Berhenti Atau Tidak?

Merokok merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan dan nikmat bagi sebagian besar orang, Banyak mitos yang menyebutkan bahwa merokok bisa menenangkan, rileks, dapat memunculkan ide atau inspirasi, menjernihkan pikiran, mencerdaskan, dan juga mengatasi stress. Kebanyakan orang merasakannya demikian karena kenikmatan yang ada pada rokok.

Orang yang sering merokok pada mulanya hanya mencoba. Sekali, dua kali dan seterusnya, lama kelamaan muncul rasa ketagihan. Dalam rokok ada zat yang mempunyai ikatan kuat yang membuat orang menjadi ketagihan karenanya. Zat-zat yang terkandung dalam rokok ini menurut penelitian dapat menyebabkan beberapa gangguan-gangguan kesehatan.

Pantaslah jika dalam bungkus sebuah rokok tercantum peringatan dari pemerintah (di Indonesia memang begitu, entah di negara lain?) akan bahayanya rokok bagi kesehatan. Benarkah hal tersebut? Bagi orang yang tergolong sebagai ahli hisap dan mampu merasakan kenikmatan rokok tentu tidak peduli dengan semua itu, lesu kalau tidak merokok.

Namun pada sebagian perokok yang mulai merasakan adanya gangguan kesehatan tentu akan berpikir untuk menghentikan kebiasaan merokoknya. Ada pendapat yang mengatakan bahwa jika berhenti merokok ternyata susah. Apalagi bagi mereka yang terbiasa dan sering merokok setiap harinya. Kemudian upaya untuk itu adalah dengan melakukannya secara bertahap.

Kini muncul suatu pertanyaan “apakah berhenti merokok secara bertahap dapat mengurangi kelesuan? Banyak yang menjawab tidak, bahkan kelesuan yang dirasakan ternyata lebih lama. Beberapa pengalaman mereka yang bisa menghentikan kebiasaan merokok malah mengatakan lebih baik berhenti secara total, tentu disertai dengan tekad dan kemauan yang sangat tinggi. Pada kenyataannya berhenti merokok secara total memang sangat sukar dilakukan.

Bagi mereka yang bersungguh-sungguh, maka hal yang dilakukan adalah langsung memutuskan untuk berhenti merokok, sekarang juga, detik ini juga. Meskipun demikian, masih juga terdapat kesulitan-kesulitan sehubungan dengan keinginan berhenti merokok. Kalau sudah begitu repot juga keadaannya.

Berikut di bawah ini ada beberapa saran yang bisa dilakukan untuk menghentikan kebiasaan merokok :

1. Ambil keputusan bahwa Anda benar-benar berhenti merokok.
Yakinkah bahwa itu bukan sekedar keinginan belaka. Tetapkan alasan-alasan mengapa ingin berhenti merokok. Berhenti merokok untuk hidup lebih lanjut, tubuh sehat hidup gembira atau lebih banyak uang di kantong dari pengeluaran untuk membeli rokok. Pikirkan bahwa uang yang digunakan untuk membeli rokok setiap hari lebih baik dibelikan makanan yang enak dan bergizi.

2. Yakinkan diri bahwa Anda benar-benar dapat melakukannya.
Lupakan masa lalu bahwa Anda pernah gagal melakukannya. Jangan dengarkan ucapan orang yang mengatakan “aku dapat saja menghentikan kebiasaan itu kapan saja aku mau, tetapi aku suka sekali merokok” atau seperti kata Mark Twain : “Mudah saja menghentikan kebiasaan merokok, ini sudah kulakukan seribu kali”. Bangun pertahanan diri terhadap setiap godaan atau pengaruh orang lain.

3. Ambil satu langkah dalam satu waktu.
Mungkin secara tidak sadar Anda akan memasukkan tangan ke dalam saku untuk mencari rokok.Ini adalah suatu kebiasaan yang sudah mengakar kuat tanpa dipikirkan lagi. Berusahalah menghentikannya, jangan ambil rokok selama 15 menit , lalu tahan selama 15 menit lagi demikian seterusnya.

4. Jangan takut terhadap lingkungan.
Hadapi godaan, buatlah batas waktu terakhir. Beritahukan kepada orang lain bahwa Anda baru saja menghentikan kebiasaan merokok selama satu hari. Besok hari katakana pula demikian, seterusnya demikian pula.

5. Jangkau kebiasaan tidak merokok.
Pelihara dan jaga kebiasaan baru tidak merokok dengan mengatakan tidak. Ini akan membuat Anda mempunyai daya untuk berhenti. Jangan hiraukan tawaran orang lain yang memberikan rokok kepada Anda. Katakan saja bahwa Anda sudah tidak merokok lagi.

6. Tips berikut ini bisa dilakukan untuk menolong Anda : Pegang sebuah pensil sebagai ganti memegang sebatang rokok, gunakan sari jeruk untuk mematikan keinginan merokok, makan permen, permen karet atau minum segelas air bila Anda merasa hendak merokok, berjalan di luar ruangan dan hirup udara segar sebanyak-banyaknya.

7. Yang perlu diingat adalah usahakan untuk berpikir positif dengan tidak merokok karena dengan melakukan ini tekad Anda akan semakin kuat. Kemudian katakan selamat tinggal kepada rokok untuk selamanya.

Tips ini hanya untuk yang benar-benar ingin berhenti merokok. Bagi perokok berat dan tetap akan selalu merokok abaikan saja ya. Untuk yang bukan perokok, kalau ada yang menawarkan rokok terima saja minimal satu bungkus dan masih tersegel. Kan lumayan, dapat ditukar dengan sepiring rujak.

Iklan

32 thoughts on “Berhenti Atau Tidak?

  1. pertamax …
    saya termasuk pecandu rokok tapi bukan perokok berat hehehe….mengurangi bisa tapi kalau menghentikan….??? ya ampun mas susahnya minta ampun

    — — —
    *masih mendingan bisa mengurangi…

  2. Jangan berhenti!
    ajakan yang salah. Saya perokok berat (3-4 bungkus/hari). Mau berhenti, susahnya minta ampun (tanya oelil).

    yang belum merokok, jangan pernah coba merokok. :mrgreen:

    — — —
    *betul, coba2 akhirnya jadi keterusan

  3. gan… tips yang kayak gini udah sering gue baca atau denger dari orang. tapi emang kalo yang namanya udah kecanduan bakal susah banget. kemaren gue udah sempet stop sekitar 6 bullan. tapi setelah itu, gak tau alasannya, gue merokok lagi dan tambah parah. seperti saat ini. ada sih niat untuk berhenti beneran… apalagi sekarang dampak terhadap kesehatan udah timbul. makanya sekarang gue coba dengan pori yang lebih sedikit dari biasanya…
    anyway…makasih dah share dan mengingatkan kembali…

    salam akrab dari burung hantu

    — — —
    *namanya juga kecanduan mas, tentu sudah berhentinya

  4. Yang membuat perokok berhenti ya sakit itu…saya sering menemui kasus-kasus perokok berat berhenti merokok karena terkena sakit jantung, stroke, atau yang lainnya.

    — — —
    *teman saya juga mengalami hal ini, sekarang berhenti total

  5. Kalau sudah kecanduan rokok, sudah pasti orang – orang sulit buat berhenti. Tapi kalau sudah jadi penyakit, baru deh mereka jera. 😀

    — — —
    *terpaksa berhenti kesimpulannya

  6. yang bisa menghentikan cuma dua , diri sendiri atau takdir sakit parah/kematian ….
    he2 … berdasarkan pengalaman dan pengamatan mas , tapi salut bagi mereka yang sukses menghentikan rokok dari kemauan diri sendiri ..

    — — —
    *opsi pertama menjadi hal yang sangat sulit pada sebagian besar pecandu rokok

  7. thnks infonya sob..bermanfaat bagi saya khususnya yang membaca..menanmbah ilmu juga..bila berkenan kita tukeran link sob yah..bila berkenan tukeran link komment di..
    http://ilmu-komputer23.blogspot.com/2010/08/tips-mempercepat-koneksi-internet.html
    atau juga disini yah
    http://ilmu-komputer23.blogspot.com/2010/08/tips-mempercepat-koneksi-internet_04.html
    happy blogging yah..sukses selalu..

    — — —
    *terima kasih, linknya sudah saya pasang

  8. Thanks, postingannya sgt bermanfaat. Kebetulan aq mau stop merokok. Tipsnya akan aq follow up. Salam sobat:)

    — — —
    *semoga berhasil mas…

  9. selamat pagi

    untung saya dulu cuma pernah nyoba rokok.
    dan gak pernah untuk ketagihan.

    terima kasih dan mohon maaf 😮
    (sorry fastreading)

    — — —
    *makasih atas kunjungannya mas…

  10. Kecanduan akan rokok memang tidak bisa dipungkiri sangat sulit untuk dilepaskan. Tapi demi kesehatan, lebih baik untuk mencoba ke 7 tips yang dipaparkan pada tulisan diatas. Kesehatan begitu mahal harganya, maka sayangilah kesehatan tsb.

    — — —
    *tanggung jawab kesehatan ada pada diri kita sendiri

  11. tengkyu sharingnya….
    semoga berbuah kebaikan.
    dan para perokok, minimal, tidak mengganggu orang2 yang tidak merokok

    — — —
    *saling menghormati antara perokok dan bukan perokok

  12. Kasih tips juga dong. memutuskan untuk tidak mulai merokok… (soalnya saya bukan ahli hisap)

    — — —
    *agar tidak menjadi perokok, ya jangan coba2 merokok

  13. kalo bisa berhentilah merokok selain tidak baik buat kesehatan dan juga bisa bikin kanker (kantong kering) 😀

    — — —
    *berarti tidak baik juga tuh buat kantong yang sudah kempes

  14. wah mas aku suka ngerokok nih tp susah banget ninggalinnya kecuali pabrik rokoknya ditutup insayaalah bisa……….
    makasih infonya semoga bermanfaat…..

    — — —
    *perlu UU tersendiri untukmenutup semua pabrik rokok, kecuali bangkrut

  15. keluarga besar saya perokok, untungnya gak ada yang kelas berat… rata-rata susah bagi mereka buat berhenti penyebabnya kalo udah ngumpul suka ngerokok rame-rame jadi yang mau pensiun suka kebawa lagi

    — — —
    *godaannya memang begitu besar

  16. Bisa koq berhenti, saya pernah merokok dahalam sehari bisa habis 3-5 bungkus perhari. tergantung jenis rokoknya. Tetapi ketika saya memutuskan berhenti. ya langsung berhenti. BISA KOQ. Yang bilang susah berhenti berarti memang tidak ada keinginan untuk berhenti. berhenti ya berhenti aja…. ya nggak sob????

    — — —
    *paling utamanya niat yang kuat kan pak???

  17. salam sobat
    kalau sudah kecanduan rokok memang sulit kalau cepat berhenti,
    harus ada niat untuk berusaha berhenti,,dengan bertahap mengurangi.
    selamat menyambut bulan suci ramadhan
    mohon maaf lahir dan batin.

    — — —
    *segala sesuatu kalau ada niat yang kuat insya Allah bisa dilakukan

  18. kalu kebiasaan ini diganti dengan rokok elektrik yang katanya low tar dan low nicotine, apakah bisa berhenti yah?

    — — —
    *sama2 rokok juga itu rokok elektrik, belum ada penelitian mengenai keamanannya bagi kesehatan

  19. Ping-balik: BERHENTI MEROKOK | Guru SMAN 1

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s