Berbagai Mitos Perawatan Rambut

Rambut adalah mahkota bagi setiap orang terutama wanita. Rambut yang bagus, terawat dan bersih membuat orang akan mengaguminya. Namun ada banyak mitos yang dipercaya oleh banyak orang. Seperti menyikat rambut 100 kali semalam menyehatkan karena rambut menjadi bersih, potong rambut secara berkala membuat rambut lebih cepat tumbuh dll.

Benarkah demikian? Mari simak fakta-fakta yang benar di bawah ini.

1. Potong rambut secara berkala membuat rambut tumbuh lebih cepat
Rambut tumbuh setengah inci per bulan, apakah dipotong ataukah dibiarkan tumbuh panjang tidak mengurangi panjang pertumbuhannya. Rambut mungkin lebih cepat tumbuh di musim panas, namun tak ada hubungannya dengan pemotongan. Pertumbuhan rambut lebih berkaitan dengan hormonal tubuh. Semakin sering potong rambut malah membuat rambut cepat pendek.

2. Stres bisa membuat rambut rontok
Meski rambut Anda rontok setiap waktu sekitar 50-100 helai per hari, stress tidak menyebabkan kerontokan pada rambut. Kehamilan atau konsumsi antibiotik memang bisa memicu kerontokan rambut, namun setelah periode itu berlalu rambut akan kembali tumbuh seperti biasa. Kemoterapi memang bisa menyebabkan rambut rontok.

3. Sering berganti sampo membuat rambut lebih sehat
Para ahli menentang mitos ini. Rambut tidak dapat mengetahui perbedaan merek atau membangun toleransi terhadap bahan-bahan dari produk yang berbeda. Untuk jenis rambut berminyak atau yang sering diolesi produk pengeras yang mengandung lilin maka membersihkannya dengan sampo minimal seminggu dua kali.

4. Jika mencabut satu uban, akan tumbuh dua atau tiga uban lain  di sekitar tempat itu. Mitos ini tidak benar. Namun mencabuti uban merupakan kebiasaan buruk, karena bisa merusak akar rambut dan itu bisa menyebabkan infeksi atau luka di kulit kepala. Kalau akar rambut rusak maka akan sulit tumbuh lagi.sehingga terjadilah kebotakan.

5. Rambut lurus tidak bisa dibuat bergelombang
Cukup menggunakan rol rambut lima menit maka rambut pun akan terlihat penuh mengembang.

6. Rambut pasti lebih bersih  jika dicuci dua kali ketika keramas
Faktanya, satu kali cuci ketika keramas saja sudah cukup membuat rambut menjadi bersih. Jika ingin bersih sama sekali, ya gunduli saja, maka rambut akan benar-benar bersih dari kepala.

7. Bilas rambut dengan air dingin sewaktu keramas  membuat rambut jadi lebih bersinar. Air dingin akan membuat kita menjadi lebih segar, namun air dingin tak ada hubungannya dengan rambut bersinar. Kalau ingin bersinar pasangi rambut dengan lampu yang menyala

8. Pewarnaan bisa merusak rambut
Produk pewarna rambut saat ini sudah cukup lembut bahkan ada yang sudah memakai kondisioner, jadi kecil kemungkinan akan merusak rambut. Jika ingin rambut menjadi penuh warna secara permanen, ada baiknya konsultasi dengan ahlinya. Bagaimana pun juga yang namanya obat atau bahan kimia jika dipakai secara berlebihan akan berdampak buruk.

9. Rambut bercabang bisa dikurangi dengan pemakaian produk yang tepat
Begitu rambut mengalami percabangan maka yang perlu dilakukan hanyalah dengan memotongnya. Seorang penata rambut akan menyarankan untuk menggunakan produk yang mengandung silicon dan lilin untuk mengurangi terlihatnya rambut bercabang bukan mengurangi percabangan itu.

10. Menyikat rambut 100 kali sehari membuat rambut menjadi bersih
Kurang kerjaan amat sempat menghitung sampai 100 kali. Sikatlah rambut hanya untuk membentuknya. Menyikat secara berlebihan bisa mencabut rambut dari folikelnya dan melemahkan tiap helai rambut.

11. Percayalah, bahwa rambut yang dapat menjadi panjang hanyalah rambut yang ada di kepala saja. Kalaupun ada rambut lain yang bisa menjadi panjang tentu tak akan dipanjangkan sebagaimana halnya rambut kepala.

12. Setiap ras bangsa-bangsa di dunia memiliki pigmen yang berbeda sehingga setiap rambut yang tumbuh akan sama warnanya dengan rambut yang ada di kepala. Gak percaya? Buktikan saja…

Anda punya cerita atau pengalaman menarik mengenai rambut???

35 thoughts on “Berbagai Mitos Perawatan Rambut

  1. “11. Percayalah, bahwa rambut yang dapat menjadi panjang hanyalah rambut yang ada di kepala saja. Kalaupun ada rambut lain yang bisa menjadi panjang tentu tak akan dipanjangkan sebagaimana halnya rambut kepala….”
    😆

    yang sedang saya panjangkan ialah jenggot….😀

    — — —
    *iya bang, ayo patahkan mitos di atas

  2. He…he…
    dulu percaya kalau rambut dipotong teratur bisa tumbuh lebat, padahal yang 100% adalah kerapihan😀

    — — —
    *benar sekali, saya dulu juga percaya hal itu

  3. Banyak juga ya mitosnya…🙂
    terima kasih atas penjabaran faktanya…

    salam kenal..salam persahabatan

    — — —
    *makasih juga atas kunjungannya ke sini.
    salam persahabatan selalu

  4. salam sobat
    mitos itu memang kenyataan adanya,
    tapi kalau menyikat rambut seratus kali sehari ,waduh kadang rontok .

    — — —
    *saya malah gak berpikir menyikat rambut sampai 100 kali mbak

  5. poin nomor 1 itu mas mas masih sering terjadi di tempat saya, apalagi pada anak yang baru lahir……….

    — — —
    *betul pak, di tempat saya pun masih banyak yang beranggapan demikian

  6. thnks ilmunya sob bermanfaat bagi pembaca khususnya bagi saya sendiri..
    teruslah membuat artikle yang bermanfaat semangat happy blogging..
    bila berkenan kita tukeran link yahh..kalau mau comment di bloggku yah.. thnks sebelumnya

    — — —
    *sama2 semoga bermanfaat bagi semuanya. Tukar link boleh saja

  7. ternyata itu hanya mitos toh….
    Terima kasih mas…
    Mitos emang kadang mempengaruhi perlaku kehidupan sehari2 kita

    — — —
    *itulah yang sering terjadi di masyarakat kita

  8. wah saya termasuk orang yang ngga terlalu perhatian sama rambut,.. jarang keramas,.. jarang disisr,.. hehehe… makanya sering ketombean

    — — —
    *ketombean sering bikin gatal kepala pak

  9. kalo pertanyaan saya yg belum terjawab sampai saat ini adalah, apa bedanya rambut keriting dg rambut lurus? apakah jalur yg dilalui rambut keriting itu berbelok2 sehingga membuat rambut itu jadi bengkok/keriting???😀😀😀

    — — —
    *menurut saya sih, itu faktor gen yang ada dalam diri seseorang mas

  10. wah sayangnya jujur saja saya tidak pernah mikirin rambut saya.. itu masuk kategori ‘tidak baik’ gak?
    salam kenal.

    — — —
    *lha, kalo yang mikirin istrinya masih wajar2 aja kok

  11. selamat pagi

    ini artikel yg bagus gan.

    tapi ada part yg bikin saya ketawa,
    “Air dingin akan membuat kita menjadi lebih segar, namun air dingin tak ada hubungannya dengan rambut bersinar. Kalau ingin bersinar pasangi rambut dengan lampu yang menyala”

    hahahaha. bakalan konyol kalo rambut dipasangi lampu.😆

    btw, saya terkadang memotong rambut sendiri. susah juga. apalagi motong yg bagian belakang.
    semua ini karena tiap kali potong di tukang cukur, rambut saya lebih jelek stylenya😦
    jadi agak nggak percaya lagi sama tukang cukur.

    terima kasih dan mohon maaf😮

    — — —
    *perlu orang yang benar2 terpercaya mas agar potong rambut bagian belakangnya sesuai style, saya jarang gonta-ganti tukanng cukur. Kalo udah cocok ya itu terus yang saya pakai

  12. Waktu kecil suka pake minyak rambut…. tetapi sejak tamat SMA sudah tidak lagi pake minyak rambut😀

    — — —
    *minyak rambut malah bikin rambut jadi cepat kotor

  13. hmmmm… tips yang bagus tu,,,, tapi sayangna… aq g suka yang ribet2 ngurus diri heheheheheh…

    mohon kunjungan balik untuk mendukung blog kami di school contest… radar kediri dgan berkomen dipostingannya…thanks….

    — — —
    *dah sampai ke TKP and kasih komen, semoga sukses

  14. untuk no.8 itu bukan mitos. gue udah sering liat contohnyaa. rambut yg terlalu sering di-bleach bakal jadi kaku dan ujungnya patah-patah

    — — —
    *kalau terlalu sering memang demikian jadinya

  15. rambut saya panjang, jadi butuh perawatan ekstra agar tetap subur gak rontok, berkilau bebas ketombe bersih dan sehat.Jadi saya juga melakukan perawatan rutin seperti paparan diatas selain krembat atau masker rambut

    — — —
    *yang dibutuhkan memang perawatannya kan bukan mitosnya yang kita pergunakan

  16. masih banyak orang yg percaya pd mitos2 seperti yang dituliskan diatas.
    terimakasih telah menuliskannya disini, sehingga kekeliruan ttg perawatan rambut jadi lebih jelas.
    salam

    — — —

  17. sebenarnya dgn perawatan yg benar dan kebersihn tetap dijaga, akan membuat rambut sehat dan harum, ttg lebat atau tipisnya , mungkin tergantung dr hormon pertumbuhan rambutnya sendiri, bukan dari mitos2 ,ya Mas
    salam

    — — —
    *benar bunda, setiap orang menghasilkan hormon berbeda yang dapat mempengaruhi tebal tidaknya rambut
    makasih

  18. Nice info Bang.
    Btw, kalo mau ngiklan gratis, mampir ke blog Gue bang.🙂.
    Thank`s

    — — —
    *ya, terima kasih, coba lihat dulu deh

  19. orang tua saya biasa minta dicabutin ubannya.
    katananya bikin gatel tu uban.
    ini mitos gak ya?

    — — —
    *Rata2 memang demikian, tapi kalau uban sudah tumbuh rata di seluruh kepala dah gak gatal lagi.

  20. Ping-balik: Berbagai Mitos Perawatan Rambut « HALAMAN PUTIH - Website Kumpulan Dongeng

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s