Bahan Makanan Berkhasiat Di Sekitar Kita

Setiap hari, setiap waktu kita hampir selalu bertemu dengan bahan makanan yang umumnya diolah di dapur. Dari sekian banyak bahan makanan, ada sejumlah bahan yang memiliki khasiat obat untuk penyembuhan berbagai macam penyakit. Banyak khasiat yang perlu diketahui dari bahan makanan yang tersedia di sekitar kita.

Hal ini barangkali tak pernah kita sangka sebelumnya bahwa ternyata diantara bahan-bahan yang telah kita kenal itu terdapat kegunaan dan manfaat yang besar sekali dalam kehidupan. Bahkan di jaman Nabi Muhammad pun sudah dikenal penyembuhan dengan berbagai macam bahan makanan yang ada.

Sekedar untuk kita ketahui bersama, bahwa bahan makanan di bawah ini dapat dengan mudah kita temukan, diantaranya adalah :

1. Telur
Pada umumnya telur dimasukkan ke dalam golongan obat kuat yang sejajar dengan susu, madu dan rempah-rempah. Dalam sebuah hadits diterangkan bahwa seorang nabi pernah mengadu kepada Allah tentang kelemahan dirinya lalu diperintahkan Allah untuk makan telur (HR. Baihaqi)

2. Kurma
Sabda rasulullah SAW : Barang siapa bersarapan dengan 7 butir kurma maka ia tidak akan terserang oleh racun atau sihir pada hari itu.

3. Daun Pacar (inai)
Ditumbuk halus dapat digunakan sebagai penyembuh luka atau sakit kepala.

4. Cuka
Dicampur dengan daun jorong dapat menyembuhkan luka dan bila dicampur dengan gula untuk pengobatan demam

5. Madu
Madu adalah panas yang basah, sebagai penambah nafsu makan, obat batuk dan melegakan keluarnya lendir dari tenggorokan juga untuk penyakit lainnya.

6. Susu
Dapat menghilangkan gatal-gatal, menambah perkembangan sperma (ovum), menambah kesehatan otak dan perut, mempertajam ingatan, menggemukkan badan, penguat tubuh dan untuk meringankan penyakit-penyakit tertentu.

7. Daging
Memperbaiki sel tubuh yang rusak, menambah kekuatan, menjernihkan muka dan menambah stamina dan kesehatan.

8. Garam
Dalam sebuah hadits pernah disebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah mengambil air hangat dengan garam untuk pengobatan akibat kalajengking yang menyengat beliau.

9. Bekatul
Sebagai makanan tambahan bagi orang yang kekurangan darah dan penyakit lain, karena bekatul mengandung protein, lemak, karbohidrat, mineral dan vitamin-vitamin.

10. Bawang Putih
Sebagai antibiotic obat kumur, obat gosok yang bila dicampur dengan madu dapat menyembuhkan amandel, berok, tumor dan penyakit kulit.

11. Sari Apel dan Air Kelapa
Berguna untuk menghancurkan batu ginjal atau kencing batu

12. Buah Delima
Mengeluarkan batu ginjal, mengobati penyakit kaki bengkak. Kulit pohonnya untuk mengusir cacing pita dalam perut

13. Air Zam-zam
Sebagaimana sabda Rasulullah SAW : “Sebaik-baik air di muka bumi adalah air zam-zam. Air tersebut bisa menjadi makanan yang mengenyangkan dan bisa sebagai obat penyakit.”

Untuk komposisi dan racikan yang tepat dalam penyembuhan berbagai penyakit dalam hal ini ahli pengobatanlah yang lebih tahu.

Satu hal yang pasti ialah banyak bahan makanan berkhasiat lainnya yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, bermanfaat dan tiada pernah kita kira sebelumnya.

Iklan

31 thoughts on “Bahan Makanan Berkhasiat Di Sekitar Kita

  1. Kui sing nomer 2 rawine sapa mas? Mangstab, sip.

    — — —
    *rawine iki pak : Dalam Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim, diriwayatkan hadits dari Shahabat Sa’ad bin Abi Waqqash,

  2. Wuah hal ini yang acapkali tak dapat pehatian banyak warga. Atau mungkin tak mengetahuinya. Hehe salam deh buat keluar.

    — — —
    *belum tahu aja barangkali mas…

  3. salam sobat
    wah ternyata bahan makanan disekitar kita, berkhasiat juga ya,,
    trims sharingnya mas,,
    dulu saya tahunya air hanya untuk kehausan saja ,,ternyata bisa untuk menyembuhkan penyakit dan bisa menjadi makanan yang mengenyangkan.

    — — —
    *sekarang pun ada muncul penyembuhan dengan terapi air

  4. wah wahh baru nyadar saya, ternyata banyak banget yg kita anggap sepele eh berkhasiat juga 🙂

    — — —
    *semua itu tak kita sadari sebelumnya

  5. sekarang ini juga saya lebih cenderung memilih obat2an herbal daripada kimia, kecuali kalau kepepet… ^^ nice sharing….b*.^

    — — —
    *obatan herbal lebih aman dikonsumsi

  6. banyak orang yang malah minum suplemen2 gak jelas, walaupun sebenarnya makanan sehari-hari saja sudah berkhasiat…
    gara-gara kemakan iklan.. he he he

    salam kenal

    — — —
    *kalau 4 sehat 5 sempurna sudah mencukupi rasanya tak perlu yang lain2…

  7. ternyata disekitar kita banyak makanan berkhasiat
    mengenai daun pacar saya penasaran
    apakah betul-betul bisa menyembuhkan luka..soalnya saya belum pernah mencobanya?

    — — —
    *mari kita coba bersama2

  8. Sebenarnya bahan-bahan alami itu pada dasarnya memang banyak khasiatnya, cuma sekarang manusia lebih sering malas & suka memilih yg instan.

    — — —
    *tak mau repot2 tanpa memikirkan efeknya

  9. bekatul apa yah hehehe

    — — —
    *bekatul kulit beras (bukan gabah/sekam) hasil proses penggilingan urutannya gabah — dedak — bekatul — beras

  10. Saya sampai sekarang masih mengkonsumsi bawah putih, cuma karena baunya menyengat saya mengakalinya dengan direbus terlebih dahulu.

    — — —
    *memang harus diakali pak, biar baunya berkurang atau hilang sama sekali

  11. wah trnyata aq suka semua bahan makanan diatas alhamdulillah trnyata menyehatkan,,,
    tapi mw tanya bekatul tuh apaan ya??

    — — —
    *bekatul kulit beras (bukan gabah/sekam) hasil proses penggilingan, urutannya gabah — dedak (kulit luar) — bekatul (kulit dalam) — beras

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s