30 Tips Bagi Yang Takut Kegemukan

Seberapa takutkah Anda akan kegemukan?

Apakah saat ini Anda merasa gemuk atau berat badan semakin bertambah dari waktu ke waktu?

Sejumlah orang merasa tidak nyaman bahkan tidak percaya diri dengan badan yang gemuk. Berbagai upaya dilakukan untuk mengurangi berat badannya. Mulai dari cara yang sederhana sampai yang mengeluarkan biaya besar. Dan diantara mereka banyak yang tidak konsisten dalam menjaga diet penurunan berat badan sehingga hasilnya justru sebaliknya, badan semakin gemuk dan lebar.

Di bawah ini ada 30 tips sederhana yang dapat dilakukan kapanpun, dimanapun, dan bisa dilakukan mulai saat ini juga. Tips ini saya rangkum dari berbagai pengalaman sederhana sejumlah orang yang melakukan diet penurunan berat badan antara lain :

  1. Berhenti mencari-cari alasan, mulailah makan dengan makanan sehat dari sekarang

  2. Belajar menolak secara sopan, bila Anda tidak menghendaki hidangan yang disediakan

  3. Gunakan selalu piring yang lebih kecil karena hal ini akan membuat hidangan tampak lebih banyak

  4. Berhenti makan sebelum Anda merasa kenyang. Tinggalkan kebiasaan makan sampai kekenyangan

  5. Buat agar yang sedikit tampak menjadi lebih banyak, imbangi dengan minum air mineral

  6. Jangan terlalu berambisi, penurunan berat badan yang ideal hanyalah 0,5 – 1 kg perminggu

  7. Hadapi kenyataan, tanamkan pada diri bahwa jati diri lebih penting dari sekedar penampilan

  8. Jangan mengimbangi emosi dengan makanan karena hal itu akan membuat Anda tampak lebih gemuk

  9. Gunakan produk berkalori rendah, sedikit lemak

  10. Kenali masa rawan Anda, bila Anda ingin ngemil makanlah dengan buah-buahan

  11. Jangan menyimpan kue atau biskuit terlalu banyak sebab akan merangsang nafsu makan Anda

  12. Hati-hati dengan tambahan yang tersembunyi seperti gorengan karena dapat menambah kalori pada diri

  13. Miliki motto “kegemukan jangan sampai menghampiri diriku“ pada saat godaan makan tiba

  14. Sadari sepenuhnya apa yang akan Anda santap, jangan menuruti selera ingin makan

  15. Tuliskan semua yang sudah Anda makan pada kertas dan koreksi kembali menjelang tidur malam

  16. Jangan biarkan ketidaksengajaan kecil menjadi suatu kekurangan besar dan jangan gunakan keterlanjuran sebagai alasan kehilangan kontrol dalam cara makan

  17. Mulai dengan awal yang baik, minum dua gelas air putih sebelum makan pagi untuk membangunkan sistem tubuh

  18. Tempatkan potret Anda ketika dalam keadaan gemuk atau gendut

  19. Lakukan program diet Anda secara bertahap

  20. Jauhi makanan sisa dan segera singkirkan dari meja agar Anda tidak tergoda untuk makan

  21. Wujudkan apa yang paling Anda inginkan dalam penampilan sehari-hari

  22. Kenali sekutu Anda seperti kue, beras, roti dan kentang adalah makanan yang dapat Anda nikmati

  23. Makanlah cemilan yang berupa buah-buahan, sayuran dan lalapan

  24. Tentukan kapan dan dimana Anda makan juga tentukan apa yang akan Anda makan

  25. Hindarkan godaan-godaan untuk makan

  26. Makanlah sebelum pergi keluar rumah

  27. Berilah tenaga pendorong pada diri Anda dengan membakar kalori yang berlebih melalui olahraga

  28. Berhati-hatilah dengan hidangan prasmanan karena kebanyakan adalah jenis kalori tinggi

  29. Pastikan lebih dahulu pilihan Anda dalam menentukan makanan yang berlemak yang ingin Anda makan namun jangan berlebihan

  30. Makanlah makanan ringan sebelum Anda makan di luar dan hadiri pesta atau ke rumah makan dalam perut setengah terisi

Nah, apakah Anda punya pengalaman menarik dengan diet penurunan berat badan???

20 thoughts on “30 Tips Bagi Yang Takut Kegemukan

  1. wah proses pengen langsing ternyata rumit gini ya? Padahal aku ingin tidak gemuk seperti sekarang ini,

    — — —
    *bukannya rumit, namun ini merupakan sebuah rangkuman dari berbagai pengalaman orang lain

  2. Aihmak…. 1/2 – 1kg perminggu itu berat…… Kalau itu dikatakan idealnya, berarti kalau ga bisa turun, bisa sutres dong….😀

    — — —
    *tak usah pake sutres segala mbak, biasa dan santai aja…

  3. saya kebetulan ber “bodi” kurus kering (jiaaaah….!!) jadi ga bisa nerapkan tips ini ya😀
    ulasan yang menarik. salam kenal ya.

    — — —
    *kalau diterapkan juga bisa habis tu body he… he…

  4. Enema Kopiiii…..bukan hanya menurunkan berat badan, tapi juga menyehatkan.Hik.

    — — —
    *kurus tapi sehat, gemuk tapi sehat…
    yang utama adalah tetap sehat dan prima

  5. Sangat realistis… patut dipraktekan nih….

    — — —
    *coba aja deh dipraktekkan, tapi kalo body kagak gemuk mending gak usah aja dah…

  6. Sangat bermanfaat, terima kasih telah berbagi. Sayang prakteknya kadang tidak semudah yg dibayangkan… mudah2an bisa diterapkan.

    — — —
    *terkadang teori memang lebih mudah daripada praktek, tapi tak ada salahnya juga dicoba…

  7. sekarang saya malah lagi dalam posisi menaikkan berat badan…:mrgreen:

    — — —
    *semoga dapat yang ideal deh…

  8. saya justru ingin lebih gemuk, ada tipsnya ga? gimana cara ngegemukin badan???

    — — —
    *kebalikan dari tips ini bisa nambah gemuk

  9. Selamat pagi Halaman Putih, saya paling takut dengan kegemukkan, makanya setiap hari saya mengkomsumsi apel, melon dan pepaya, sampai bosan. Karena seumuran saya ini bisa cepat gemuk karena aktivitas kesibukkan dibelakang meja . Hanya ketika ke ladang saja bisa seliweran sana sini membersihkan kebun, tapi yang nyata saya bersyukur dapat tip kegemukkan ini, dan saya mulai membuang cemilan yang ada, trims ya ?

    — — —
    *Jaga makan dengan empat sehat lima sempurna dengan proporsional. Makan buah setiap hari insya Allah sehat.

  10. hm…
    walopun saya nggak gemuk, tapi saya juga takut jadi gemuk.
    bukan masalah soal penampilan mas.. tapi soal kesehatan. kebetulan saya emang punya jenis tulang yang tidak boleh terlalu diberi beban terlalu berat.

    — — —
    *penampilan penting tapi kesehatan tetap utama

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s