Asap Putih Lebih Berbahaya Dari Asap Hitam

Asap merupakan zat yang timbul dari proses pembakaran. Seringkali kita melihat asap dari kepulan dapur saat kita memasak, cerobong pabrik, pembakaran sampah dan juga knalpot kendaraan bermotor atau mesin-mesin yang lain. Dari berbagai pembakaran yang prosesnya bermacam-macam dihasilkan asap yang berbeda warnanya yaitu asap putih dan asap hitam. Asap yang berbeda warna tersebut menimbulkan bahaya cemaran tersendiri.

Kaitannya dengan judul di atas maka artikel ini hanya akan membahas mengenai asap yang berasal dari kendaraan bermotor. Jika dibandingkan, mungkin muncul pertanyaan sebenarnya manakah yang lebih berbahaya, asap putih ataukan asap hitam?

Dilihat dari jenis bahan bakar yang digunakan untuk menyalakan mesin kendaraan bermotor, maka sebenarnya asap putih lebih berbahaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan. Namun di beberapa negara seperti Amerika Serikat, bahan bakar bensin dipisahkan menjadi dua jenis yaitu jenis yang sudah diberi campuran timah hitam dan jenis yang tidak mengandung timah hitam.

Asap hitam biasanya keluar dari knalpot kendaraan yang berbahan bakar solar yang secara nyata menimbulkan pencemaran dan menganggu penglihatan bagi pengendara lain. Asap putih keluar dari knalpot kendaran bermotor yang menggunakan bahan bakar bensin. Ketika terjadi kemacetan lalu lintas kedua asap ini kerap bercampur menjadi satu.

Unsur-unsur pencemaran udara dari pembakaran BBM adalah karbon monoksida (CO), ada juga nitrogen oksida (NO) dengan indeks kecil x, jadi NOx. Selain itu jumlah hydrocarbon yang berasal dari bahan bakar itu sendiri, yaitu yang tidak turut terbakar. Kemudian untuk kepentingan teknis permesinan maka di dalam bensin dicampurkan bahan timah hitam (lead). Akibat pembakaran tidak sempurna, racun muncul bersama asap yang keluar dari knalpot kendaraan tadi.

Bensin mengandung CO dan NOx lebih tinggi dibanding solar. Sebab itulah, secara keseluruhan pencemaran yang diakibatkan oleh mesin industri berbahan bakar solar lebih kecil dibanding kendaraan bermotor. CO mengandung racun sangat kuat, jika terhisap oleh paru-paru akan lebih mudah mengikat hemoglobin (butir darah merah). Sedangkan oksigen akan berkurang kadarnya sehingga manusia dapat mati lemas karenanya. Karena itu para pemilik kendaraan bermotor dianjurkan apabila akan memanasi mesin kendaraannya sebaiknya di luar garasi agar di dalam ruangan tidak terjadi penyebaran CO yang sangat berbahaya.

Sedangkan solar yang biasanya mengeluarkan asap hitam, sebenarnya adalah karbon. Karbon jika dibiarkan akan mengendap dengan sendirinya. Ia hanya menimbulkan kotor namun tidak beracun. Namun bukan berarti kita bisa dengan bebas menghirupnya. Ini pun mestinya kita hindari. Walau bagaimanapun juga emisi gas buang tetap tidak baik bagi kesehatan tubuh kita.

Kota yang kepadatan lalu lintasnya sudah melebihi ambang batas, otomatis pencemaran udaranya juga tinggi. Bila mesin kendaraan emisi gas buangnya tidak terkendali maka kondisi udara di tempat terjadinya kemacetan lalu lintas juga parah. Di beberapa kota besar di Indonesia yang tingkat kemacetan lalu lintasnya luar biasa, jika dilakukan pengukuran emisi gas buang kendaraan bermotor akan menunjukkan bahwa pencemaran gas karbon monoksida (CO) sudah cukup tinggi. Ini akan lebih diperparah apabila di sepanjang jalan tidak ada filter atau paru-paru kota yaitu pohon perindang. Pepohonan ini sebenarnya bisa menyerap berbagai macam gas beracun yang berasal dari asap kendaraan bermotor.

Berhati-hatilah jika berada di belakang kendaraan bermotor terutama yang mengeluarkan asap putih, karena ternyata asap putih lebih berbahaya daripada asap hitam.

49 thoughts on “Asap Putih Lebih Berbahaya Dari Asap Hitam

  1. baru tau saya pak,,, makasih infonya…

    tpi ya namanya asap kendaraan, tetep aja ga bagus, jadi harus dihindari semuanya..😀

    — — —
    *betul itu mas, harus dihindari atau pake masker ketika di jalan raya

  2. hem saya baru tahu.. padahal dulu saya berpikiran jika asap yang hitam itu yang jauh lebih berbahaya dari asap putih, mungkin karena alasan visual ya..

    Mari mempergunakan segala jenis kendaraan bermotor kita dengan bijaksana dan sebatas kebutuhan kita

    — — —
    *ya karena alasan visual dan asap hitam secara fisik kelihatan kalau sudah menempel di kulit

  3. bersepakat tentang hal itu kang,

    marilah beralih ke biogas, tapi yang jual biogas dimana ya🙂

    — — —
    *konversi aja seperti minyak tanah dulu, pasti ada yang jual

  4. Bener mas, sing putih kuwi Karbon monoksida memang bahaya untuk paru-paru. Ini bukan pura-pura tahu lho. Asap putih bahaya, halaman putih lebih berrrrrrrrrr bahahahahahahahayayayayaya…😆

    — — —
    *Wkk… wkk… wkkk bisa aja nih pak guru Wandi

  5. saya juga termasuk yang baru tau, kirain yang hitam pekat itu asap yang berbahaya dari kendraan bermotor, info yang sangat bermanfaat dari halaman putih🙂

    — — —
    *mudah2an bermanfaat bagi kita semua mbak…

  6. info yg baik dan menarik,,,,

    kalo mencium bau asap hitam maupun putih aku tetap mabuk hehehe
    jadi pake penutup hidung ato masker jadi aman …🙂

    — — —
    *memang lebih baik mengantisipasi dengan memakai masker

  7. Tercerahkan oleh tulisan ini, padahal dulu ngamuk ngamuk sama bemo gegara asepnya bikin muka item.🙂

    — — —
    *lha kalau di jalanan macet pasti tambah ngamuk mbak

  8. salam sobat
    benar berbahaya ,asap putih bagi kesehatan
    kalau yang asap hitam pencemaran udara.
    bingung lebih bahaya mana .

    — — —
    *gak usah bingung mbak, semua tak baik untuk kesehatan badan jadi kalau bisa hindari aja

  9. Wih..saya malah baru tau nih😀
    Tapi syukur di Jayapura masih dalam ambang batas kadar asapnya.
    Tapi ya itu, tetep harus waspada🙂

    — — —
    *betul, tetap harus waspada

  10. mari kita mulai dari diri kita sendiri tuk menjaga bumi ini lebih manusiawi.. go green🙂

    — — —
    *bermula dari pribadi ita masing2 dari hal yang kecil dulu

  11. hiii ngeri .. tp aku emang ga doyan dr dulu ngirup2 asep. lgsg bengek ku kambuh :(( … asap apapun, pasti tanganku reflek nutupin hidung dan mulut

    — — —
    *kalau yang alergi bisa bersin2 juga karena asap

  12. Dengan kondisi spt itu, maka pengaruh asap karéna efek penggunaan BBM, perlu diantisipasi dg berhemat energi dan menjaga kelestarian pepohonan sbg penyegar udara alami.

    — — —
    *suatu langkah yang harus digalakkan agar lingkungan tetap bersih terjaga

  13. yg namanya asap…

    jgn dihirup..tidak peduli warnanya😀 mau warna pelangi kek…hitam..putih…semua terlihat mengerikan

    — — —
    *jangan sampai dihirup

  14. ternyata solar yang itemnya kayak gitu justru lebih kecil resikonya dibandingkan dengan bensin. baru ngerti nih Kang

    — — —
    *sebenarnya tergantung mesin juga sih, kalau mesinnya masih OK pembakarannya akan sempurna

  15. ulasan yang menarik
    kalau asap putih yang disebabkan oleh kendaraan yang sudah aus gan

    — — —
    *masalah utamanya memang ada pada mesin kendaraan itu

  16. wahh gw bener bener baru tau. makasi ya. polusi di jakarta udah mangerikan. di indonesia lah. langit aja warna nya udah unggu kalo malam

    — — —
    *polusi memang sangat merugikan bagi kehidupan

  17. bener banget, setuju
    tapi di jakarta ini asapnya udah campur-campur
    ada yang hitam ada yang putih
    paling aman ya pake masker
    kapan ya kendaraan penyebab polusi itu dibuang kelaut?

    sedj

    — — —
    *ya, tunggu kebijakan dari pemerintah setempat aja bang

  18. hee…baru tahu saya sob…berarti khusus dikota besar, perlu juga memakai masker ya…
    maaf nih baru bisa berkunjung lagi…setelah 3 bulan mati suri

    — — —
    *ya, ini sebagai langkah antisipasi untuk meminimalisir kita menghirup gas di jalan raya

  19. hitam identik ama kotor, makanya saya pikir asap item jauh lebih berbahaya dari asap berwarna putih… makasih informasinya mas🙂

    — — —
    *nah, bisa lebih berhati2 lagi mbak

  20. Maaph nich sobb kalo kata2nya kotor yang di maksud gas putih itu kentut yach hehee..😆

    berjanda sobb:mrgreen:

    — — —
    *he.. he… hi… kentut gak berwarna, hanya bisa dirasakan melalui baunya aja

  21. ternyata banyak sekali asap2 yang membahayakan ya mas

    — — —
    *ya, dan kadang itu tidak kita sadari sehingga dengan santai kita menghirupnya

  22. Saya baru tahu kalau asap putih lebih bahaya dari asap hitam ya.
    Tapi polusi, apapun bentuknya, kalau bisa kita hindari … kalau bisaa…

    — — —
    *segala jenis polusi memang tidak baik bagi kita

  23. hmmmmm….. kalo bisa sih ada solusi untuk asap putih dan asap hitam…. Bumi makin panas dan tercemar…. mau ga mau di isep juga tuh asap…..😀

    — — —
    *susah juga pak , karena dari waktu ke waktu pencemaran semakin bertambah saja

  24. Saya mohon pencerahannya, secara komparatif : 1. lebih berbahaya mana antara asap rokok dengan asap pembuangan mobil? 2. Posisi perokok aktif dengan posisi menghirup udara terbuka ketika macet atau di tempat parkir selama periode menghisap rokok? 3. Posisi perokok pasif antara menghirup asap rokok dengan asap mobil? Terima kasih.

  25. #Surjanas
    Saya bukan praktisi kesehatan pak. Tetapi untuk kategori yang merugikan kesehatan semua posisi tidak menguntungkan kita pak. Maka kita disarankan untuk meminimalisir resikonya atau menghindari itu semua apabila bisa dilakukan.

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s