Tidak Fit

Berpuasa ketika badan dalam keadaan sehat sungguh merupakan suatu keuntungan yang sangat luar biasa. Sepanjang hari puasa itu, kita dapat merasakan nikmatnya berpuasa tanpa ada keluhan yang berarti. Rasa haus atau lapar yang terasa adalah hal yang biasa dan paling sering kita nikmati pada siang hari. Karena keimanan kepada Allah SWT maka godaan yang membuat kita ingin minum barang seteguk, atau mencicipi hidangan sedikitpun tak mampu menggoyahkan. Namun ketika puasa kita akhirnya terganggu oleh karena kondisi kesehatan badan yang tidak fit, maka hal yang demikian itu menjadi satu ujian tersendiri.

Entah karena apa aku tiba-tiba saya terserang pilek, bersin-bersin seperti flu atau influenza begitu yang kurasakan. Walau tak sampai mengalami radang tenggorokan atau demam panas, kondisi tersebut tak urung membuat puasaku terasa menjadi berat di hari pertama. Hampir sepanjang hari aku mengalami gangguan bersin-bersin dan pilek, apalagi untuk keluar rumah jadi buruk deh rasanya.

Aktivitas keseharian masih bisa kulakukan, tetapi yang paling nikmat adalah aktivitas tidur. Dengan tidur gangguan yang kurasakan itu menjadi berkurang, bangun tidur kembali bersin-bersin kualami karena gatal di hidung yang membuat diriku menjadi seperti itu.

Sampai hari ini kondisi kesehatanku masih belum fit, namun puasa tetap berjalan seperti apa adanya. Bedanya kali ini, bersin-bersin membuat rasa lapar dan haus menjadi terasa. Banyak energi yang tetap saja terpakai dan terbuang. Akhirnya kucoba untuk mengamati kembali hal-hal apa saja yang membuatku terserang gangguan ini. Dari makanan kupikir bukan, minuman pun tidak juga. Apalagi minum es, saya selalu menghindari es dalam bentuk apa pun. Praktis yang kunikmati adalah air hangat manis, cocktail atau minuman lainnya.

Sampai akhirnya kutemukan juga jawabannya. Waktu itu di kantor tepat berada di bawah AC dalam kondisi full dingin. Kuduga memang itu yang menjadi penyebabnya. Di samping itu siang hari cuaca terasa panas dan kering. Maklum saja saat ini memang lagi kering iklimnya sehingga berakibat debu mengepul secara bebas. Angin yang bertiup juga cukup kencang. Tak heran jika keadaan seperti ini menyebabkan banyak orang terserang penyakit flu atau radang tenggorokan. Dengan demikian wajar saja kalau aku juga mengalami hal yang sama. Kondisi kesehatan yang menurun semakin membuat orang cepat terjangkit. Sedangkan kondisi badan yang fit dan bugar biasanya jarang mengalaminya.

Memang, sebenarnya aku sangat alergi dengan yang namanya hawa dingin atau debu sehingga yang terserang adalah hidung. Keadaan musim yang sedang kering ini ternyata sangat berpengaruh dan membuat kebugaran menurun. Jika sudah demikian biasanya yang kulakukan ya cuma tidur untuk memulihkannya. Alergi cukup membuatku repot dalam beraktivitas.

Menurut pengalaman jika hal ini terjadi padaku, maka yang kulakukan adalah makan yang banyak terutama yang hangat, suplemen juga tak lupa terutama vitamin C, kemudian pijat (massage) seluruh badan, sama tukang pijat tentunya,, lalu beristirahat atau tidur. Biasanya keesokan harinya badan sudah terasa segar dan fit.

Yang terakhir ini yang belum sempat kulakukan karena temanku yang pintar memijat dan biasa memijat selama kurang lebih dua jam itu sedang pulang kampung. Dua jam merupakan waktu yang cukup mengantarkan seseorang tertidur dengan nyaman sambil dipijat.

21 thoughts on “Tidak Fit

  1. memang kalo ga fit serba ga nyaman namun kalo sehat puasapun semangat…

    selamat menunaikan ibadah puasa,,,🙂

    — — —
    *ya benar, kondisi kesehatan yang kurang fit bisa membuat puasa terasa berat

  2. artikel ini cukup membuat saya terbantu, maklum lagi puasa padahal badan gak fit. kemarin dah ke dokter🙂

    — — —
    *sebisa mungkin tetap kita laksanakan puasa ramadhan meski badan tidak fit mas…

  3. tidak fit kalau tidak makan sahur gan biasanya

    — — —
    *tidak sahur bisa membuat badan lemah, meski ada juga sih mereka yang tidak sahur namun tetap kuat dan fit berpuasa

  4. Mungkin karena cuaca yang tak menentu ya ms..
    apalagi kerja di ruang ber AC..
    harus banyak minum vitamin C dan berolah raga ms..

    semoga sehat selalu dan selamat berpuasa..

    — — —
    *benar sekali mbak, vit C dan berolahraga sebagai salah satu upaya mempertahankan kondisi tubuh yang sehat

  5. Wah.
    Puasa hari pertama saya juga gak fit.
    Gara-garanya waktu sahur, saya minum vitamin penambah darah (yg sbenarnya jg baru 2x saya minum bbrp hari sebelumnya, tp waktu itu tidak ada masalah). Pagi-pagi saya udah mual dan pusing, dan kemudian akhirnya termuntahkan semua, termasuk vitamin yg gede warna merah itu. Setelah muntah, badan jadi enakan dikit, tapi memang jd gak fit sampai berbuka. Hbs buka, langsung badan dibalur krem panas sambil dipijet, lalu tidur. Tetap sahur besoknya. Dan kemudian saya pilih tidak masuk kantor saja utk istirahat. Lumayan, setelah istirahat seharian,badan jadi enak.
    Mudah2an seterusnya puasa tetap lancar ya mas. Memang mencari vitamin yg cocok dengan tubuh pun tidak mudah.

    — — —
    *Insya Allah, kalau sudah kejadian badan tidak fit kita pasti akan lebih berhati2 jaga makan dan kondisi tubuh

  6. saya juga alergi hawa dingin dan debu, kalo bersentuhan dengan dua hal itu langsung demam.
    soal puasa, sakit demam gak ngaruh lah.

    — — —
    *kalau saya bukan demam, tapi bersin2 berkepanjangan

  7. Assalaamu’alaikum wr.wb, Mas Muhammad…

    Ternyata cuaca yang tidak menentu memberi impak kepada dunia sejagat. Di Malaysia juga demikian sama, hari pertama puasa sungguh menduga iman disebabkan kepanasan yang berpanjangan. Alhamdulillah, jika ketakwaan dan tahu akan kewajiban rukun ke 3 ini, pasti yang payah akan mudah dilakukan.

    Didoakan mas Muhammad kembali sembuh dari segala gejala yang menyebabkan tidak fit untuk berpuasa. Banyak hikmah yang boleh diambil atas ujian tersebut. Berdoa dan beristighfar merupakan jalan kesembuhan selain berikhtiar untuk mencari penawarnya. Amalkan minum madu bercampur lemon perahan tanpa gula sebanyak 2 kali sehari untuk menghilang kegatalan di kerongkong dan baik juga buat penawar batuk.

    Selamat berpuasa dan menjalani ibadah di dalamnya dengan redha dan sabar.
    Salam Ramdhan yang mulia dan mesra selalu dari Sarikei, Sarawak.😀

    — — —
    *terima kasih banyak atas saran dan doanya, semoga Allah membalas kebaikan ibu dengan pahala yang lebih banyak

  8. kalo badan saya sudah mulai terasa lelah atau kurang fit, biasanya saya minum habbatusauda sebelum tidur, alhmadulillah… paginya terasa segar

    — — —
    *saya belum pernah coba habbatussauda pak, nanti saya akan coba deh…

  9. memang kalo badan lagi gak fit, saya slalu was was takut puasa saya gak full ampe magrib..
    tapi tetap semangat

    selamat menjalankan puasa,
    semoga amal ibadah puasa kita di terima oleh allah swt,,,
    amin

    — — —
    *ya itu yang dikhawatirkan, kalau puasa jadi batal hari itu

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s