Tampilan Blog

Pernahkah melihat tampilan blog Anda di komputer lain selain pada komputer yang sering Anda pakai? Misalnya di komputer teman, tempat kerja atau di warnet. Jika belum, cobalah sekali waktu Anda meluangkan diri untuk menengoknya. Tak perlu sungkan atau ragu apalagi gengsi pinjam komputer teman atau ngeblog lewat internet. Emang, rasanya kurang kerjaan sih. Punya komputer sendiri kok malah pake-pake komputer yang lain. Tapi tak apa, lha wong gak setiap hari kok. Siapa tahu Anda akan menemukan sesuatu yang lain dari tampilan blog milik Anda.

Saya pernah mencoba nge-blog lewat warnet dan juga sekedar lihat-lihat aja melalui komputer teman. Intinya nge-blog pake komputer lain di luar komputer yang sering saya gunakan setiap hari. Tahukah Anda apa yang saya lihat? Ternyata blog saya berbeda tampilannya. Bukannya nampak seperti biasanya, tetapi malah jadi aneh. Ada beberapa bagian atau gambar yang hilang, tak bisa ditampilkan pada monitor, tetapi tulisan pada postingan tak ada perubahan.

Templete blog HALAMAN PUTIH sekarang ini pada komputer yang sering saya pergunakan backgroundnya memang berwarna putih. Kemudian pada bagian atas nama blog atau headernya berwarna dasar hitam. Lalu sebelah kanan pada tulisan welcome, tulisannya berwarna biru dan di bawahnya ada angka yang menunjukkan berapa yang online kemudian link untuk meninggalkan pesan. Begitulah yang sering saya perhatikan pada saat melihat hasil postingan.

Namun suatu ketika saya coba nge-blog melalui warnet, tampilan blognya lha kok berubah. Begitu pula saat pakai komputer teman, banyak yang tak sesuai dengan tampilan seperti di komputer yang biasa saya pergunakan. Banyak gambar yang tak kelihatan, pokoknya tidak seperti biasanya, headernya pun tak berwarna lagi.

Di komputer teman saya yang lain berbeda lagi, sarana fasilitas untuk mengedit postingan hilang sama sekali. Jadi repot banget pada saat mau posting, karena yang bisa dilakukan hanya tulis kemudian hasilnya langsung di post apa adanya tanpa bisa diapa-apain lagi. Hasil postingnya ya hanya hitam putih tanpa rata kiri rata kanan dan tak bisa cetak miring atau cetak tebal. Betul-betul lain ladang lain belalang, lain komputer lain pula tampilannya.

Mungkin itu semua terjadi karena spesifikasi komputer yang berbeda ya. Atau barangkali komputernya yang udah jompo and ketinggalan jaman sehingga tidak maksimal kemampuannya meskipun masih standar untuk akses internet. Akses di warnet, tempat teman, di kantor atau dimanapun kalau sarananya kurang mendukung mungkin hasilnya juga akan berbeda. Belum lagi loadingnya, koneksinya, downloadnya dan sebagainya wah… bisa jenuh dibuatnya. Begitulah perkiraan saya yang awam dengan dunia komputer.

Blog yang sederhana jadi tak sedap dipandang, lebih-lebih yang rumit, banyak gambar serta pernik-perniknya. Bisa jadi blog Anda yang cantik dengan berbagai macam assesorisnya itu juga runyam dilihat. Kemampuan komputer yang terbatas mungkin menyebabkannya tak mudah membaca dan menampilkan gambar sesuai dengan yang kita inginkan. Biarpun runyam rasanya tak masalah, asal hasil posting masih bisa terlihat utuh termasuk bila ada gambar atau foto-fotonya dari awal sampai akhir.

Kini, hal itu bukan masalah lagi karena perkembangan teknologi komputer kian canggih dan mampu memenuhi harapan kita semua. Termasuk notebook atau laptop, harganya kian terjangkau. Meskipun demikian, tetap saja ada orang atau lembaga perkantoran yang masih mempergunakan komputer sekelas Pentium II atau III bahkan mungkin dibawahnya karena keterbatasan dana dengan koneksi internet yang juga minim.

Sekali waktu, perlu juga sih rasanya menengok dengan peralatan itu sekedar untuk memastikan bahwa tampilan blog tidak berubah atau justru sebaliknya. Karena kenyataannya, tampilan blog saya jadi terlihat lucu, menggelikan dan tak sedap dipandang.

Pernahkan Anda mengalami hal seperti ini…?

24 thoughts on “Tampilan Blog

  1. Yang paling mungkin sih itu karena akses internetnya yang lemot, akhirnya loadingnya jadi lama dan beberapa bagian tidak ditampilkan🙂

    Saya rasa tidak ada hubungannya dengan komputer yang ‘sudah tua’

    — — —
    *ya, barangkali memang demikian

  2. Kalau pengalaman saya, yang beda itu di lebarnya. Kadang kiri kanan nya lebih sempit, atau udah pas (sama dengan tampilan di komputer sendiri).

    — — —
    *ini juga sering saya temui mas

  3. selamat pagi sahabat …
    wah saya juga pernah mengalami kejadian serupa … sampai-sampai saya kira kena hack .. setelah di coba di tempat lain eh sama juga ada beberapa yg hilang ternyata karena pengaruh coneksi aja ….

    — — —
    *semakin lambat makin banyak yang gak tampil kan

  4. Mungkin juga karena blog kita nggak suka sama komputer teman atau di warnet tadi .. karena didalamnya banyak xxx hee .. (becanda).

    — — —
    *wow, kalau ini sih sudah menjadi virus dunia xi… xi… xi…

  5. kalau blog saya yang lama, dulu pernah iseng-iseng saya buka pakai explorer, ternyata tampilannya menjadi kacau, ada beberapa sidebar yang malah tampilnya turun ke bawah sehingga merusak pemandangan. kalau yang sekarang saya pernah buka di warnet tidak ada masalah, cuma kadang kalau koneksi lambat ada beberapa widget yang tidak tampil sehingga susunannya berubah …

    — — —
    *kalau sudah begini jadi tidak indah lagi dilihat dan memang merusak pandangan mata

  6. Bener sekali Mas…
    Blog kita bisa tampil aneh jika dilihat pakai komputer lain.
    Salah satu sebabnya pastilah mutu monitornya…
    Belum lagi kalau dibuka pakai browser yang nggak biasa kita pakai.

    Selain itu juga ada widget yang nggak jalan karena ada software yg belum diinstall.
    Pokoknya anehlah…

    — — —
    *saya belum coba2 buka pake browser lain pak…

  7. Ada banyak faktor yang membuat tampilan web kita aneh ditempat lain, mulai dari browser yang digunakan, resolusi display yang dipakai dan lain sebagainya. Bahkan dengan browser sama dan berbeda versi saja sudah cukup untuk menampilkan blog kita terasa’aneh’ ditempat lain..nah biar penilaian berjalan fair, coba lihat tampilan blog kita ditempat lain dengan browser yang sama termasuk versinya, plus resolusi display yang sama dengan komputer tempat kita..

    — — —
    *ya, bisa dicoba nih sarannya untuk lihat bagaimana tampilannya

  8. saya sering menemukan tampilan blog saya beda di monitor lain adalah warna background, terutama background logo.. kalau di monitor saya kelihatan sudah sama persis dengan background blog, tapi di monitor lain warna nya sedikit berbeda tapi terlihat jelas perbedaannya.. aneh..

    — — —
    *kalau monitor biasanya memang masalah warna yang berbeda sementara tampilan gak berubah

  9. salam sobat
    menurut saya bukan komputernya tapi mozila,IE,googlechrome yg digunakan untuk membuka blog ,kadang blog tampil tidak sempurna.

    — — —
    *saya sering bermasalah dengan IE

  10. Wah bener perlu nyoba komputer teman , Jangan2 blog saya jauh beda dg di komp aq hikkkkk trimakasih atas inronya kawan….

    — — —
    *siapa tahu aja jadi aneh, perlu coba

  11. ada beberapa hal yang mempengaruhi
    1. warna ataupun resolusi monitor yang kita miliki berbeda dgn di t4 lain

    2. browser yang kita pakai, firefox, IE, bing etc mempengaruhi. IE sendiripun ada beberapa versi yang semua tampilan berbeda.

    3. ukuran pisik monitor juga berbeda.
    ketika saya mendisain blog , atau web saya selaalu kompare dengan versi IE terlawas untuk melihat tampilan..

    sekian

    salam

    — — —
    *makasih tipsnya mas…

  12. selamat pagi.

    wah iya, saya kalo buka blog alisnaik dari komputer sendiri 1024 x 768 pixel, muncul nya normal.
    tapi kalo buka dii warnet dengan monitor yg lebih lebar, blog saya jadi terlihat lebih kecil😯

    terima kasih dan mohon maaf😀

    — — —
    *benar mas, itu juga sering saya alami meski hal itu tidak terlalu berpengaruh

  13. Saya juga pernah mengalami hal itu. Font huruf pada laptop saya sangat berbeda dengan laptop milik teman saya. Kayanya jadi aneh gitu.

    — — —
    *nah, aneh kan mas…

  14. Haha, betul juga kt manteman yg di atas..

    Kadang terletak pd koneksinya, pd tampilan blog yg terlalu canggih dan ada yg terletak pd pengaturan komputer itu sendiri. Sprt add-ons aktif ato ga dsb..

    Pokok-nya selamat ngeblog terus gan.. Share ilmu selalu demi kemajuan masyarakat indonesia.

    _slm ajoe

  15. Wah, itu yang lagi aq alamin skrg gan..

    Waktu blog aq buka lewat warnet n iPad punya temen, tampilannya sudah gak secantik waktu aq buka di laptop sendiri. Header udah gak ada lagi, beberapa page n postingan tak nampak. Kacau dah pokonya.

    Bisa gak ya perubahan tampilan d setiap komputer n browser dihindari?

  16. Ping-balik: syukurgea93

Silahkan Berkomentar

