Otak Perlu Stimulasi Dan Istirahat

Otak ibarat sebuah mesin yang senantiasa digunakan untuk berpikir. Dari proses berpikir inilah kemudian muncul krestivitas manusia yang beraneka ragam. Sebagaimana halnya mesin, maka otak pun perlu perawatan dan pemeliharaan tertentu sehingga kerja menjadi lebih efektif dan dapat menjalankan tugasnya dengan sempurna.

Kekuatan otak bergantung pada kesehatan tubuh. Kalau tubuh kurang sehat maka otak pun menjadi lemah. Tanpa kesehatan yang cukup, otak pun tak akan dapat bekerja dengan baik. Hal ini bisa kita lihat ketika seorang pelajar sedang dalam keadaan sakit. Ia pasti akan kehilangan konsentrasinya dalam belajar. Bahkan ini bisa menjadi salah satu faktor penyebab kegagalan dalam menempuh ujian sehingga berakibat tidak lulus.

Kalau seutas karet kita rentangkan dalam waktu yang lama tanpa henti, pada akhirnya karet tersebut akan kehilangan kelenturannya. Demikian pula dengan otak, jika dipaksa terus menerus bekerja tanpa istirahat, maka ia akan kehilangan kelenturannya dalam berpikir. Otak pun memerlukan waktu yang teratur untuk mengendurkan ketegangannya.

Banyak kasus penyakit stroke disebabkan oleh beban pikiran yang begitu berat. Hal ini sering terjadi pada orang-orang dengan aktivitas yang memerlukan tenaga dan pikiran yang begitu tinggi. Kesempatan untuk mengistirahatkan otak walau sejenak diabaikan begitu saja. Kalau hanya tenaga, maka beristirahat dan makan yang cukup sudah dapat memulihkan kondisi tubuh.

Sejumlah orang berpikir akan kehilangan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan jika harus diselingi istirahat. Namun hal itu justru akan membawa akibat yang kurang baik bagi otak itu sendiri. Meski masih mampu bekerja kualitasnya sudah jelas akan turun dan semakin menurun.

Istirahat bagi otak bukanlah suatu hal yang percuma, sedangkan waktu yang terbuang untuk beristirahat itu pun juga tidak sia-sia. Dengan beristirahat, otak cenderung menghasilkan pikiran-pikiran yang lebih berarti dan besar nilainya. Kemampuannya akan meningkat dan cemerlang.

Selain beristirahat, otak juga membutuhkan gizi dan zat-zat tertentu untuk pertumbuhan dan perkembangan sel-sel otak. Berbagai penelitian mengungkapkan mengenai pentingnya peranan gizi dalam pertumbuhan otak. Kurang gizi memang berpengaruh besar secara umum pada anak-anak, terutama pada otaknya. Otak yang kurang sempurna karena kekurangan zat gizi akan menyebabkan terjadinya tingkat kecerdasan yang rendah.

Selain beristirahat dan gizi, otak juga perlu latihan-latihan yang teratur untuk mencapai kesempurnaannya. Otak yang tak pernah mendapat latihan atau stimulasi, apalagi tidak pernah digunakan akan menjadi bebal. Jasmani saja jika kurang bergerak atau berlatih akan terasa tidak nyaman, demikian pula dengan otak.

Berbagai cara bisa dilakukan untuk melatih otak, misalnya saja dengan belajar bagi terutama untuk para siswa, menganalisis, diskusi, mengisi TTS, menulis, bermain rubik dan tentu saja nge-blog jangan dilewatkan. Bahkan ada pihak yang memang sengaja membuka pusat latihan otak. Tujuannya selain untuk kecerdasan juga untuk meningkatkan kemampuan otak sehingga menjadi lebih efektif ketika digunakan untuk aktivitas-aktivitas yang memerlukan pikiran lebih.

Satu yang penting dan tak boleh dilupakan adalah secerdas apapun dan secemerlang apapun otak tetaplah perlu beristirahat. Hal ini sering dimanfaatkan orang untuk berlibur sekedar melepas penat dan lelah setelah terkuras energinya untuk bekerja.

35 thoughts on “Otak Perlu Stimulasi Dan Istirahat

  1. jadi otak juga perlu istirahat ya bang….
    kalau dipakai buat berfikir trs brarti sama dengan menganiaya diri sendiri ya…🙂

    — — —
    *betul, bagaimanapun juga otak pun perlu beristirahat untuk memulihkan daya kerjanya

  2. wahh mantep tulisannya. bener banget. harus liburan. makanya weekend tuh pentng banget buat fresh lagi

    — — —
    *libur panjang memang harus dimanfaatkan untuk refresh

  3. wahh walawpun bkan orang sibuk..tetep hrus bs mnjaga otak nih..biar tetap fresh..

    — — —
    *itu perlu juga dilakukan meskipun kesibukan kita tidak terlalu ketat

  4. Setuju, karena setiap ada kesempatan sebaiknya harus rehat agar bisa tampil lebih sehat..
    Salam… 8)

    — — —
    *untuk kebugaran otak, rehat sangat diperlukan

  5. untungnya otakku enggag tag paksa buat mikir yg keras2 gan, itu bisa bikin pinternya awet ya gan..?

    — — —
    *kalau buat mikir berat harus segera istirahat

  6. Kalau aku suka ngisi TTS. Soalnya mengasah otak dan kemampuan kita. Lagian murah meriah kok🙂

    — — —
    *sebagai salah satu sarana mengasah otak TTS memang sangat menarik

  7. Wah perlu banget mas,,, apalagi kalo suntuk,,, bahkan dengan beristirahat bisa mengembalikan kekuatan untuk 30 hari kedepan….. katanya sih…

    — — —
    *kalau kurang istirahat daya kerjanya memang bisa melemah, perlu dicazzz

  8. mungkin bagi mereka yang sibuk, mengistirahatkan otaknya sejenak dengan melakukan ritual agama yang diyakininya, lebih dari cukup yaa.

    — — —
    *ini juga menjadi salah satu cara untuk me-refresh otak, kalau cuci otak malah bahaya

  9. Lebih baik capek fisiknya daripada capek pikirannya.

    — — —
    *betul pak, capek fisik memulihkannya cepat tapi capek pikran bisa berhari-hari

  10. bener sekali sob,aku kalo dah lembur siang dan malam ,paginya lagi pasti sudah nggak konsen.jadi intinya memang otak butuh istirahat.

    — — —
    *kalau dipaksa terus kerja bisa blank juga

  11. istirahat adalah kebetuhan bagi semua organ tubuh kita termasuk otak…terima kasih ilmunya,,salam senyum ☺ ☺ ☺

    — — —
    *terima kasih atas kunjungannya bang

  12. bener tuh.. apalagi lok dah kebanyakan mikir.. haduh.., kayak yang buntu rasanya nie otak…

    — — —
    *kalo mikirnya yang nggak2, makin ruwet

  13. otak klo dibuat mikir melulu bisa2 meledak kayak bom waktu, hehe

    — — —
    *agar tidak meledak, ya perlu direhat sehingga menjadi sejuk

  14. otak perlu istirahat agar tetap bisa bekerja optimal dan fresh, pikiran juga jernih nantinya

    — — —
    *akhir pekan banyak dimanfaatkan orang untuk berlibur, salah satu tujuannya ya untuk refresh itu tadi

  15. juga supanya ngga mengarah pada negetif fikirannya, berfikir rikir fikir… positif positif positif…😀

    — — —
    *sebangsa dengan Fiktor (fikiran kotor)

  16. Untuk istirahat yang paling sempurna adalah tidur … setelah bangun jadi fresh lagi 🙂

    — — —
    *benar, harapannya setelah bangun tidur maka semua menjadi fresh dan siap aktivitas lagi

  17. Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Muhammad….

    Otak adalah kurniaan Allah yang menjadi enjin kepada seluruh kecerdasan tubuh kita.

    Hargai dan pelihara otang dengan tips2 yang di sebut di atas menjadikan kita tuan otak yang tidak menzalimi amanah Allah ini.

    Sebijak manapun kita dalam berfikir dan menjadi hebat, otak yang menjadi kuli segala apa yang difikirkan harus diberi cuti istirehat agar bisa ceria dan memberi khidmat yang cerdas dan cergas.

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.

    — — —
    *penyataan yang bagus bu, kalau dipaksa bekerja bisa2 kita menzhalimi amanah Allah yang telah dikaruniakannya kepada kita

  18. siip sepakat, ibarat mesin otak juga perlu istirahat
    dan otak juga perlu digunakan secara periodik agar tidak mengami kram otak hehe

    — — —
    *kalau sampai kram, ada gak ya pijat otak

  19. memang benar,, otak perlu istirahat,
    walaupun sebentar tetapi kualitasnya maksimal, bukan kelamaan tidur tetapi kurang maksimal<<<

    — — —
    *kelamaan tidur malah bikin otak lembek karena tidak digunakan secara periodik

  20. Jadi memang benar harus beristirahat ya. Pantas saja kalau dipaksakan terus bekerja otak malah jadi tidak bisa bekerja dengan baik. Ternyata seperti itu. Okelah mari pelihara otak kita denagn mengistirahatkannya.

    — — —
    *seperti halnya fisik, otak pun perlu rehat agar fresh

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s