Ketika Sedang Marah

Marah-marah sering dialami oleh semua orang. Marah sering menimbulkan akibat yang kurang enak,  juga bisa berakibat buruk bagi kesehatan terutama pengidap penyakit tekanan darah tinggi. Kalau kemarahan tak terkendali tentu akan menggoyahkan kesadaran sehingga jiwa bergolak dan batin jadi tidak tenteram. Yang paling buruk adalah munculnya berbagai macam penyakit.

Seseorang yang tak mampu mengendalikan kemarahannya akan menunjukkan perilaku yang berbeda. Ada yang melampiaskannya dengan cara merusak, membanting piring atau barang apa saja, mengumpat, pergi dari rumah bahkan ada yang hanya berdiam diri tak mau ngomong atau berkata-kata.

Beberapa ciri-ciri orang yang tidak mampu mengandalikan emosinya :

  1. Berkata keras dan kasar pada orang lain.
  2. Marah dengan merusak atau melempar barang yang ada di sekitarnya.
  3. Ringan tangan pada orang lain, misal adik, teman, atau orang yang dianggap lemah
  4. Melakukan tindak kriminal, anarkis maupun tindak kejahatan lainnya.
  5. Melarikan diri dengan narkoba, minuman keras, pergaulan bebas, dsb.
  6. Menangis dan larut dalam kekesalan yang mendalam.
  7. Berteriak-teriak histeris.
  8. Dendam dan merencanakan sesuatu yang jahat pada orang lain dll.

Ada anggapan bahwa melepaskan kemarahan itu baik. Akan tetapi jika kemarahan itu dilepaskan dengan cara yang buruk tentu menjadi tidak baik akibatnya. Pada setiap orang yang sedang marah, maka energi akan terpancar dari dirinya. Luapan amarah yang tak terkendali dapat berdampak buruk baik terhadap diri sendiri, orang lain maupun lingkungan sekitarnya.

Jika kita melampiaskan kemarahan dengan cara yang tak terkendali, tanpa kita sadari bahwa sebenarnya itu tak ada gunanya sama sekali. Itu merupakan sebuah tindakan yang bodoh, tak menguntungkan. Pendapat orang bahwa dalam kemarahan selalu terkandung hal yang negatif tidak sepenuhnya benar. Sebab saat kita sedang marahpun tetap bisa melakukan sesuatu hal yang positif.

Di bawah ini ada beberapa tips yang dapat dilakukan saat kemarahan sedang melanda diri Anda. Walaupun prakteknya sulit dilakukan namun setidaknya bisa dicoba minimal mengurangi tekanan emosi yang sedang meluap.

Hal sederhana namun berguna bagi kita semua, dapat kita lakukan antara lain :

  1. Amarah adalah emosi dan emosi itu selalu hangat bahkan panas, karena itu dinginkan dengan kesejukan.
  2. Berkatalah pada diri sendiri “ Tidak ada gunanya aku marah-marah begini”. Cobalah untuk berdoa.
  3. Berkatalah dalam hati sepuluh kali yaitu “ Aku takkan marah, karena marah-marah tidaklah sehat”.
  4. Susun daftar yang menyebabkan kejengkelan dan emosi di hati dalam kertas.
  5. Pusatkan doa pada setiap kejengkelan Anda.
  6. Latih diri setiap akan marah. Biasakan untuk mengucapkan kata seperti di atas.
  7. Atasi perasaan mudah tersinggung sehingga mengendap ke dasar hati. Kalau sedikit-sedikit tersinggung berarti ada suatu hal yang tidak wajar dan perlu dicermati.
  8. Berdoa secara positif bagi orang yang menyakiti hati
  9. Bagi penganut agama Islam, ada baiknya berwudhu ketika marah menghampiri. Karena berwudhu dapat mendinginkan emosi yang sedang membara.
  10. Sharing, curhat atau menuliskan perasaan hati saat itu melalui blog merupakan langkah yang tepat sehingga perasaan menjadi lega karenanya.

Dalam pelajaran fisika khususnya tentang energi, kita masih ingat bahwa energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan namun dapat diubah bentuknya. Jika marah merupakan suatu bentuk energi, maka ia bisa diubah menjadi energi negatif maupun positif tergantung yang bersangkutan mau mengubahnya dengan cara apa dan bagaimana.

Apakah mau dilampiaskan dengan menghancurkan segala benda yang ada di sekitarnya ataukah mengubahnya menjadi sebuah karya yang berupa tulisan, lukisan, puisi, curhatan, postingan, sharing dll. Sama-sama lega namun beda hasilnya.

Iklan

31 thoughts on “Ketika Sedang Marah

  1. betul, marah yang berlebihan dan tidak dapat dikendalikan akan sangat berbahaya.. banyak kasus kriminal yang bermula hanya dari kemarahan, dimana si pelaku kejahatan tidak dapat mengendalikan diri.. tips2 di atas sangat berguna buat mengendalikan diri yang sedang diliputi amarah

    — — —
    *kemarahan yang kecil saja bisa berdampak besar, apalagi yang benar2 tak terkendali

  2. (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    Setuju, Pak. Kemarahan bukan untuk dihindari atau dihilangkan. Tetapi lebih jauh bagaimana cara kita memanage dan memanfaatkan emosi tersebut menjadi tindakan yang baik buat kita, orang lain dan lingkungan.

    — — —
    *itu semua mungkin dilakukan, tinggal bagaimana diri kita masing2

  3. menguasai diri dan maah sangat sulit. Marah mengurangi umur dan menyebabkan ketuaan.

    Mengapa kita tidak tersenyum saja, dalam kondisi marah

    — — —
    *betul, senyummu untuk saudaramu bisa bernilai sedekah

  4. kemarahan adalah hal yang lumrah, karena kita manusia. kemarahan adalah salah satu bentuk emosi manusiawi. namun, jika ‘energi’ yang muncul tidak dimanage dengan baik, kemarahan justru merugikan orang itu sendiri, dan bisa jadi orang lain.

    marah boleh, tapi kita juga harus bisa mengendalikan marah itu.

    — — —
    *tiap orang pasti pernah marah, hanya saja pada tingkat yang berbeda2. Ada yang terkendali ada pula yang lepas kendali

  5. salamsobat
    benar mas kalau amarah tak terkendali seperti yg ditulis diatas..
    semoga kita semua bisa mengendalikan amarah dan emosi kita dengan mudah dan minta pertolongan ALLAH SWT.

    — — —
    *semoga saja Allah melindungi kita dari kemarahan yang demikian itu

  6. Marah juga salah satu bagian dari ekspresi setiap manusia,, namun marah bisa kita taruh dalam posisi negatif..

    karena dampak dari cepat marah adalah pada diri sendiri, yaitu bisa darah tinggi…

    hiii….

    yah… walopun agak berat meredakan marah, tp apa salahnya kita mencoba meminimalisir, tidak cepat marah dan emosi kan bisa bermanfaat baik bagi diri kita juga,, BetuL..??
    hehehe

    — — —
    *betul juga mas, kalau dalam marah saja masih ada yang positif apalagi kalau tak marah mestinya jauh lebih bermanfaat

  7. kalau gi marah.. diam diri sejenak… istighfar …. mencoba melapangkan hati dan jiwa… jangan manja terhadap diri sendiri… ^^

    — — —
    *benar, istighfar dalam diam insya Allah akan mampu membuat stabil emosi kita

  8. Salahsatu tips bermanfaat buat yang pemarah besar nih..
    Makasih

    — — —
    *semoga para pemarah bisa menjadi lebih lapang ya bang…

  9. hmmm saya tremasuk orang yang tidak bisa mengendalikan emosi hehe kalau soal dijalan raya doank tapi,, klo ada yang ngajak balapan sungguh tidak bisa sama sekali menolaknya hahha ini termasuk esmosi gak yaw,,,
    klo marah2 ma gak suka 😀

    — — —
    *kalau ngajak balapan berarti sebuah tantangan dong, tapi balapannya di sirkuit kan???

  10. Sebenarnya…yang benar-benar rugi adalah orang yang marah itu sendiri….tekanan darah naik dan pusing.

    — — —
    *nah, yang sudah ada tanda2 demikian harus hati-hati banget…

  11. orang yang suka marah cepet tua dan banyak penyakit..
    saya hanya bisa berdoa ketika belum marah..semoga bisa mngendalikan emosi..

    — — —
    *akan lebih baik mengantisipasi sebelumnya

  12. hheheh……koq tahu kalau blue kemaren kemaren dang marah?
    salam hangat dari blue
    but blue tak marah padamu,kawan

    — — —
    *ha… ha… sedang marah to mas Blue. Tapi sekarang dah gak lagi kan????

  13. sepakat mas, masih banyak hal -hal bijak yang harus kita lakukan selain marah. saya tertarik dengan point 7-9 mas……..salam hangat. terima kasih telah mengingatkan mas

    — — —
    *terima kasih pak, sama2, mari kita saling mengingatkan

  14. menajemen marah bisa meminimalisir tindakan dan kata-kata kasar, bisa lebih sabar juga. Makasih untuk sharing soal marah ini mas

    — — —
    *nah itu dia, kata2 sering keluar macam2 saat sedang marah

  15. cara menyalurkan rasa marah…. main futsall yuk 😀

    saat futsall kita teriak2 ga jelas .. asyik tuh untuk menyalurkan rasa marah :p

    — — —
    *tendang yang keras saat mau nge-gol kan bola kalau masih marah

  16. Saya gak yakin marah bisa melepaskan segalanya… Sorry beda ya sob… hehehe….

    — — —
    *memang tidak semua begitu, tapi tak sedikit orang yang marahnya langsung reda setelah bisa melampiaskannya

  17. memang kita harus pandai dan bisa mengendalikan diri, biasanya saat tekanan sedang tinggi – tingginya emosi gampang sekali keluar. Dan kita juga telah ajarkan bahwa tuhan itu mencintai orang – orang yang sabar

    — — —
    *intinya kita memang perlu mengendalikan diri (sabar) sehingga tidak berdampak buruk baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

  18. manusia biasa pasti memiliki nafsu amarah
    namun yang lebih penting adalah bagaimana kita memanage nafsu amarah menjadi kekuatan positif untuk berbuat baik

    jadi ingat satu kisah dimana seseorang datang kepada Rasulullah lalu memohon nasehat yang baik
    lalu Rasulullah menasehatinya “jangan marah”
    nasehart itu diucapkan hingga 3x

    — — —
    *benar sekali mas, itu yang mesti kita ingat baik2

  19. selamat pagi

    sekarang yang paling menjadi sarana kemarahan adalah update status FB / twitter, dan mungkin menjelekkan subjek yg membuat dia marah.

    kalo lagi apes, bisa dilaporin ke polisi dengan tuntutan pencemaran nama baik.

    kalo saya pribadi sih, berusaha menhilangkan rasa marah dengan melakukan BENGONG SAJA 😛

    terima kasih dan mohon maaf 😮

    — — —
    *orang punya cara berbeda dalam mengatasi marahnya

  20. marah itu mudah,semua orang bisa marah,tapi marah untuk alasan yg tepat belum tentu semua orang bisa melakukannya.

    kalo marah kita disarankan ambil wudhu dan sholat biar gak marah lagi,karena marah itu dari setan ,dan setan dari api,jadi air wudhu akan memadamkan api tersebut,insya Allah 😀

    — — —
    *benar sekali bang…

  21. yang jelas marah marah itu merugikan diri sendiri dan orang lain, apa lg sampai merusak dan melempar barang. Swperti anakkecil aja yang cari perhatian..benar ga…wkwkwkw Saya lebih suka intropeksi diri jika memang saya salah dan bertanya pada teman teman dekat.

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s