blog saya bisa ga ya menyimpulkan bakat saya apa sebenarnya….? heheh…

    — — —
    *coba saja dulu dikenali apa yang menjadi hobi selama ini

  7. Wah . .
    kebetulan mas . .

    bakat saya komputer dan internet . .

    jadi selama ne . .

    saya dah kelola mas . .

    tapi udah termasuk kategori berhasil tw gak ya . . ??

    — — —
    *tentu dong, kalau memang mampu dikuasai dengan baik

  8. salam sobat
    trims mas,sudah diberikan petunjuk dan jenis keahlian kecerdasan.
    memang kalau kita mengenali terlebih dahulu keahlian atau kemampuan ,,akan dapat mudah melanjutkan ,,,karena itulah bakat yang dimiliki.

    — — —
    *orang berbakat, hanya dengan belajar secara autodidak saja sudah mampu menguasai

  9. betul mas, kita harus mengenali kemampuan diri.
    kalo saya kayaknya selain suka ngomong, juga matematika, karena seneng ngerjain laporan keuangan..🙂

    — — —
    *bakat orang bisa saja lebih dari satu dan dapat dikelola secara berbarengan

  10. Benar, kadang kita lebih mengenal kemampuan orang lain, padahal kita juga mengenal kemampuan yg lebih

    — — —
    *itulah, sangat disayangkan kalau bakat terpendam tidak digali dan dikembangkan secara serius

  11. memang betul mas, setiap orang ada kelebihan dan kekurangan..kelebihannya tersebut ada bakat dia di dalamnya….salam kenal mas…

    — — —
    *betul sekali, bahkan ada orang yang mampu menutupi kekurangannya dengan kelebihan yang ia miliki

  12. Hhehehe, blog saya temanya beragam. Berarti saya punya bakat ya🙂

    Salam bentoelisan
    Mas Ben

    — — —
    *bakat menulis atau bakat ngeblog pak? he… he…

  13. Perlu juga menanyakan pada sobat kental, apa-apa yang jadi kelebihan kita🙂

    — — —
    *perlu juga itu, barangkali ada orang lain yang bisa melihat kelebihan kita.

  14. Assalaamu’alaikum

    Dengan mengenali bakat dan potensi diri, kita akan mampu beranjak setapak ke hadapan berbanding orang lain. Oleh itu, hargai apa sahaja kurnia Allah yang diamanahkan kepada kita untuk kita bersyukur dan menjadi manusia berjaya. Salam mesra sahabat dari Sarawak, Malaysia.

    — — —
    *benar ummi, karunia Allah dalam bentuk apa saja patut disyukuri

  15. Bakat, bagaimanapun harus dipupuk dengan berlatih. Kalau nggak, tuh bakal segera tenggelam. Contohnya nih, kalau kita pemilik blog merasa berbakat menulis, tentunya harus rujin membaca dan berlatih menulis. Kalau tidak, jamin deh blog kita akan segera jadi kenangan.
    Kalau ditanya orang masih aktif ngeblog? Jawabannya pasti, “Lagi males ah.”
    Makasih udah berkunjung ke blog saya.

    — — —
    *bener pak, latihan secara kontinyu diperlukan agar tetap terbiasa, konsisten dan tidak tumpul.

  16. Paham dengan kemampuan diri sendiri buat saya untuk memagari diri agar tidak menjadi orang yang sok tahu.
    Jika bicara bakat, mungkin di bidang olahraga olah raga yang paling menonjol. Tetapi tidak ada yang saya tekuni sepenuhnya, Sering juga ikut pertandingan Bolly Ball, Sepak Bola.
    Saat ini saya malah menjadi Wasit Futsal.

    — — —
    *Terkadang bakat yang sudah terlihat tidak ditekuni dengan sepenuhnya. Orang bisa saja terdampar pada bidang yang tidak disukainya sementara dalam bidang tersebut ia juga mampu menguasai. Pasti akan lebih mantap menekuni bidang yang disukai sesuai dengan bakat, kemampuan, keinginan dan cita2.

  17. kalau bakat dengan ketertarikan itu sama ga ya? soalnya saya kadang sangat tertarik dalam satu bidang tertentu tapi disisi lain saya merasa tidak berbakat untuk melakukan bidang itu, gimana ya???

    — — —
    *kalau berbakat pasti akan mampu menguasai dengan mudah

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s