Sebutan Peringatan HUT Pernikahan

Setiap pasangan yang telah menikah, pasti akan memperingati ulang tahun pernikahannya setiap tahun. Dirayakan dengan pesta ataukah tidak tergantung dari yang bersangkutan. Ada yang memperingatinya setiap tahun dengan perayaan-perayaan tertentu sebagaimana orang memperingati ulang tahun kelahiran.

Perayaan atau peringatan ulang tahun pernikahan ini kalau di dalam agama Islam memang tidak ada dasarnya sehingga hal itu oleh sebagian muslim dianggap sebagai hal yang biasa saja. Akan tetapi bagi masyarakat pada umumnya, pernikahan dianggap sebagai tonggak sejarah baru bagi kehidupan yang dijalaninya. Peristiwanya kemudian dijadikan sebagai suatu hal yang luar biasa dan layak untuk diperingati.

Tahukah Anda, bahwa peringatan hari ulang tahun pernikahan tersebut ternyata tidak muncul begitu saja. Ada sedikit sejarah yang melatarbelakangi munculnya perayaan peringatan ulang tahun pernikahan atau perkawinan. Berawal dari sebuah buku yang ditulis dan dipublikasikan oleh seseorang, dari situlah kemudian muncul istilah kawin perak, kawin emas dan sebagainya.

Pada tahun 1659, John Evelyn menulis buku mengenai pesta ulang tahun pernikahan dengan judul “Diary”. Kemudian Samuel Pepys juga menulis buku serupa, namun fokusnya mengenai pesta kawin perak, yaitu pesta peringatan yang telah berlangsung setelah perkawinan berusia 25 tahun. Tulisan itu selanjutnya dipublikasikan pada tahun 1806 oleh Anna Letina Barbauld yang juga menulis tentang kawin perak.

Selanjutnya pada tahun 1860, di Inggris dipublikasikan mengenai kawin emas. Peringatan pernikahan yang telah berlangsung selama 50 tahun. Selang beberapa waktu kemudian yaitu tahun 1872 pesta kawin intan menyusul sebagai peringatan bagi pasangan yang telah menikah selama 60 tahun. Sejak itulah ulang tahun pernikahan diperingati oleh segenap masyarakat.

Belakangan muncul pula istilah atau sebutan untuk memperingati ulang tahun pernikahan mulai dari yang pertama hingga pada bilangan tertentu. Di bawah ini adalah sebutan untuk peringatan ulang tahun pernikahan ke :

  1  = kawin kertas
  2  = kawin kapas / mori
  3  = kawin kulit
  4  = kawin buah-buahan / bunga / buku
  5  = kawin kayu / balok
  6  = kawin besi
  7  = kawin tembaga / kuningan
  8  = kawin karet
  9  = kawin gerabah
10 = kawin aluminium
11 = kawin baja
12 = kawin sutera / linen / nilon
13 = kawin renda
14 = kawin gading
15 = kawin kristal

Selanjutnya peringatan ulang tahun pernikahan yang ke :

20 = kawin cina
25 = kawin perak
30 = kawin mutiara
35 = kawin jade / karang / koral
40 = kawin rubi
45 = kawin saphire
50 = kawin emas
55 = kawin zamrud
60 = kawin intan

Nah, sudah sampai peringatan yang ke berapa pernikahan Anda???

Iklan

71 thoughts on “Sebutan Peringatan HUT Pernikahan

  1. #TepokJidat
    Sungguh indah bagi yang bisa sampai kawin intan. Sudah diberi umur panjang, pernikahan langgeng pula. 🙂

    Eh tapi entahlah ya, umur panjang belum tentu bahagia.

  2. saya sudah 17 tahun, kok nggak ada istilahnya Kang ?

    — — —
    *penulis bukunya mungkin bingung kehabisan istilah pak, sehingga kemudian dilanjutkan setiap 5 tahun sekali setelah peringatan HUT pernikahan yang ke 15.

    • berarti cuma karangan doang. kok gak bisa dijawab pertanyaan tsb kenapa tidak ada istilah yg ke 16 dan 17 ? knp langsung ke 20

  3. jadi pingin cepet cepet Kawin ni sob, than’s ya artikelnya sangat bermanfaat memicu semangat tuk berusaha cepet dapet jodoh, doain ya.

    bisa tukar link ga ya sama Kerajaan Air Mata…?

    salam

  4. Kalau dilihat dari istilah di atas, usia perniikahan kami terhenti di angka 11, kawin baja. Entahlah, mungkin ini hanya sekedar istilah, tapi yang kami rasakan, cinta dan kasih sayang kami saat itu semakin membaja, hingga kini ketika almarhumah lebih dulu menghadap Nya.

    — — —
    *insya Allah, semoga beliau mendapatkan tempat terbaik di sisiNya

  5. Berarti saya baru sampai kawin kapas dong mas?
    btw, ini versi siapa yach? he.he . . .

    — — —
    *ini rangkuman saja dari berbagai versi mas…

  6. Waaahh.. ternyata ada banyak ya 😀
    aku baru lewatin masa kawin buku dan masuk masa kawin kayu tuh, mudah-mudahan sih cintanya tetap awet sampe tahun emas ya, bukan cuma pernikahannya yang awet tapi udah hambar, hehe..
    amin.. ^_^

  7. saya masih kawin alumunium..hehe.🙂 .mudahan sampai pada kawin intan,, bukan , bukan sekedar kawin intan, tapi perkawinanku kekal abadi sampai kealam nanti,,,aamiin aamin aamin ya Robbal ‘alamiin.. 🙂

  8. saya baru tahu istilah2 itu mas.. tapi orang tua saya tidak pernah merayakan ulang tahun pernikahannya, padahal tahun ini pernikahan perak mereka lho.. hahahaha, saya saja sampai lupa.. 😀

    • We would like to thank you just as before for the gorgeous ideas you gave Jesse when preparing a pouarg-tdsate research and, most importantly, for providing all of the ideas within a blog post. Provided that we had been aware of your website a year ago, i’d have been kept from the unnecessary measures we were choosing. Thank you very much.

  9. kalau bagi yang berusia 30 tahun dan belum menikah, besok bisa memperingati ulang tahun emas pernikahan ngga ya, hmmmmmm

    **nunjuk diri sendiri**

  10. Alhamdulillah hari ini ulang tahun pernikahan kami yang ke 18thn, semoga kami trs bs menjalanin dengan baik, menjadi keluarga yang shakinah mawadah warromah…. Amin YRA 😀

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s