Ketika Mesin Kendaraan Mati Di Rel Kereta

Beberapa hari yang lalu saya menerima email dari seorang teman yang isinya sangat menarik terutama bagi Anda yang memiliki kendaraan khususnya mobil. Hal ini mengingatkan diri saya pribadi yang sering melalui lintasan kereta.

Jika lintasan kereta sudah dipasang palang pintunya, dari segi keamanan lebih terjaga daripada yang belum ada. Namun kita tak bisa memperkirakan apakah semua jalan yang memotong lintasan kereta sudah terpasang palang pintu seperti yang sering kita lihat di kota besar. Di jalan kecil yang letaknya jauh dari kota biasanya hal ini belum ada.

Kini email itu saya posting bagi Anda semua sehingga kita semua bisa lebih berhati-hati. Barangkali diantara Anda semua pun sudah ada yang mengetahuinya.

Mengapa saat mesin kendaraan bermotor tiba-tiba mati di lintasan rel kereta api sulit dihidupkan lagi? Banyak yang menduga bahwa kendaraan sedang rewel sehingga mogok tak mau di starter. Dugaan lain adalah karena kepanikan sang sopir yang ingin segera berlalu dari lintasan karena kereta akan segera lewat. Ketakutan akan dihantam kereta menyebabkan sopir panik sehingga ketrampilannya dalam menghidupkan mesin menjadi hilang.

Sebenarnya bukan itu penyebabnya, ternyata mesin yang macet disebabkan oleh adanya pengaruh gesekan antara roda kereta dengan relnya. “Jadi, bukan semata-mata karena sopirnya gugup sehingga tidak bisa menghidupkan mesin kendaraannya,” kata Dr Ir. Djoko Sungkono, Kepala Laboratorium Motor Bakar Teknik Mesin Institut Teknologi Surabaya (ITS).

Selama ini sering terjadi kendaraan bermotor tiba-tiba mati mesinnya saat melintas di jalan yang melewati rel kereta api. Itu terjadi terutama ketika ada kereta yang akan lewat. Pengendara kesulitan menghidupkan kembali mesin kendaraannya. Akibatnya kendaraan bermotor ditabrak kereta dalam hitungan sekian puluh detik berikutnya. Di berbagai media kita sering mendengar berita tersebut. Tak jarang seluruh penumpang yang ada di kendaraan langsung tewas karenanya.

Banyak kasus yang terjadi dengan penumpang tewas karena mobil yang sedang melintas rel dihantam kereta api. Djoko lalu mengingatkan, jika mesin mobil tiba-tiba mati di atas rel, maka hendaknya penumpang segera keluar dan mendorongnya. Jika tidak, akan sangat membahayakan karena kereta segera lewat hanya dalam hitungan detik yang akan langsung menghantam kendaraan beserta penumpangnya. Jangan berusaha menghidupkan mesin. Yang harus Anda lakukan adalah segera keluar dan mendorongnya. Kalaupun anda tak sempat mendorong, setidaknya Anda sudah berada diluar kendaraan dan bisa lari menghindar dari bahaya yang siap merenggut nyawa.

Mengapa mesin bermotor susah dihidupkan? Kata Djoko, โ€œterjadi impedansi yang ditimbulkan oleh pergesekan roda kereta api dan relnyaโ€. Dan impedansi itu yang cukup untuk mengakibatkan mesin mobil yang mati sulit menyala kembali. Kejadian itu terutama berpengaruh pada mobil atau kendaraan yang berbahan bakar bensin, meskipun kendaraan berbahan bakar solar juga ada yang terpengaruh. “Pada kendaraan yang berbahan bakar bensin, starternya digerakkan oleh dinamo,”paparnya. Dari dinamo ini dihasilkan medan magnet yang selanjutnya menggerakkan mesin mobil. Djoko mengatakan hal tersebut tidak jadi masalah bila mesin mobil tersebut tidak mati. Namun bila mesin tersebut mati maka akan sulit untuk dihidupkan lagi. Medan impedansi tersebut tidak diperlukan jarak yang dekat untuk itu. Hal tersebut sudah mulai dapat berpengaruh ketika kereta api masih berjarak 1,5 km dari lokasi lintasan tempat kendaraan bermotor itu melintas rel.

Jadi langkah terbaik yang harus dilakukan adalah dorong kendaraan (kalau mobil, segera keluar dari kendaraan) dari rel kereta. Setelah itu coba hidupkan kembali mesin mobil Anda. Hal ini berlaku juga bagi kendaraan roda dua dan kendaraan lain yang starternya digerakkan dengan dinamo.

Bila Anda enggan melakukan semua itu karena terlalu ribet, repot dan membahayakan, maka langkah paling bijaksana adalah tidak menerobos pintu lintasan kereta yang siap tertutup ataupun yang sudah tertutup.

Iklan

40 thoughts on “Ketika Mesin Kendaraan Mati Di Rel Kereta

  1. Wew… jangan sampai lah.. sial banget kalo sampe mati pas di rel.. ๐Ÿ˜€
    hmmm…

    — — —
    *iya mas, tentunya harus hati2 dong bila lewat lintasan kereta

  2. Ooooh ternyata begitu ya… ๐Ÿ˜ฎ

    Makasih infonya! ๐Ÿ˜€

    Ngeri juga memang ya… ๐Ÿ˜ Saya malah heran, mengapa tidak keluar saja? Mengapa bisa ada korban dalam kasus di atas? Saya sih malah berpikir seperti yang disebut di atas, yaitu segera ke luar mobil, dan dorong. ๐Ÿ˜•

    — — —
    *saya rasa karena kepanikan menyebabkan mereka taksempat berpikir keluar dari mobil

  3. jadi kalau lewat lintasan KA, mesin mati lebih baik langsung turun dan kabur dari kendaraan bukan begitu ๐Ÿ˜€

    tapi hal ini tdk terjadi bila pengguna jalan disiplin menghormati palang pintu KA, jgn nekat terobos

    — — —
    *mematuhi peraturan merupakann langkah yang paling aman, kalau nekat ya tak tahulah…

  4. Impedansi ki apa mas? Kayane mbiyen wis tau diajari, ning wektu kuwi aku pas ijin ngusyuh je ๐Ÿ˜†

    — — —
    *saya juga tak begitu paham pak, karena ini menyangkut kelistrikan dan posting ini juga saya kutip and repost dari email yang dikirim oleh teman saya

  5. di Bali ga ada rel kereta api. semoga aja tetep ga ada. ngeri juga kalo kejadian2 mengerikan di kereta api itu bener-bener kejadian. ๐Ÿ˜€

    — — —
    *nah, yang orang Bali kalau pergi Ke Jawa perlu berhati2 karena banyak lintasan kereta

  6. Betul tuch..

    mending telat ke tempat kerja dari pada cepet di panggil Allah hehee..

    — — —
    *lebih berhati2 sangat disarankan karena menyangkut bahaya

  7. berarti mesti hati-hati jangan asal gampangin nglewatin kereta kalo udah deket. mending cari jalan aman yah…

    — — —
    *bener mbak, cari amannya saja dulu

  8. Salam persohiblogan
    Daku kembali menyapamu kawan
    Kembali ke dunia yang penuh persahabatan ini
    Rindu rasanya
    Ada puisi anget untukmu ๐Ÿ™‚

    Ketika tiba2 kendaraan kita berhenti di pelintasan kereta
    ih mengerikan

    — — —
    *jangan sampai terjadi demikian, memang bahaya banget

  9. makanya saya sangat menghargai pengendara yang bersabar menanti di belakang palang pintu kereta herannya masih ada saja yang melanggar peraturan sepenting ini ya mas ๐Ÿ™‚

    — — —
    *ini faktor manusianya yang memang nekat mbak…

  10. Oooo… ternyata begitu ya? AKu pikir ada makhluk qhoib yang sengaja mematikan mesin kendaraan.

    — — —
    *he… he… tempo dulu ada itu filmnya kok bang, “Raja jin penunggu palang pintu kereta” bintangnya Soekarno M. Noor kalau gak salah

  11. Kalau ada orang jalan tertabrak kereta api itu gimana ya? Masa jarak 200 meter orang itu nggak dengar suara kereta?

    — — —
    *bisa jadi itu orang lagi melamun atau lagi blank…

  12. Dengan sikon spt itu, perlu selalu sigap memperhatikan keadaan kendaraan dan lintasan jalan.

    —- — –_
    *benar, perhatian kecermatan, kehati-hatian dan kesadaran sangat diperlukan

  13. Aku selalu saja was2 kalau melewati perlintasan kereta api.. takut aja kalau tiba2 mesin kendaraan mati. Ada juga yg bilang kalau lewat perlintasan kereta api sebaiknya menghidupkan klakson, katanya sih utk mencegah mesin mati tiba2. Tapi entah benar atau tidaknya… hehehe

    — — —
    *mungkin ada benarnya juga, tak ada salahnya dicoba tapi ya tetap saja jangan nekat menerobos

  14. wowww… permesinan saja saya tidak mengerti… bagaimana pula dengan impedansi ?!?!?!

    — — —
    *saya sebetulnya juga tak paham, karena ini menyangkut mesin dan kelistrikan, kalau menurut saja pribadi ya semacam trouble atau gangguan gitu.

  15. yupz benar sekali Pak saya pernah mengalaminya bersama Bapak saya dan untungnya Bapak saya menyadari hal tersebut dan saya pun langsung melompat membantu mendorong bersama warga sehingga tidak terjadi apa-apa, pelajaran berharga agar mau lebih bersabar ๐Ÿ™‚

    salam hangat

    — — —
    *apalagi yang dah pengalaman seperti mas hariez ini, pasti akan lebih barhati2…

  16. Benar banget. Langkah yang terbaik untuk menhhindari itu adalah dengan tidak melewati jalan pada rel kereta api. Tapi ya kebiasaan masyarakat indonesia memang sebaliknya, suka menerobos supaya cepat sampai tujuan. Apalah artinya cepat sampai tujuan kalau nyawa jadi taruhannya

    — — —
    *biar cepat asal selamat meski resikonya sangat berbahaya, barangkali peribahasanya begitu ya mas

  17. Ah, ternyata begitu.. makasih banyak infonya.
    menurutku kereta itu armada yang g’bisa dilawan, jadi sebaiknya sabar aja.
    nice blog btw ๐Ÿ™‚

    ash at orange cakes

    — — —
    *kereta kan dah punya jalan sendiri dan memang disediakan bukan untuk armada lainnya, kalau sampai terjadi bentrokan ya jelas ada yang menyerobot jalurnya

  18. Ternyata seperti itu kondisinya,, bukannya mesin kendraan mati trus kesannya selalu mogok,,
    harus segera keluar dan kalo masih sempat, dorong,,
    saya milih yang terakhir aja, jangan masuk lintasan KA kalo udah ada tanda2nya..

    — — —
    *memang benar, berhenti kan tak ada ruginya itung2 nonton kereta lewat

  19. dari seorang teman yang isinya sangat menarik terutama bagi Anda yang memiliki kendaraan khususnya mobil. Hal ini mengingatkan diri saya pribadi yang sering melalui lintasan kereta Isa Greato

    — — —
    *makasih atas komennya…

  20. Mudah-mudahan jangan sampai deh melintas di tengah rel saat kereta mau lewat.
    Tapi kalau kejadian, apakah pintu yang terkunc juga bisa dibuka?

    — — —
    *nah, ini juga perlu dipikirkan karena dalam kepanikan sesuatu yang mudah bisa menjadi sulit

  21. Aku dah pernah juga baca tentang ini… serem ya… tapi belum eprnah kejadian sih mbak, mudahan gak…heheheheh

    — — —
    *mudah2an gak kejadian pada kita semua, insya Allah

  22. Disegala hal sepertinya harus hati-hati sob, gak hanya di lintasan kereta api… Alhamdulillah sih di Balikpapan gak ada lintasan kereta api….

    — — —
    *setahu saya di kalimantan memang belum pernah ada kereta…

  23. hmmm… ternyata ada reaksi elektronik mesin kendaraan dengan rel ya
    itu yang menyebabkan susah starter ya Kang…
    so… tipsnya sangat bermanfaat… dorong ke pinggir…

    sedj

    — — —
    *betul, bertindak cepat dan benar jangan sampai terlambat

  24. ngomongin kereta api jd rada2 sensi, dari dulu pengen naik kerete kagak kesampaian ๐Ÿ˜ฆ

    — — —
    *sayapun belum kesampaian naik KRL yang di jakarta itu

  25. salam blogger…mohon arahannya…. saya seroang newbie… follow balik yagh saya sudah follow blognya…. kunjungi juga yagh bl;og saya riz-ved.blogspot.com

    — — —
    *salam blogger, terima kasih atas kunjungannya.

  26. pak djoko bilang mogoknya mobil adalah karena impedansi yang timbul adalah sangat besar. silakan cari arti kata impedansi, impedansi adalah hambatan terhadap arus litrik. bagaimana logikanya hambatan bisa membuat mesin mogok.

    trus kita lihar rel kereta itu terputus antara yang bagian depa dan bagian belakang kereta, kan tidak ada penghubung saat lisrik itu ada dengan mobil yang sedang melintas, jadi bagaimana mobil bisa mogok.

    kita sebaiknya saat membuat suatu artikel, mengacu pada teori yg benar dan logis, bahas dulu dengan teman teman yg paham terhadap suatu kasus. salah salah bisa menyesatkan orang banyak

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s