Bikin Sewot Aja

Banyak cerita dan pengalaman yang membuat orang sewot karena mempertanyakan sesuatu yang menjadi haknya. Misalnya makanan, hutang, kendaraan, gaji, barang berharga, ponsel bahkan hal lain yang sifatnya sepele. Salah satunya pernah saya alami, ceritanya begini :

Suatu hari seorang teman meminjam sepeda motor. Waktu itu masih jaman kuliah, tentu saja sepeda motor yang kumiliki sangat vital sebagai sarana transportasi dari rumah ke kampus yang jaraknya cukup lumayan. Temanku ini pinjam selama satu hari. Entah untuk keperluan apa, selama sehari itu pula motor tak ada bersama saya. Kebetulan, hari itu adalah hari Minggu alias hari libur bagi semua pegawai dan juga institusi pendidikan. Jadi kupikir tak mengapa liburan di rumah saja, tak pergi ke mana-mana. Kalau pun ada keperluan keluar rumah yang tak terlalu jauh bisa kutempuh dengan sepeda.

Akan tetapi, sampai sore hari temanku tadi tak juga nongol. Bahkan kabarnya pun tak ada, menelepon juga tidak. Kucoba menunggu sampai malam, namun temanku tidak juga datang. Aku sempat berpikiran juga kalau-kalau keperluan temanku sampai ke luar kota atau ada sesuatu yang terjadi padanya.

Ketika pagi tiba, temanku masih juga tak memberikan kabar. Padahal hari itu aku ada kuliah pagi dan untuk sampai di kampus dengan cepat, sarana transportasi yang pas adalah sepeda motor. Kalau naik bis pasti penuh sesak dan sudah pasti jalanan macet pada jam sibuk. Akhirnya kuputuskan tidak jadi kuliah pagi dengan pertimbangan yang sudah kupikirkan sebelumnya.

Siangnya lepas waktu dzuhur kucoba menemui temanku tadi di rumahnya. Jarak antara rumahku dan rumahnya cukup dekat, kira-kira 10 menit jalan kaki. Di depan rumah, sepeda motorku terlihat ada di sana. Ketika kutanyakan apakah keperluannya sudah selesai, ia menjawab sudah selesai kemarin sore. Kutanyakan lagi kenapa ia tak segera mengembalikan sepeda motor sore itu juga atau malam harinya, sebab esok hari kendaraan itu kupakai untuk berangkat kuliah.

Apa jawabnya?

“Malas ah, soalnya aku udah capek seharian, jadi sori aja sepeda motor aku tahan dulu di sini”, katanya dengan enteng.

“Khawatir banget sih, jadi orang jangan pelit-pelit amat lah, baru dipinjam satu hari aja udah kaya orang kehilangan barang yang diembat maling” lanjutnya tanpa perasaan bersalah.

Nah, lho…..! Siapa yang salah kalau sudah begini?

Dijelaskan pun rasanya tak ada gunanya lagi, karena sudah kuterangkan sebelumnya bahwa itu motor esok mau dipakai buat berangkat kuliah.

Kejadian tersebut tak urung membuatku sewot juga plus dongkol dll. Dia bukannya minta maaf karena telah membuatku gelisah menunggu, eh malah mengatakan aku orang pelit. Padahal dianya aja yang tak merasa dan tak tahu diuntung. Iya gak…?

Kacau dah nih, acara kuliah juga batal gara-gara sepeda motor.

Rasanya wajar aja to, mempertanyakan apa yang menjadi milik kita sendiri? Karena itu adalah hak kita yang tidak mengganggu kepentingan orang lain. Sudah ah, bikin sewot aja. Lagi pula ini sudah terjadi lama sekali, sebuah kejadian yang menjengkelkan.

Nah, pernahkah Anda dibikin sewot orang hanya karena mempertanyakan sesuatu yang menjadi hak Anda?

42 thoughts on “Bikin Sewot Aja

  1. hehehe, ini yang disebut kawan sejati super baik. Paling tidak kan kelakuan kawan itu sudah dikenali kan ya ?
    Ya udah, untuk selanjutnya harus lebih hati-hati dan tanggap sifat kawan sebelum meminjamkan🙂

    Salam bentoelisan
    Mas Ben

    — — —
    *gara2 kejadian itu saya jadi lebih hati2 hadapi dia pak…

  2. Wah ceritanya kenangan buruk kembali terngiang ya? Apa si teman tiba2 datang lg skrg ini? Itu tipe org tak tahu terima kasih & tak punya tanggung jawab, cukuplah sekali saja kejadian pahit sama dia. Besok2 jgn mau kalo dia ada perlu.
    Kalau saya, pernah jg dapat kej buruk tapi karena saya judes klo bicara, ga berani macam2 lg deh orangnya hehehe..

    — — —
    *gak juga seh, cuma lagi ingat kejadian yang tak menyenangkan aja kok…

  3. yah, namanya juga teman. mungkin dia masih membutuhkannya kali ya🙂

    — — —
    *iya mbak, tapi kalau sampai demikian kejadiannya repot sendiri jadinya

  4. wah..
    kalo saya mesti udah emosi tuh.. untungnya gak ngalamin🙂

    kebetulan, kakak saya pernah ngalamin. motornya malah gak dikembaliin mas. tapi diembat.. alias ilang. bukan diilangin ya. tapi dijual…

    trus temennya itu gak jelas juntrungannya.

    — — —
    *wah… wah… ini lebih parah lagi neh.

  5. Weleh, Mas. Aku juga dah pernah ngalami kaya gitu. Katanya pinjam sebentar, tapi sampai sore sy dicancang di kantor. Ketika kembali saya tanya, jawabnya juga enteng, “Maaf, Pak…!” Tapi ya masih mending ada maafnya.

    — — —
    *gak pikirin kepentingan orang lain pak kalau sudah begini.

  6. Memang sulit punya teman tak tahu diri…
    Biasanya saya akan menghindar …agar selanjutnya tak berurusan lagi sama dia, daripada serba salah. Dan orang seperti temanmu itu egonya tinggi, dia hanya melihat pada kepentingan diri sendiri, tak bisa melihat kebutuhan orang lain.

    — — —
    *dari kejadian itu saya akhirnya juga enggan berurusan dengannya lagi Bu…

  7. tak ada yang namanaya teman sejati..
    yang ada hanya kepentingan

    salam kenal ya..

    — — —
    *salam kenal juga neh,
    betul, kepentingan yang menguntungkan diri sendiri

  8. bener. temen yg begini bikin kita sewot…
    eh,. ujung2nya malah kta yg disalahin..
    lieurrr🙂

    — — —
    *sudah bersalah malah menyalahkan, lalu siapa yang salah ya?

  9. paling sebel kalau ada yang nelpon..ngakunya dari XL.. trus nagih tagihan internet… padahal pakenya 1 bulan.. kok ditagih 3 bulan… apa gak bkins ewot ituuh??? haha…

    — — —
    *kalau yang ini jelas sangat sewot mas…

  10. ya…. harus sabar….ya… konsep sabar menurut fisika yaitu kita belajar dar konsep tekana “P”-Pressure. Tekanan akan sebanding dengan besarnya dorongan (F ” Force”) dan akan berkurang seiring bertambahnya luas permukaan “A”. maka kalau kita mengalami tekanan hidup, maka berlapangdadalah dan terus berikhtiar.
    sahre aja, ga berniat menggurui. indahnya berbagi.
    salam kenal ya…link nya dah sy pasang di blogroll, bloehkan??

    — — —
    *makasih bang, tapi web addressnya kok gak muncul?

  11. Penah juga sih.. cuman anggap aja ini hikmah yang baik… Insya Allah jika kita mampu melewatinya Allah akan mengampuni dosa-dosa kita atas kejadian ini… Salam..

    — — —
    *insya Allah, amiiin

  12. salam sobat
    pernah mas,
    memang menjengkelkan ya, dibikin sewot orang hanya karena mempertanyakan sesuatu yg menjadi hak kita.
    tapi sabar sajalah.

    — — —
    *sangat menjengkelkan mbak, habis keperluan jadi tertunda bahkan batal

  13. Assalaamu’alaikum sahabatku

    Membaca tulisan sahabat…. aduuhhh…. bikin saya juga jadi resah menanti hak milik yang tidak kunjung tiba. Saya juga pernah mengalami hal sedemikian ketika meminjamkan buku kepada seorang teman. Dipinjamkan dengan kata harapan ‘sebentar aja”, rupanya sebentar itu jadi seminggu. pada hal saya sangat membutuhkan buku tersebut sebagai rujukan untuk “presentation”, akhirnya saya terpaksa mencari buku lain yang memerlukan masa untuk mendapatkannya.

    Alhamdulillah, setakat ini saya tidak pernah menyusahkan orang lain kalau mahu meminjamkan harta mereka. sesudah diguna segera dikembalikan kepada yang berhak kerana kita menegrti betapa penantian itu satu penyiksaan apatah lagi jika janji dipungkiri.

    Salam mesra buat sahabat dan didoakan bahagia bersama keluarga di sana.

    — — —
    *terima kasih banyak atas sharingnya Bu Fatimah, sedapat mungkin kita tak boleh menyusahkan orang lain

  14. pernah ngalamin juga mas, diladenin susaha didiemin hati dongkol… salah juga, mending disewotin sekalian toh ini tentang hak kita kan…

    — — —
    *betul, hak kita kok malah kita sendiri yang disalahkan,

  15. Pernah gak ya kita mengingatkan untuk mengucapkan terimakasih?

    — — —
    *na, harusnya begitu. bukannya terima kasih tapi malah nyalahin orang itu yang repot.

  16. terkadang, seseorang hadir menjadi sahabat kita untuk menakar kesabaran kita… mungkin inilah saatnya kita belatih bersabar menghadapi sahabat-sahabat kita yang bermacam karakter.. salam sukses..

    sedj

    — — —
    *thanks, itu merupakan salah satu ujian dalam sebuah pertemanan. Dan dari situ pula kita bisa melihat bagaimana karakter para sahabat kita

  17. Kunjungan malam Bang.. apakabarnya? semoga temennya ga bkin sewot lagi🙂

    — — —
    *Alhamdulillah, sewotnya dah gak lagi kok…

  18. Assalaamu’alaikum sahabat Halaman Putih

    Dengan hormat dan takzimnya, saya berharap sahabat sudi menerima AWARD PERKASA – KAU ADALAH YANG TERBAIK, sempena sambutan HARI BAPA di Malaysia pada 20 Jun 2010. Ia sebagai menghargai persahabatan dalam perkongsian ilmu di ruang maya dan mengenangi jasa para bapa dalam memperjuangkan kehidupan yang harmoni untuk kebahagiaan keluarganya.

    http://websitifatimah.wordpress.com/2010/06/21/20-jun-2010-selamat-hari-bapa-untukmu-malaysia-dan-indonesia/

    Salam mesra dari saya.

    — — —
    *terima kasih banyak, telah sudi mengirimkan award ke HALAMAN PUTIH. Insya Allah, diterima dengan senang hati

  19. Pengalaman…
    suka dukanya selalu jadi kenangan,.. ia menjadi pengingat bagi kita dalam melanjutkan langkah di hari ini hingga kemudian hari,
    “Setiap hal yang terjadi dan kita alami pasti ada hikmahnya untuk kita.”🙂

    — — —
    *setuju, semua pasti ada hikmahnya

  20. banyak lowh orang2 yg menjengkelkan didunia ini… (hehehee =P ) akan sangat berasa pas kita berada ditempat umum ( sering banget ngalamin ). seribu satu macam dah yg bikin jengkel, tp ya mo gmana lagi, apalagi kebanyakan tuh sumbernya dari mereka2 yg (maaf) mungkin berpendidikan kurang cukup.
    susah lah, ujung2nya ya… tarik nafas deh… hahaa ^^

    — — —
    *serba salah, serba susah…

  21. I get notifications about blog feedback on myspace, but nothing to approve (no remark)? My buddy keeps trying to post a comment on my myspace weblog. I get an e-mail saying I got one, but when I click to go to the page to approve it, there’s nothing. It says ‘no notifications’.

  22. Must I put whitewall tires on my 1992 Buick Regal Custom Coupe? I’m wondering if I could get absent with putting whitewalls on this auto. I realize they did not come in the factory new like this, but I like the appear on this kind of car. I understand it is not an Eldorado or anything, but it’s related. Test the photographs (I am aware they are quite modest, but they’re all I could come up with). My Regal may be the identical color.

  23. How I can add a navigation method utilizing the exact same display display in my automobile? Hi..I have infiniti g35x 2007. There’s previously a coloured display which reveals some info concerning the car but has no navigation program.Can I convert or add a navigation system utilizing the same display?

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s