Akhir Pekan Yang Istimewa

Libur sekaligus cuti bersama yang dilaksanakan berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta di seluruh Indonesia memang cukup panjang minggu ini. Hampir sama dengan beberapa minggu yang lalu, liburan kali ini juga selama empat hari yang dimulai dari hari kamis. Suasana libur panjang memang sudah terasa sejak hari selasa sore. Praktis untuk minggu ini para pegawai hanya masuk kerja selama tiga hari saja.

Pemerintah sudah mengumumkan secara resmi bahwa Hari Jumat tanggal 3 Juni 2011 adalah cuti bersama. Kantor-kantor dan lembaga yang melayani kepentingan publik pun selama empat hari tidak memberikan pelayanan sebagaimana biasa. Tentu saja tujuannya adalah agar masyarakat tidak kaget jika mempunyai urusan, sehingga dapat menundanya hingga waktu yang ditetapkan. Sementara lembaga seperti rumah sakit, puskesmas dan yang lainnya tetap siaga di layanan tertentu termasuk satpam.

Kesempatan yang cukup lumayan ini sudah pasti dimanfaatkan. Ada yang pulang ke tanah kelahirannya alias mudik, ada yang bertandang ke tempat familinya, ada pula yang menikmati liburan di rumah bersama keluarga. Sementara itu tak sedikit yang memanfaatkan liburan kali ini khusus untuk berwisata ke berbagai tempat, terlebih waktunya juga pas di akhir pekan. Kesempatan untuk me-refresh diri pun menjadi lebih terbuka.

Siapapun pasti akan sangat senang karenanya. Tapi bukan berarti mereka yang tidak cuti bersama tidak bergembira. Beberapa perusahaan maupun pabrik ada yang tidak memberikan cuti bersama. TetapiΒ  karyawannya tetaplah senang karena gajian Sabtu di akhir pekan sudah menunggu mereka. Kalau ikut-ikutan libur berarti gajiannya juga libur dong. Kasihan anak istri yang telah menantikannya.

Meskipun cuti bersama ini disambut dengan gembira oleh pegawai di instansi pemerintah dan swasta, namun tak urung halΒ  ini akan mengurangi jatah cuti tahunan yang bisa diambil. Kalau dalam kondisi normal jatah cuti yang diambil bisa 12 hari, berhubung telah dikurangi dengan cuti bersama maka jatahnya akan berkurang selama beberapa hari.

Mungkin libur panjang yang asyik ini membuat saya sedikit mengesampingkan blog. Bahkan sekedar berkunjung ke tetangga blog pun barangkali tak sempat. Saya lebih menikmati suasana libur bersama keluarga.

Kesempatan menikmati suasana libur secara serentak dengan keluarga dan para tetangga memang jarang bisa didapatkan. Libur panjang di akhir pekan, banyak yang bisa kita lakukan untuk mengisinya. Atau mungkin ada yang memanfaatkan waktu liburan ini untuk ngeblog atau blogwalking sepuas-puasnya. Oleh karena itu manfaatkanlah hari libur ini dengan sebaik-baiknya.

Nah, apa yang Anda lakukan selama libur panjang ini?

37 thoughts on “Akhir Pekan Yang Istimewa

  1. Selamat beristirahat..

    Libur panjang biasanya saya manfaatkan untuk jalan jalan ke desa, menyegarkan mata, hati dan pikiran, hehe…

    — — —
    *hebat mas, untuk merefrash diri dari rutinitas keseharian

  2. selamat liburan dan bersenang senang, klo gw mah blog ngak tergantung waktu. karna emang gw 24 jam di depan labbtop sih. mau liburan mau kerja. labtop melulu. hhihi jadi liburan ya ngeblg.

    — — —
    *berarti tersedia jaringan internet setiap saat mas…

  3. Benar banget. Cuti minggu ini panjang dan menjadi kesempatan bagi semua orang untuk memanfaatkannya melakukan aktivitas lain di luar kantor. Pastinya bagi mereka yang berpenghasilan lebih, liburan kali ini biasanya dilakukan dgn berpesiar keluar kota

    — — —
    *bahkan bisa ke luar negeri minimal singapure

  4. sayang libur panjang ini tidak bisa berleha2…banyak tugas dan final test yg menunggu

    — — —
    *selamat bertugas, semoga cepat selesai

  5. Liburan ini mau saya manfaatkan untuk menemui adik saya yang selama ini tinggal di luar kota. Kami mau menemui sepupu kami yang selama ini tinggal di Denpasar. Yippie!

    — — —
    *mudah2an rasa kangennya segera teratasi setelah bertemu keluarga dan jalinan kekerabatan semakin bertambah erat

  6. woah.. saya istirahat sambil belajar saja di rumah. banyak hal yang ingin saya pelajari, mumpung banyak kesempatan kan.. hihi..
    selamat berlibur mas.. πŸ˜€

    — — —
    *belajar tak mengenal libur

  7. Apa yang saya lakukan?
    Tentu saya menyesali mengapa libur sepanjang ini…
    Waktu saya berkunjung ke perpustakaan jadi berkurang. :mrgreen:

    — — —
    *kan bisa melakukan hal lain, misalnya ngeblog he… he…

  8. wah libur panjang malah bikin rugi soalnya saya gak kemana-mana, gak mudik juga..
    ya paling menghabiskan waktu di rumah saja πŸ˜€

    — — —
    *liburan malah akan mengeluarkan ongkos banyak kalau untuk plesiran

  9. wah saya gak libur jadi tetap bekerja,,tapi yaitu tadi senang sekali karena pas hari sabtu,,hehehehe

    — — —
    *gajian…??

  10. Kalawo boleh tahu, sampean bersama keluarganya di mana itu mas? Saya DRS kok, dirumah saja.

    — — —
    *ke tempat simbah pak, di perbatasan gunung kidul sana, harap2 cemas juga karena untuk koneksi sinyal lebih banyak lemotnya pak

  11. Saleum
    seperti biasa liburan saya manfaatkan untuk lebih dekat dengan ayam – ayam saya, mereka itu selama saya dalam hari kerja sering bilang ” Tuan kita gak adil ama kita..” πŸ˜€ makanya saya manfaatkan bener2 buat mereka betah jadi peliharaan saya,
    Istilah lainnya Memelihara ternak sob πŸ™‚
    saleum dmilano

    — — —
    *ya, kesempatan untuk lebih dekat dengan ayam2 walau hanya beberapa hari

  12. Saya malah masih masuk kerja hari ini, Pak.

    >>>Nitip pesan buat semua:
    Saya ada tantangan buat para blogger Indonesia, ki. Yang siap bisa langsung ceck TKP di blog saya.

    — — —
    *semoga tetap semangat walau tidak ikutan libur

  13. sedikit refresh karena aktifitas di dunia cyber lebih banyak, sayang koneksinya yang bikin ngos-ngosan, harus diet tanpa image πŸ™‚

    selamat menikmati hari2 yang indah dgn keluarga πŸ™‚

    — — —
    *problemnya memang pada koneksi nih, sama

  14. Assalamu’alaikum Kang,
    karena saya pedagang, liburan ini memberikan keuntungan karena banyak yang mudik ke kampung dan sebagian mampir di lapak saya.
    Selamat menikmati liburan ya Kang

    — — —
    *bersyukur pak, libur panjang memang akan sangat menguntungkan pedagang terutama yang di tempat wisata

  15. yang libur libur yang kerja kerja. lagian mereka yang libur saat ini juga sebenernya libur terus setiap hari, di kantor main main saja daripada di rumah ngantuk.

    — — —
    *Makanya yang semangat bekerja akan sangat menikmati liburan ini

  16. hari jumat kemarin malah menjadi pengantar (tukang ojek) anak sekolah karena salah satu anak saya harus masuk sekolah…hiks…hiks…hiks…

    — — —
    *sekali-sekali pak, dekat dengan anak akan lebih baik

  17. hore, sebentar lagi juga ada libur panjang lagi, libur kenaikan kelas… πŸ˜†

    — — —
    *wow, pasti menyenangkan sekali bagi anak sekolah dan guru tentunya

  18. cuti bersaam diambil dari jatah curi. jadi, cuti bersama itu memang hak pegawa. tp, bagaimana ya dengan orang-orang atau masyarakat yang punya urusan mendesak, gara-gara cuti bersama dia tidak bisa bersegara. πŸ˜€

    — — —
    *itulah plus minusnya, perlu dipikirkan dengan seksama bagaimana mengatasi hal ini

  19. Hari libur harus lebih semangat bloggingnya πŸ™‚

    — — —
    *waktu untuk blogging lebih leluasa di hari libur, kalau tak ada acara kemana-mana

  20. emang sih libur 4 hari
    tapi gak kemana-mana, Fren
    pilih dirumah, mbelajari anak
    ini lagi pada mau ujian kenaikan kelas
    mohon doanya saja ya…

    sedj

    — — —
    *semoga sukses dan lancar bang…

  21. wahh sama mas.. saya jg 3 hari gak pegang blog..
    liburan bersama keluarga besar.. kebetulan kk jg datang dari jkt

    — — —
    *ramai dong kalau begitu kumpul keluarga

Silahkan Berkomentar

