Fungsi Perpustakaan

Sementara kalangan ada yang menganggap bahwa perpustakaan bukanlah suatu tempat yang begitu penting. Ia tak lebih hanyalah sebagai suatu pelengkap saja dari sebuah gedung atau perusahaan atau suatu lembaga. Ini dapat kita saksikan jika kita menengok ke sebuah lembaga pendidikan, misalnya di perguruan tinggi atau perpustakaan sekolah.

Masih ada saja suatu perguruan tinggi yang perpustakaannya belum dikelola secara baik dan memadai. Entah dalam pemilihan ruang/gedung, penataan koleksi, penyediaan sarana dan prasarana dll. Bahkan pengelolanya pun kadang banyak yang mempunyai latar belakang pendidikan bidang lain dibidang perpustakaan. Sementara yang berlatar pendidikan Ilmu Perpustakan jarang bahkan tidak ada sama sekali.

Terlepas dari adanya dana atau tidak untuk memenuhi semua itu, yang jelas keberadaan sebuah perpustakaan tidak bisa diabaikan begitu saja. Baik itu perpustakaan umum maupun perpustakaan yang bernaung di bawah lembaga tertentu. Sebab eksistensi perpustakaan dalam masyarakat dan para penggunanya atau sering pula disebut dengan user/pemustaka, mempunyai fungsi yang sangat erat dengan kepentingan mereka. Secara umum fungsi-fungsi tersebut dapat digolongkan menjadi :

1. Fungsi sebagai penyimpan karya manusia, khususnya karya cetak, karya rekam dan karya-karya lain yang didalamnya termuat berbagai informasi penting dalam berbagai bidang yang dapat digunakan untuk keperluan manusia.

2. Fungsi pendidikan, merupakan tempat belajar di luar bangku pendidikan (non formal) maupun tempat belajar dalam lingkungan pendidikan itu sendiri (formal).

3. Fungsi informasi, dengan menyediakan kemudahan bagi pemakai berupa akses yang cepat terhadap informasi yang tepat dan dibutuhkan dalam bidang apapun karena pada hakekatnya semua perpustakaan melaksanakan fungsi informasi.

4. Fungsi rekreasi, mempunyai peran penting dalam mendorong minat baca terutama pada waktu senggang dengan menyediakan bahan bacaan ringan dan bacaan-bacaan hiburan.

5. Fungsi kultural, merupakan tempat untuk mendidik dan mengembangkan apresiasi budaya masyarakat serta secara aktif mempromosikan partisipasi dan apresiasi semua bentuk seni dan budaya seperti yang sering dilakukan oleh Karta Pustaka Yogyakarta, UPT Perpustakaan UGM dan sejumlah perpustakaan lainnya

Jika melihat fungsi diatas maka tak heran bila ada pula sementara kalangan yang menganggap bahwa perpustakaan dan seluruh komponennya merupakan suatu hal yang sangat penting dan vital. Terutama bagi para praktisi pendidikan di perguruan tinggi. Karena dalam hal ini perpustakaan turut membantu melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Ada ungkapan yang menyatakan bahwa perpustakaan adalah jantungnya perguruan tinggi (pendidikan). Oleh karena itu jika ingin melihat tingkat kemajuan pendidikan di suatu perguruan tinggi maka lihatlah perpustakaannya. Demikian pula jika kita ingin melihat tingkat kemajuan peradaban suatu bangsa maka lihatlah perpustakaannya.

Iklan

34 thoughts on “Fungsi Perpustakaan

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Perpustakaan harusnya punya peran yang urgen sayang banyak diantara kita yang kurang peduli

    — — —
    *Betul mas, bahkan anggaran untuk mengembangkan perpustakaan pun minim.

  2. kalo saya lebih melihatnya ke fungsi edukasi mas…………

    — — —
    *fungsi ini lebih banyak diterapkan pada perpustakaan sekolah dan perguruan tinggi

  3. saya pernah melihat sebuah perpustakaan, bukunya masih dibungkus plastik. rapi alias tidak pernah dibuka. kalau seperti ini jantungnya gak jalan ya mas?

    — — —
    *Kalau seperti ini sih malah menghambat penyebaran informasi Bang…

  4. Di perguruan tinggi pengelolaaan perpustakaan sudah sy anggap mending, tapi di sekolah menengah sebagian besar masih jauh dari dapat dikatakan dikelola dengan baik.

    — — —
    *betul sekali, hal itu biasanya terkendala oleh dana

  5. kalau di perguruan tinggi atau di kota sih nggak mengagumkan mas, tapi kalau di desa atau balai desa gitu..nah ini baru mengagumkan dan mesti di motivasi agar masyarakat desa terfasilitasi dengan informasi2 ilmiah dll…tapi, saya tetap sepakat dengan point di atas

    — — —
    *program pemerintah sepertinya ada yang sudah mencakup itu melalui perpustakaan umum di wilayahnya tentunya.

  6. yeah.. pengelolaan pustaka sangat perlu.. kalau tidk perpustakaan akan jadi sarang laba2… salam kenal dri Pekanbaru Riau sobt.. 😀

    — — —
    *iya tuh, perpustakaan bukan gudang buku

  7. salam sobat
    saya banyak tahu fungsi perpustakaan ,karena baca artikel ini,,
    teryata banyak ya fungsinya,,
    duu tahunya hanya tempat menyimpan buku2 dan tempat membaca saja.

    — — —
    *Seiring perkembangan perpustakaan memiliki fungsi yang makin berkembang pula

  8. Begitu banyak fungsinya tapi bagaimana kita memotivasi diri kita agar terus membaca setiap harinya

    — — —
    *mari kita budayakan membaca mulai dari diri kita masing2

  9. fungsi perpustakaan yang ke 4 keknya susah diwujudkan di Indonesia karena habit orang Indonesiaaaa belum mengedepankan membaca sebagai salah satu bagian rekreasi 😆 salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    — — —
    *bacaan ringan yang menghibur mungkin lebih tepat untuk mewujudkan fungsi itu, karena biasanya sebagai pengisi waktu senggang

  10. perpustakaan… sesuatu yang selalu menarik hatiku..
    banyak manfaat, dan selalu terobsesi memiliki perpustakaan sendiri..
    nice post, salam sukses..

    sedj
    http://sedjatee.wordpress.com

    — — —
    *sama deh, saya juga suka baca2 buku terutama yang menarik minat

  11. waaaa kalimat yang ini mantafff mas… izin kutip ah.. 😀

    jika ingin melihat tingkat kemajuan pendidikan di suatu perguruan tinggi maka lihatlah perpustakaannya. Demikian pula jika kita ingin melihat tingkat kemajuan peradaban suatu bangsa maka lihatlah perpustakaannya.

    — — —
    *boleh, boleh…

  12. wah, betul banget tuh.. bahwa yang namanya perpustakaan itu penting tidak hanya untuk tempat belajar, tapi juga sebagai tempat ‘memelihara kultur/budaya”.

    bener juga ya…

    — — —
    *Tapi belum banyak perpustakaan yang mampu berfungsi sekaligus seperti di atas.

  13. Didaerah saya ada perpustakaan umum, tetapi koleksinya masih sangat sedikit, tapi lumayanlah dari pada nggak ada.

    — — —
    *menunggu perkembangan lebih lanjut itu pak, barangkali memang anggarannya yang belum memadai

  14. jaman sekarang perpustakaan bukan tempat utama sebagai referensi.. mereka memilih OL, dan MALL 😀

    — — —
    *beda orang tentu lain kesukaannya, kita bisa melihatnya dari situ…

  15. Perpustakaan emang bermanfaat . .

    selain bisa menambah ilmu . .
    perpustakaan biasanya tenang . .
    dan cocok banget tuk suasana belajar . .

    sekalian nich mas . .
    numpang promosi blog ke-2 saya
    gO-Oi

    — — —
    *di sejumlah perpustakaan ada disediakan ruangan khusus untuk belajar mandiri tanpa terganggu siapapun

  16. janjian bos ama temen apa pacar…. biasanya di pilem pilem gitu
    ooo iya buat pilem juga bisa bos di perpustakaan

    — — —
    *kenyataannya memang ada lho, perpustakaan dijadikan tempat kencan. Tak cuma di film atau sinetron

  17. Perpustakaan ini mau tak mau ada di setiap perusahaan…bahkan mungkin di setiap Divisi atau Departemen…
    Lha di rumah aja ada perpustakaan sederhana, koleksi para anggota keluarga, yang berbeda minat dan hobinya….

    — — —
    *ya, saya setuju Bu. Di Yogya, perpustakaan sudah mulai sampai ke puskesmas. Ini program pemerintah untuk meningkatkan minat baca masyarakat melalui berbagai bidang

  18. Setuju mas…. Cocok dengan pemikiran saya sebagai guru dan juga pengelola perpusatakaan………

    Nice post.. Salam hangat dari Balikpapan…

    — — —
    *Terima kasih banyak Bu…
    Salam dari Yogyakarta

  19. Nah kalau sudah gini gimana dgn kondisi perpus di negri ini?
    *mendesah*

    — — —
    *kita hanya bisa berharap perhatian pemerintah terhadap perpustakaan meningkat terutama dengan menyediakan anggaran yang memadai

  20. blogwalking….
    selamat siang menjelang sore…

    hehehehe…gud luck sll ea kang…

    salam sayank…

    — — —
    *makasih atas kunjungannya Mbak…

  21. perpustakaan adalah tempat untuk menimbah ilmu..
    kalau untuk saya perpustakaan adalah tempat yang nyaman

    — — —
    *nyaman dengan bacaan2 yang bermutu dan ruangan yang representatif

  22. Betul, Fungsi perpustakaan sangat bejibun, besar manfaat.
    Sebaiknya prpustakaan jangan hanya ada di PT & skolahan. Kalo bisa tiap desa ada perpustakaan agar SDM kita meningkat

    — — —
    *bahkan mungkin lebih spesifik lagi mas, setiap lembaga atau instansi perlu ada perpustakaan

  23. kadang jaman sekarang yang menjadi alasan untuk orang pergi ke perutstakaan adalah perkembangan teknologi

    salah satunya mbah google menjadi perpustakaan… dan terkadang pula terjadi penyimpangan karena kutipan kutipan yang terkadang mentah dari si mbah..

    jadi bukan alasana bahwa perpustakaan non digital menjadi alasan untuk dinomor duakan

    — — —
    *sesuai perkembangannya, perpustakaan masa kini banyak yang sudah tersentuh oleh teknologi. Layanan internet dan koleksi yang berbasis teknologi pun tak sedikit yang sudah dimiliki oleh perpustakaan

  24. Kalo masuk perpustakaan isinya lengkap dan selalu ada yang baru ya senang rasanya, tapi kalo kebalikan ya nggak senang

    — — —
    *Sudah seharusnya perpustakaan bikin betah pengunjung berlama2, kalo pengunjung gak betah itu perlu evaluasi tersendiri.

  25. Sepertinya tidak mungkin ada perpustakaan yang dapat memenuhi keempat unsur tersebut, sebagai contohnya pada Perpustakaan UI. Walaupun berhasil mengubah paradigma perpustakaan dan membuatnya menjadi lebih modern, tapi pada akhirnya malah menghilangkan fungsi utama perpustakaan sebagai tempat membaca karena terlalu ramai dan tidak kedap suara, sedangkan seseorang datang ke perpustakaan untuk mencari ketenangan.

    — — —
    *Kalau memang harus menyediakan semua fungsi maka perlu penataan ruang yang dibuat khusus untuk kepentingannya masing2, tapi ini pasti akan memakan tempat dan biaya yang tidak sedikit pula. Misalnya gedung dibuat menjadi beberapa unit, atau gedung bertingkat.

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s