Kiat Menghadapi Masalah

Setiap orang pasti pernah dirundung masalah. Dan setiap orang pasti memiliki cara dalam memecahkan masalah yang dihadapinya. Namun ada juga orang yang tak mampu mengatasi masalahnya sehingga dirinya menjadi tertekan tak mampu berbuat apa-apa. Kadang karena masalah yang telah menumpuk menyebabkan orang menjadi stres dan akhirnya larinya kepada minuman keras, obat-obatan bahkan lebih dari itu.

Jika orang mau sedikit bersabar dengan disertai keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa sedemikian tinggi, maka Insya Allah semua masalah akan membuka dan dapat teratasi. Dalam firmanNya juga disebutkan bahwa dalam setiap kesulitan selalu ada kemudahan. Dengan demikian setiap persoalan pun pasti ada solusi atau jalan keluarnya.

Berikut ini ada beberapa kiat yang bisa dilakukan apabila suatu saat masalah datang menghampiri :

1. Percayalah bahwa setiap masalah selalu ada suatu pemecahan atau jalan keluarnya

2. Bersikap untuk tenang, hadapi masalah dengan perasaan yang gampang dan ringan

3. Jangan memaksa diri mencari pemecahan, tentramkan dulu batin dan pikiran sehingga masalah membuka dan menjadi jelas, baru kemudian dapat ketemu solusinya.

4. Kumpulkan fakta-fakta secara arif tanpa berat sebelah

5. Tuliskan fakta di atas kertas sehingga masalah menjadi objektif

6. Berdoa kepada Tuhan dengan yakin dan tawakal

7. Percaya bahwa Tuhan pasti memberikan jalan dan petunjuk serta bimbinganNya

8. Percaya pada kesanggupan dan kemampuan diri sendiri

9. Beribadat, berdoa, dan biarkan pikiran bawah sadar memecahkan masalah itu

10. Cara pemecahan yang tepat akan muncul dalam batin dan pikiran dengan petunjuk tersebut

11. Dalam hal yang mendesak, tak ada salahnya minta bantuan pada siapa saja yang mampu dan mau membantu.

Pada prakteknya hal tersebut memang sulit dilakukan, namun setidaknya kita akan lebih tenang sehingga dengan ketenangan maka jalan untuk keluar dari masalah pun akan semakin terbuka.

Iklan

31 thoughts on “Kiat Menghadapi Masalah

  1. Cara menghadapi masalah? Solusi yg paling umum adalah ikhtiar usaha dan doa, Insya Allah nanti akan ada jalan keluar.

    Kalo saya dapat masalah, biasanya akan saya komunikasikan dengan si terkait. Karena segala sesuatu seringkali bisa diselesaikan dengan komunikasi

    Salam hangat;

    — — —
    *masing2 pasti punya cara untuk mengatasi masalahnya, begitu kan mas?

  2. berkunjung untuk persahabatan sesama blogger, sekaligus harap harap cemas utk mendapatkan follow dari kamu gan???
    semoga menjadi pertemanan yang abadi sesama blogger

    — — —
    *mudah2an, selalu terjalin persahabatan

  3. makasih kiat2nya,, dan yakin aja setiap permasalahan pasti akan ada jalan keluarnya… Karena Allah juga telah berjanji kepada kita, bahwa setelah kesulitan akan ada kemudahan….
    semangaaatt…

    — — —
    *itu sudah pasti…

  4. dalam hidup memang permasalahan akan datang silih berganti, hidup tanpa masalah seperti sayur tanpa garam

    — — —
    *ya, memang demikian hidup yang kita jalani

  5. Sobat Sedjatee
    Terimakasih telah memberi dukungan pada tulisan kami
    Dukungan Sahabat telah memberi semangat pada kami
    Untuk memenangkan kontes menulis berantai Kecubung 3 Warna
    I’m nothing without you, salam sukses….

    sedj

    — — —
    *makasih banyak bang…

  6. Wew… tips maknyosss!!
    makashi udah berbagi kiat..
    ntar di coba kalo punya masalah.. πŸ˜€

    — — —
    *he… he… semoga tak menemui permasalahan berat

  7. ikut menambahkan masbro, buat yang muslim bisa dilakukan dengan melakukan sholat istikharo, insya Allah keputusan yang kita ambil bisa berkah.
    oh yah masbro, saya kok nggak menemukan link ke blog saya yah…., blog ini dah ada di sidebar blog saya pake nama “halaman putih”. silahkan di cek masbro.

    kalo punya saya:
    text: ahmad musyrifin
    link: http://coretankoe.blogdetik.com/

    ditunggu masbro yah……

    *makasih untuk tambahan tipsnya

  8. Berbicara sama Tuhan dan berbicara dengan seseorang bila kita bermasalah dengan seseorang..

    — — —
    *sangat betul, Tuhan tempat kita mengadu dan mohon pertolongan

  9. Masalah memang akan selalu datang menimpa kita selama kita masih hidup di dunia ini. Kadang kita menjadi orang yang kehilangan pegangan saat menghadapi masalah tsb. Tetapi saya yakin, dengan kiat2 diatas, Insyaallah kita akan mampu menghadapi masalah seberat apapun.

    — — —
    *benar, setiap problem pasti ada solusinya

  10. Setiap org tak luput dari masalah. terkadang aku juga merasakan beratnya himpitan hidup yang kujalani, dan ternyata kesabaran sangat diperlukan dalam menghadapinya. artikel yang sangat bermanfaat…

    — — —
    *bersabar dan bertawakal serahkan kepadaNya

  11. bener banget mas, cuma kalo pas lagi angot, kadang kiat2 diatas kelupaan… moga2 gak ada yang kayak saya ya… πŸ˜€

    — — —
    *salah dan lupa manusiawi mbak…

  12. Apapun permasalahan pasti akan berlalu,, jadi saat ditimpa masalah, jangan terlalu pusing,, roda pasti berputar terus… senang, sedih, senang, sedih, begitu terus..

    Btw, salam kenal ya.. πŸ™‚

    — — —
    *roda kehidupan akan terus selalu berputar, makasih dan salam kenal

  13. makasih banyak buat tips2-nya ya sob….. bermanfaat bgt nich…..

    salam persahabatn selalu dr MENONE

    — — —
    *sama2 sobat, salam persahabatan selalu

  14. benar mas, tetap yakin kalo setiap masalah ada solusinya, tetap mencari jalan kelaur, memnita bantuan dan senantiasa tak putus berdoa itu yang disebut doa dan ikhtiar

    — — —
    *benar, dan setiap pemecahan pasti memerlukan proses

  15. saya suka tips nomor 13-nya, karena sebagai manusia kita tak mungkin sempurna. Jadi tak ada salahnya kita minta bantuan orang lain. termasuk dalam dunia blogging, hal itu juga sering saya terapkan.

    btw; ada kontes kecil berhadiah Domain dikandang saya, Pak.

    — — —
    *sebagai makhluk sosial tentu kita tak bisa berdiri sendiri

  16. sepakat…
    berserah diri kepada Allah adalah jalan terbaik
    bahwa segala kekuatan bersumber dari Allah
    Allah yang akan memberi jalan keluar

    sedj

    — — —
    *itu yang utama bang…

  17. Jangan memaksa diri mencari pemecahan, tentramkan dulu batin dan pikiran sehingga masalah membuka dan menjadi jelas, baru kemudian dapat ketemu solusinya.
    Sepertinya saya harus mengingat kalimat ini πŸ™‚ Terima kasih!

    — — —
    *terima kasih dah mengingat point yang ini

  18. Setuju, mudah mudahan kita mampu menghapi setiap masalah. Amiiiiinnn

    — — —
    *apapun masalah yang kita hadapi semoga cepat bisa diatasi

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s