Perkawinan, Kata Orang…

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, nikah berarti ikatan (akad) perkawinan yang dilakukan dengan ketentuan hokum dan ajaran agama. Sementara kawin (hubungannya dengan manusia, bukan hewan) diartikan sebagai membentuk keluarga dengan lawan jenis; bersuami atau beristeri.

Di Wikipedia disebutkan bahwa perkawinan adalah ikatan sosial atau ikatan perjanjian hukum antar pribadi yang membentuk hubungan kekerabatan dan yang merupakan suatu pranata dalam budaya setempat yang meresmikan hubungan pribadi- biasanya intim dan seksual.

Untuk pernikahan, Wikipedia mengartikan istilah tersebut dengan upacara pengikatan janji nikah yang dirayakan atau dilaksanakan oleh dua orang dengan maksud meresmikan ikatan perkawinan secara hukum agama, hukum negara, dan hukum adat.

Lalu bagaimana dengan undang-undang perkawinan?

Dalam Undang-undang Republik Indonesia No. 1 tahun 1974 yang mengatur tentang perkawinan disebutkan bahwa perkawinan adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga atau rumah tangga yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Kalau melihat definisi perkawinan atau pernikahan menurut sumber di atas, nampak bahwa perbedaannya tidaklah begitu jauh, bahkan beberapa daerah menganggap istilah kawin dan nikah itu sama.

Tulisan ini tidak akan membahas seputar istilah tersebut, sudah ada ahli bahasa yang mampu mengulasnya secara mendalam. Saya hanya merangkum opini masyarakat dari berbagai sumber yang ada,  apa dan bagaimana perkawinan di dalam pandangan mereka.

Di bawah ini perkawinan menurut berbagai pandangan masyarakat umum, alias kata orang, perkawinan atau pernikahan adalah :

  1. Perkawinan adalah berlayar mengarungi samudra kehidupan dalam bahtera rumah tangga
  2. Perkawinan bukan sekadar hubungan spiritual dan pelukan bergairah; perkawinan juga tiga kali makan sehari dan ingat membuang sampah.
  3. Perkawinan adalah harmoni dalam rumah tangga
  4. Perkawinan berarti menjadi raja dalam upacara pernikahannya
  5. Setelah menikah, suami dan istri bak menjadi dua sisi dari sebuah uang logam; mereka hanya tidak bisa menghadap satu sama lain, tapi masih tetap tinggal bersama
  6. Perkawinan harus menjadi duet, ketika seorang bernyanyi yang lain bertepuk tangan
  7. Perkawinan adalah sebuah nyanyian dan hari yang tidak dapat dilupakan
  8. Perkawinan adalah memberi sesuatu yang tidak terlalu berguna pada saat pasangan berulang tahun
  9. Peringatan hari ulang tahun perkawinan adalah perayaan cinta, saling percaya, kemitraan, toleransi, dan ketabahan. Urutannya bervariasi untuk suatu tahun tertentu dan ada sebutannya
  10. Perkawinan dapat dibumbui dengan musik, kata-kata lembut, dan parfum; tetapi kelangsungannya ditopang oleh kerja keras, perhatian, saling menghormati dan masakan yang enak
  11. Perkawinan adalah sebuah komunikasi dengan banyak kata dan ungkapan perasaan
  12. Perkawinan adalah saling memberi dan menerima kasih sayang
  13. Perkawinan adalah menangis dan tertawa bersama
  14. Perkawinan dapat berarti musibah
  15. Perkawinan adalah memiliki orang yang mengerti apa yang sedang anda sedihkan tanpa Anda memberitahukannya terlebih dahulu
  16. Perkawinan tak hanya menyatukan dua hati saja tetapi juga menyatukan dua keluarga besar yang berbeda
  17. Pesta perkawinan kita sudah berlalu bertahun-tahun yang lalu, tapi perayaannya berlanjut sampai hari ini
  18. Pernikahan adalah mengalihkan dana yang bahkan lebih cepat dari mesin ATM
  19. Perkawinan yang bahagia adalah penyatuan dua orang yang bersedia saling memaafkan
  20. Perkawinan dapat dikukuhkan di sorga, tetapi pengelolaannya harus dilakukan dibumi.
  21. Pernikahan adalah satu-satunya perang dimana seseorang tidur dengan musuhnya.
  22. Perkawinan adalah pelangi dan warna-warni kehidupan
  23. Dalam perkawinan Anda selalu akan menemukan sesuatu yang baru tentang orang yang Anda merasa sudah kenal dengan baik
  24. Perkawinan adalah bertambah tua bersama-sama dengan orang yang Anda sayangi
  25. Perkawinan adalah sebuah kenangan

Nah, bagaimana menurut Anda???

Iklan

60 thoughts on “Perkawinan, Kata Orang…

  1. Wah… jadi inget pelajaran Sosiologi nih. Dulu saya mati-matian menghapal sosiologi demi mengikuti Olimpiade sosilogi di tingkat Medan. Yang akhirnya dapet harapan 2. hihi…

    Sekarang kayaknya udah banyak yang terlupa… 🙂

  2. perkawinan tidak hanya menyatukan antara dua individu saja,tapi menyatukan semuanya,bahasa,adat istiadat,keluarga,budaya dan lain-lain,love,peace and gaul.

  3. “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir. ” (Surah Rum:21)

  4. Ada perbedaan besar antara nikah dan kawin di presepsi lingkungan aku mas, kalau kawin itu lebih ke arah sex, dan nikah ke legal hukumnya.. gak tahu deh sejak kapan itu jadi perbedaan mencolok..

  5. Kalau bedanya pernikahan sama perkawinan apa pak? hehe…

    — — —
    *Tergantung dari sudut pandang mana dulu kita membedakannya. Kalau orang betawi mungkin tak ada perbedaannya. Namun banyak juga yang membedakan bahwa pernikahan hanya untuk menusia smentara perkawinan untuk hewan atau tumbuhan. Makanya saya mengusung beberapa sumber yang mendefinisikan pernikahan dan perkawinan.

  6. Yoki mas, saya juga membedakan istilah pernikahan dengan perkawinan. Pernikahan berarti jalinan dengan ikatan (akad nikah, nggak ada akad kawin),sedang perkawinan berarti jalinan tanpa ikatan. Nikah hanya untuk manusiwa, nek kawin cocok untuk hewan wal tumbuhan.

  7. Perkawinan adalah menyatunya dua hati karena cinta, rasa hormat dan tanggung jawab…

    Agak susah mendefinisikan tentang hal ini, karena pernikahan itu sesuatu yang sangat kompleks. Yang pasti, suami isteri itu harus punya kesamaan dalam memandang dan menjalani hidup 🙂

  8. 21. Pernikahan adalah satu-satunya perang dimana seseorang tidur dengan musuhnya.

    masih belum ngerti kalimat no 21 ini… maksdnya perang dengan sapa ??

    — — —
    *Dalam rumah tangga biasa kan pak, ada perang mulut, perang dingin, cekcok dan masalah lainnya. Yang berperang ya suami isteri itu sendiri…

  9. Helt genialt !! Easy Travel er en super ordning. Da kan ferien vare ekstra lenge, samt at man slipper å stå i ingesskkinnjkø. Håper at dette blir gjeldende for alle reisemål og Sunwing etterhvert av Margrethe

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s