Kekuatan Berpikir Positif

Berpikir positif dalam kehidupan sehari-hari merupakan suatu hal yang sangat baik. Namun prakteknya sangatlah sulit dilakukan karena ada saja godaan-godaan yang menyertainya sehingga pikiran lantas dipenuhi oleh hal-hal yang negatif. Jika sudah demikian maka orang akan mudah terombang-ambing dalam hidupnya.

Berpikir positif dalam istilah lain sama dengan berbaik sangka. Pikiran yang jauh dari persangkaan buruk membuat orang menjadi merdeka. Aa’ Gym pernah bilang bahwa “orang merdeka adalah orang yang bisa berpikir positif atau berbaik sangka sehingga hati atau pikirannya tidak membayangkan hal yang bukan-bukan”.

Tanpa kita sadari sebenarnya berpikir positif itu mempunyai kekuatan tersendiri. Kekuatan guna mengatasi kesulitan, langkah untuk maju, dan juga kebahagiaan.

Di bawah ini ada beberapa petunjuk yang bisa diikuti dalam rangka meraih kehidupan yang positif dalam diri kita masing-masing.

1. Penuhi pikiran dengan kepercayaan dan keyakinan serta kepastian

2. Bersikap tenang, berdiam diri dan menciptakan keheningan

3. Mencurahkan perhatian dan kepercayaan pada pikiran tentang hal yang besar atau cita-cita

4. Doa-doa yang mantap mengembangkan kekuatan yang membuahkan hasil positif. Doakan – Angankan – Laksanakan

5. Sebagian besar pikiran dan sikap diri menentukan kebahagiaan

6. Kurangi kecepatan hidup, kembangkan suatu tempo hidup yang normal dan wajar

7. Segalanya akan menjadi lebih baik bila ada kepercayaan untuk keberhasilan bukannya kegagalan

8. Kekuatan kepercayaan membangkitkan suatu keajaiban

9. Pikiran yang bersih menghasilkan kekuatan

10.Bersikap tak percaya pada kekalahan dan tak percaya pada kegagalan. Ingat bahwa kegagalan adalah sukses yang tertunda. Kalaupun memang tak berhasil terima apa adanya

11.Ketakutan adalah musuh yang paling merusak dari pribadi manusia

12.Renungan spiritual yang kreatif mempunyai kekuatan guna memberikan pemecahan masalah yang tepat

13.Pemikiran sepanjang hari mencerminkan kepribadian dan membangun suasana sekeliling

14.Bersikap wajar dan tidak dibuat-buat dalam pergaulan

15.Sikap optimis dan positif terhadap setiap masalah merupakan kekuatan untuk mengatasi kesulitan

Ungkapan positif untuk tujuan positif

Doa atau ungkapan di bawah ini dapat dilakukan disetiap kesempatan dalam usaha mendukung kekuatan berpikir positif.

1. Tuhan yang mamberikan kekuatan kepadaku, aku mampu melakukan segalanya

2. Tuhan bersamaku, Tuhan membantuku dan Tuhan membimbingku

3. Bila Tuhan ada di pihakku, takkan ada yang mampu menghalangi aku

4. Selama kekuatan Tuhan membantu dan membimbingku, aku akan tetap berhasil

5. Aku mengharapkan sukses, aku meyakini sukses dan dengan bantuan Tuhan aku akan mencapai sukses

6. Dengan bantuan Tuhan, aku kosongkan pikiran dan batin dari semua kekhawatiran, semua ketakutan dan segenap perasaan tak tenteram

7. Dengan pertolongan Tuhan aku akan menyelesaikan masalah yang terberat sekalipun

8. Tuhan adalah kekuatan hidupku, aku tetap meyakiniNya

9. Kasih dan kuasa Tuhan yang bekerja dalam diriku jauh melebihi dari apa yang aku minta dan aku pikirkan

10.Tuhan pasti memberikan yang terbaik untukku menurut kehendakNya, bukan menurut kehendakku atau kehendak manusia

11.La haula wa la quwwata illa billahil aliyyil adziim (Tiada daya dan kekuatan melainkan Allah)

12.Hasbunallahu wani’mal wakiil, ni’mal maula wa ni’mannashiir

Masih banyak ungkapan positif lainnya yang bisa dipergunakan dalam usaha mendukung kekuatan berpikir positif. Cara maupun ragamnya bisa kita temukan dalam agama masing-masing karena semua agama mengajarkan kebaikan, doa, dan memerintahkan umatnya untuk selalu ingat kepada Tuhan. Berdoa menurut keyakinan dan agama masing-masing lebih utama.

Iklan

39 thoughts on “Kekuatan Berpikir Positif

  1. berpikir positif versi orang barat lain, ini sudah disesuaikan agar Islami

    — — —
    *saya hanya coba mengakomodasi semua pihak mbak

  2. assalamu’alaikum,
    perincian yang komplit. Berkhusnudzon dan selalu berdzikir qolbu, lisan dan tindakan Insya Alloh dapat menjalankan semua yang sampean jelaskan di atas.
    trims sharenya

    — — —
    *mudah2an bermanfaat bagi kita semua ustadz

  3. Setujuh… aq juga sering merasakannya. Apa yg kita pikirkan biasanya terjadi. so dari pada mikirin yg negatif, kan lebih baik mikirin yg positif.. 😀

    — — —
    *berpikiran negatif malah bisa membuat diri sengsara

  4. wih, tipsnya sangat berguna nih~ 😀
    jadi, berpikir positif itu baik.

    — — —
    *benar sekali, berpikir positif memang lebih baik

  5. tinggal gimana nyocokin dengan hati?
    pikiran positif tapi perasaan negatif jadi sumpek dengan harapan yang serasa beban. gimana nih?

    — — —
    *Pikiran dan perasaan disatukan menjadi satu paket, berpikirlah dengan hati/kalbu sehingga efeknya sampai pada pikiran yang ada di kepala.

  6. selalu berpikir positif menjauhkan diri dari curiga dan tersinggung, keberhasilan hidup pun dipengaruhi hal-hal baik dari pikiran positif juga 🙂

    — — —
    *boleh juga, bisa diterapkan dalam hidup bertetangga

  7. berpikir positif memang sulit tp harus bisa biar ga emosi, maka tenang hati terasa hehehe

    artikel yang baik…:-)

    — — —
    *berpikir positif dengan hati dan pikiran sehingga efeknya terasa

  8. Alhamdulillah…, senang sekali saya bisa berkunjung dan membaca tulisan Mas Muhammad Mufti di Halaman Putih. Apalagi, tulisan ini tentang berpikir positif. Sungguh, inilah kunci penting dalam membangun dengan Tuhan maupun sesama manusia agar bisa merasakan bahagia. Makasih banyak ya, Mas. Nice posting.

    — — —
    *betul, hubungan secara vertikal dan horizontal antara manusia dengan Tuhan dan manusia dengan manusia

  9. kalo pikiran sih udah positif banget.. tapi mata saya lelah terus kepala sering sakit, jadi bad mood lagi dehh

    — — —
    *bisa jadi itu sebuah halangan atau ujian barangkali

  10. Berdoa memang harus yakin, sya jdi teringan dengan doa orang yang seenaknya.

    “Tuhan, kabulkan doa sya jika Engkau mau ”

    Heheheheh…..

    — — —
    *tentu kita bukan orang yang berdoa seperti itu kan??

  11. terimakasih sharing artikel bermanfaat seperti ini ya… agar kita semua selalu bisa memandang sesuatu dari sisi yang baik, yg positif 🙂

    — — —
    *ya, memandang dari sisi yang positif berarti bisa mengambil hikmah dari setiap hal

  12. Kebiasan mengulang-ulang sesuatu yang positif akan memberikan efek yang positif juga bagi perkembangan semangat mental untuk meraih yang lebih baik lagi.

    TERIMAKASIH sudah menginspirasi kami dengan kekuatan pikiran.

  13. Langkah sederhana dalam mengawali dapat memancing berpikir positif, mungkin dengan selalu berlatih untuk berpikir jernih dengan selalu menjernihkan hati.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

  14. Berpikir positif akan terwujud berupa sikap yang baik, dalam mensikapi segala sesuatu yang terjadi di sekitar kita, salam kenal mas.

    — — —
    *betul sekali mas…

  15. betul tuh…! Allah bersama prasangka hambanya.jikalau berprasangka baik thdp segala sesuatu, niscaya akan mendapat hal2 baik juga .dan sebaliknya…

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s