Jaga Kesehatan Mata

Mata adalah organ penting untuk menyaksikan keindahan dunia. Tanpa mata dunia menjadi gelap, warna-warni dan gemerlapnya tidak bisa kita lihat. Karena mata juga maka ada penjual kacamata, dokter mata dan berbagai asesoris lainnya. Beruntunglah kita yang dikaruniai mata sebegai indera penglihatan. Namun perlu diingat bahwa mata harus dijaga kesehatannya agar penglihatan tidak terganggu.

Perawatan mata yang baik memungkinkan kita untuk bisa berpenampilan menarik. Jangan sampai mata terserang penyakit yang membuat diri kita tak bebas lagi beraktivitas apalagi sampai mengalami kebutaan karena keteledoran kita dalam merawatnya.

Hasil penyelidikan dewasa ini membuktikan bahwa ternyata ada empat sebab utama kebutaan yang terjadi di Indonesia yaitu :

1. Xerophthalmia, mata rusak karena kurang vitamin A
2. Katarak, lensa mata keruh menghalangi penglihatan
3. Glaukoma, tekanan tinggi pada bola mata
4. Trachoma, infeksi karena virus

Selain itu masih ada penyakit berbahaya lainnya yang mempengaruhi kesehatan mata dan berujung pada kebutaan seperti Gonoblenorrhoe, kencing nanah, kecelakaan pada mata, kelainan refraksi, ablatio retina atau selaput jala terlepas, tumor dan penyakit degenerasi.

Usaha kita hanyalah mempertahankan kesehatan mata semaksimal mungkin agar dapat dihindari terjadinya sesuatu yang tidak kita inginkan pada mata. Berikut ini beberapa cara menjaga  kesehatan mata secara umum :

  1. Mengkonsumsi vitamin A secara cukup terutama yang terdapat pada makanan untuk menghindari bahaya Xerophthalmia. Penyakit ini banyak menyerang anak-anak usia pra sekolah yang gejalanya disertai dengan malnutrisi.

  2. Kebersihan mata harus selalu dijaga, jangan dibiarkan kotor agar tak mudah terkena infeksi

  3. Membiarkan anak-anak bermain dengan alat rumah tangga atau mainan yang tajam adalah tak bijaksana, karena alat ini dapat melukai mata dan menyebabkan kerusakan permanen.

  4. Bila terjadi kecelakaan pada mata atau kelainan segera periksa ke dokter spesialis mata

  5. Terlalu dekat ketika membaca atau menonton televisi juga tidak baik. Jika terjadi demikian maka anak perlu diperiksakan ke dokter mata karena kemungkinan anak menderita rabun dekat dan perlu memakai kacamata. Kalau rabun ini tak segera diperbaiki dengan kacamata maka mata anak kemungkinan tak akan bisa melihat walau kemudian hari diberi kacamata dan mata bisa menjadi juling.

  6. Memakai obat mata secara sembarangan bisa menyebabkan terjadinya kelainan akibat salah obat.

  7. Lindungi mata bila melalui tempat yang berdebu atau berasap karena iritasi mata mudah terjadi di tempat seperti ini.

  8. Bekerja dengan komputer yang terlalu lama dapat membuat mata lelah, istirahatkan mata beberapa waktu untuk merilekskan otot mata yang tegang. Monitor hendaknya dipasang filter yang mampu menahan radiasi sinar atau cahaya.

  9. Tak perlu memaksa diri untuk bekerja jika mata sudah lelah atau mengantuk.

  10. Jika Anda berkacamata plus atau minus, periksakan mata secara berkala untuk mengetahui apakah minus atau plus pada mata bertambah atau masih tetap.

Tentu saja kita sangat mengharapkan mata tetap sehat, normal dengan penglihatan yang terang dan jelas bukan?

Iklan

38 thoughts on “Jaga Kesehatan Mata

  1. wah, manfaat nih, secara sering banget di depan kompi….

    and mbaca kitab kitab….

    — — —
    *makasih mas,…

  2. ya apa lagi para blogger yang sering ngendon di depan kompiuter, harus selalu dijaga

    — — —
    *Ya, memang harus hati2 terlalu lama di depan kompie

  3. Tips yang bagus mas …,
    mengingatkan kita akan pentingnya indera penglihat itu, maha besar Tuhan semesta alam yang memberikan mata untuk kita ….

    — — —
    *semoga bermanfaat

  4. saya sering terlalu dekat dengan monitor kalo lagi di depan komputer.. soalnya enak jadi lebih jelas segalanya, tapi mata memang jadi lebih cepat capek.. harus mulai dibiasakan mundur nih..

    — — —
    *jaga jarak…

  5. Selamat pagi halaman putih, menarik sekali membahas tentang mata, karena memang baru-baru ini ada masalah dengan mata saya, sepertinya saya harus ganti kaca mata, terima kasih masukannnya harus periksa secara berkala, apakah karena faktor plus, minus, atau krn terlalu lama di depan computer ya yang pasti saya harus periksa ke dokter mata memang agak-agak buram krn setiap hari didepan monitor, sekali lagi trims info yg bagus.

    Regards, agnes sekar

    — — —
    *Benar sekali bu, akan lebih baik kalau kita mengantisipasi dengan pemeriksaan secara berkala sehingga tidak terlanjur berakibat parah karenanya.

  6. Ach iya, sebaiknya memang menjaga mata sejak dari awal.
    Kalay sudah plus atau min yang cukup tinggi baru mulai dijaga sepertinya sudah terlambat.
    (nasehat dari orang yang matanya sudah plus )

    — — —
    *makasih banyak atas nasehatnya bang…

  7. Sekali lagi terimakasih infonya dan salam hangat serta sukses
    Pak..pegang mana entar final ?
    Wakkaakkakakk

    — — —
    *wah, dah ketahuan pemenangnya bang…

  8. Mata sbg salah satu alat indra yg vital, saah satu Nikmat Allah SWT yg harus selalu disukuri, harus bener2 dijaga kesehatannya.
    terima kasih tipsnya.

    — — —
    *ya… ya…

  9. Sering kali kita sepele dengan mata ya. Kita lupa bahwa ini adalah indera terpenting yang harus kita jaga dan kita rawat…..

    — — —
    *Ya, melindungi mata dari debu di jalanan juga baik. Ini juga salah satu hal yang sering terlupa

  10. salam sobat
    artikel bermanfaat,
    saya jadi tahu 4 hal penyebab kebutaan mata.
    ngeri ya, kalau kita tidak menjaga kesehatan mata.
    wah keren tampilan baru templatenya mas.

    — — —
    *makasih banget mbak…

  11. terimakasih, mas Mufti..artikelnya bermanfaat..apalagi profesi saya sebagai fotografer, mata adalah salah satu modal utama… salam hangat selalu..

    — — —
    *benar sekali itu, tanpa mata para fotografer tak bisa mengincar bidikannya

  12. tambahan : jika hendak menggunakan lensa mata hendaknya memperhatikan aturannya 😉

    — — —
    *nah, apalagi yang pake lensa mata. Kalau tak hati2 dan sampai pecah saat ada di mata bisa dibayangin deh

  13. Tapi kok warna tulisan dari artikel ini agak membuat saya memicingkan mata..:)

    — — —
    *gak kelihatan ya mas??? tukang poto kan memang selalu memicingkan mata…

  14. selamat pagi.

    kalo saya gak punya mata, jadi gak bisa baca komik lagi.
    makasih atas tips anda ya.
    lumayan berguna.
    hehehe

    — — —
    *semoga bermanfat

    terima kasih dan mohon maaf 😮

  15. udah dua blog yang saya kunjungin bahas masalah mata…hihihihihi….mata saya jadi lelah….tengkyu infonya…

    — — —
    *lelah, berarti istirahat dulu

  16. Aku kalu sudah di depan computer selalu berjam-jam, mulai sore sekitar jam 6 sampai hampir tengah alam. Pedih juga sih tersa tapi akrena ayik dan senang akhirnya pedihnya itu dipaksa-paksain 😆
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    — — —
    *lupa karena saking asyiknya itu yang sering terjadi

  17. Nice info mas…
    Saya jadi kangen watu 4 taun lau gak pake kacamata.. keknya nyama banget.. makanya, yang matanya masih normal disyukuri tuh.. dengan cara merawatnya dengan baik.. 🙂

    — — —
    *betul sekali, pake kacamata rasanya sumpek

  18. terima kasih infonya..
    kebetulan saya juga bermata minus dan silinder, akibat dari kurangnya menjaga mata. sekarang nyesel dan berusha menjaganya takut hal yang menyeramkan terjadi seperti kebutaan misalnya.. jangan smpai deh hehe

    — — —
    *jangan sampai terjadi karena keteledoran sendiri

  19. Yo..pada jaga mata..! soalnya ga ada yang jual sparepart mata….

    — — —
    *biaya beli ke bank mata juga mahal

  20. wah terimakasih banyak untuk informasinya dan tipsnya sangat berguna sekali … apalagi saya setiap harinya paling tidak bekerja didepan komputer bisa mencapai 12 jam … jadi sangat penting utnuk menjaga kesehatan mata.

    — — —
    *mencegah lebih baik daripada mengobati

  21. Betul mas. Tanpa mata, sementara sebelumnya ada mata. Wah betapa menderitanya kita. Saya harus merawat dan meyayangi mata. Karna mata tak ada penggantinya. Tuhan maha pengasih..

    — — —
    *itu sebabnya kita harus selalu bersyukur

  22. kalo mata rusak karena banyak kena sinar infra red bisa juga kan?kyk kebanyakan nonton..

    — — —
    *iya, itu salah satunya mas…

  23. ah betul banget..
    saya juga punya minus, emang sudah waktunya untuk kontrol lagi 🙂

    — — —
    *tak perlu menunda-nunda, kontrol segera lebih baik

  24. This Is A Great Site Check

    Our Website Out Is A Totally Free Marketing And Links And Backlinks Site Check Out Our Website And Become A Fan On Facebook And Follow Us On Twitter We Have A Pretty Happening Forum To With No Restrictions To Post Stephanie

    — — —
    *thank you for comment in my post/em>

  25. Betul sekali mas isi artikelnya, saya juga sering kesakitan matanya mungkin karena tidak terlalu memperhatikan kesehatan mata saya dengan baik.

    — — —
    *berbagai sebab memang bisa membuat sakit mata kita

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s