Nikmatnya Sariawan

Orang yang kena sariawan pasti merasakan betapa susah dan menderitanya. Rasa sakit dan nyeri menyebabkan makan jadi tak enak. Selera makan lenyap, tak makan pun malah bisa berabe. Semua makanan rasanya tak bakalan nikmat untuk disantap.

Kalau letak sariawan ada di posisi kanan atau kiri masih mendingan. Tetapi, sariawan yang mengenai bibir atau lidah, wah…. pasti nyeri sekali. Sakitnya terasa lebih sakit. Bahkan untuk sikat gigi harus ekstra hati-hati, agar jangan sampai tersenggol di bagian yang luka. Kalau sampai tersenggol, luka akan menjadi lebar dan nyerinya bukan kepalang.

Keponakanku yang baru kelas 3 SD kemarin kena sariawan, lukanya pas di bibir. Luka yang muncul tak hanya satu, tetapi dua. Luka yang semakin lama semakin lebar itu membuatnya merasa meriang, panas dingin, dan tak enak badan. Makan tak mau kalau tidak dipaksa, sakit katanya. Tidurnya pun gelisah karena nyeri yang dirasakannya. Bibirnya jadi terlihat jontor dan manyun. Kulit di bibir seperti terkelupas dan kering.

Gara-gara sariawannya itu, keponakanku tak masuk sekolah selama seminggu. Ya maklum saja, anak umur sekian kalau lagi tak enak badan pengennya di rumah. Berat badannya sempat turun sampai 2 kilo akibat tidak doyan makan, kata bapaknya.

Saat topik ini kutulis, sariawan yang kuderita juga baru sembuh. Sudah sekitar seminggu ini sariawan bersarang di bibirku. Makan dan minum mesti yang hangat-hangat. Makan sesuatu yang dingin akan terasa kasar dan menyakitkan di mulut. Selera makanku turun karena sakitnya terasa memenuhi rongga mulut. Luka sariawannya sih cuma satu. Hanya saja letaknya yang tepat di belakang bibir persis berhadapan dengan gigi yang membuatku meringis.

Posisi tersebut rentan sekali tersenggol sendok, gelas minum, maupun makanan yang masuk ke mulut. Apalagi waktu menyikat gigi, sering kebablasan dan tergores tepat di lukanya. Nyos…. Sekonyong-konyong nyeri muncul ketika tak sengaja luka tergores oleh sikat gigi. Nyerinya minta ampun, membuatku meringis menahan sakit.

Entah apa sebabnya orang bisa terkena sariawan. Belum sempat kucari di referensi, apa yang menyebabkan terjadinya luka di mulut. Katanya sih panas dalam, tapi ada pula yang mengatakan pencernaan yang kurang sehat sehingga muncul sariawan. Stres pun kemungkinan bisa jadi penyebabnya menurut beberapa orang yang mengalami. Demikian pula kalau terjadi sariawan di usus, maka di rongga mulut akan timbul juga sariawan.

Nah, jadi mana yang benar?

Namun menurutku luka sariawan dapat terjadi karena daya tahan tubuh melemah. Upaya untuk memulihkannya adalah hanya dengan meningkatkan daya tahan tubuh itu sendiri. Salah satunya dengan mengkonsumsi vitamin C, atau makan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C.

Berdasarkan penelitian, vitamin C memang sangat bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai penyakit. Selain itu, guna pemulihan kondisi tubuh sehabis sakit, vitamin C sering digunakan. Vitamin C ini juga dipercaya mampu mengobati sariawan, flu, batuk dll. Maka tak berlebihan kiranya, jika orang kemudian mengkonsumsi vitamin C untuk mengobati sariawan. Tentunya komposisi yang terkandung dalam vitamin C minimal 50 mg atau setara dengan sebutir jeruk.

Banyak orang menyarankan resep berbeda dalam mengatasi sariawan. Diantaranya adalah dengan mengoleskan lombok atau sambal pada tempat yang terluka, dijamin pasti “mak nyoss”….!! Kemudian ada lagi yang menyarankan agar menempelkan vitamin C atau apa saja yang rasanya masam di luka yang ada. Kalau yang ini rasanya pasti “theng”…!! Perih sekali sampai ke ujung kepala. Yang lumayan enak adalah mengoleskan mentega dengan tujuan agar kulit tidak kaku. Kupikir yang satu ini adalah cara paling enak dan tak sakit sedikit pun.

Belakangan ada cara ekstrim dan mengerikan, yaitu mengeruk lapisan putih sariawan dengan kapas sampai berdarah, hiiii……!! Boleh juga menghilangkan lapisan putih itu dengan sikat gigi, caranya sariawan disikat sampai berdarah. Katanya kalau lapisan putih itu hilang, maka sariawan akan cepat sekali sembuhnya.

Weleh… weleh… siapa yang berani coba???

41 thoughts on “Nikmatnya Sariawan

  1. Sariawan itu multifactorial penyebabnya mas, tiap orang bisa beda dan gak semua orang berbakat sariawan. Saya sendiri berbakat sariawan & sariawan saya akan timbul klo gak cocok sama pasta gigi dan jika kena trauma.

    Untuk obatnya, bisa pake aloclair, minosep atau kenalog in orabase.. aloclair & minosep bisa dengan cara kumur2. Untuk kenalog in orabase diaplikasiin langsung ke sariawannya setelah dikeringkan. Kenalog ini obat sariawan andalan dengan sekali aplikasi, sakit bisa hilang!!!

  2. saya sariawan klo lagi jarang bangun pagi…. timbul dech sariawan, kadang di bibir luar kadang di bibir bagian dalam…. bener dah klo sariawan susah mo ngapa”in apalagi gosok gigi😦

  3. Ping-balik: Makna Kemenangan Sejati | lazionews.info

  4. Kalau sdh kena sariawan, bagi saya itu ‘alarm’ kalau kondisi tubuh saya tdk fit, jd waktunya utk re-charge dengan minum multivitamin lbh rutin [krn biasanya gak rutin tiap hr], dan mengobati bagian yg kena sariawan. Biasanya sih pake jeruk atau kecap….perih sih tp lbh cepat sembuh

  5. saya pernah kena sariawan, seorang sahabat menyarankan untuk mengolesi dengan minyak cap tawon (yang biasanya dipake untuk bayi kalo digigit nyamuk, dll), e… bener, sehari lumayan lemes, besoknya berkurang, hari ketiga sudah mulai enakan…

  6. Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Indra…

    Sariawan itu memang terjadinya kerana daya tahan tubuh melemah terutama jika tubuh tidak dimasuki air secukupnya. menurut ibu saya, ubat bagus untuk sariawan adalah madu yang dioles pada tempat sakit. Insya Allah akan membaik dengan segera kerana saya sudah mencobanya.

    Pengajarannya dengan didatangi apa sakitpun, kita harus banyak bersyukur kerana sempat menakluk diri untuk mengenang segala dosa yang dilakukan. Semuanya hadir kerana perhatian Allah kepada kita.

    Salam ceria dari Sarikei, Sarawak.😀

  7. ihhh, mengeruk lapisan putih sariawan. ngeri banget mas, kalau semakin parah lukanya, malah semakin tersiksa. ribet amat. kalau cara dari ayah saya itu memakai getah Pohon JARAK mas, dengan begitu sariawan akan tertutup lapisan getah yang mengering, jadinya udah gag sakit mas, cepet sembuh lagi. tapi ya itu, kalau getahnya kena lidah, rasanya pahit banget mas😀

  8. cara terakhir extrim banget gan ^^
    kalau ane biasa kalau sariawan, langsung beli rujak di pinggir jalan gan, buat asupan vitamin c
    ada juga kata teman ane, sering kumur2 dengan obat kumur sehabis gosok gigi, katanya sariawan itu selain karena kekurangan vit. c juga kebersihan mulut kurang terjaga,

  9. Ho’o. Lombok diulek dulu, lalu dioleskan di bibirnya. NAMUN NEK PENGIN LEBIH THOKCER, Olesi/tutuli bagian yang kena sariwawan itu dengan LENGA PET, tangi turu garing, tapi lara sithik sih😀

  10. Ih saya juga amit-amit kalau sedang terserang sariwan, mas..Sengsara banget. Sudah gak enak makan, minum saja sakit. Apa lagi jika yg menderita anak kecil yah..Tapi menyikat sariawan, jangan lah..Disamping mengerikan, lukanya kan juga semakin terbuka. Tambah gampang masuk kuman itu..

  11. Aku lg kena sariawan sudah 2 hari ini, dan ternyata sariawan bikin sakit kepala ya, pas bangun tidur tadi pagi rasanya kepala melayang2 pusing tujuh keliling dan hampir mau muntah, udah 2 kali minumobat tapi masih blm baikan, hik hik hik

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s