Anda Merasa Jenuh?

Aktivitas kehidupan sehari-hari kadang membuat kita merasa jenuh dan bosan. Jika aktivitas yang kita kerjakan itu bervariasi atau berganti-ganti, mungkin rasa bosan itu tidak terjadi. Namun meskipun demikian, rutinitas yang dilakukan setiap harinya bisa memicu rasa jenuh dan bosan. Hal ini sangat erat hubungannya dengan pekerjaan yang digeluti. Hampir setiap pegawai atau pekerja mengeluh karena merasa bosan dengan rutinitas.

Keadaan tersebut makin diperparah oleh adanya beban kerja dan tekanan dalam pekerjaan. Stres bisa timbul kalau keadaan sudah demikian parah dan tidak bisa dikendalikan lagi. Bagi mereka yang mengalami, mungkin akan menganggap bahwa hidup ini tidak menyenangkan, statis, tidak berkembang bahkan mungkin tidak ada gunanya.

Hampir segala usia, mereka yang mengalami kejenuhan dan rasa bosan. Mereka yang memiliki pekerjaan tetap saja tidak bisa terhindar dari hal ini, apalagi mereka yang pengangguran dan tidak punya aktivitas apa-apa. Kejenuhan yang sudah kronis dan mengakar pada diri seseorang bisa mengakibatkan depresi, yaitu suatu kondisi kejiwaan yang lebih parah dari sekedar stress. Kondisi semacam ini memerlukan terapi professional dari psikiater. Kalau dibiarkan saja bisa berakibat fatal.

Diantara sekian banyak orang yang mengalami kejenuhan, ada yang merasakan pada waktu-waktu tertentu saja. Ini bisa hilang setelah beberapa jam, beberapa hari atau beberapa minggu. Biasanya kejenuhan seperti ini mudah diatasi tanpa lari ke hal-hal yang merugikan atau merusak.

Tetapi ada pula orang yang mengalami kejenuhan permanen. Kejenuhan ini akan menetap apabila tidak terjadi perubahan kondisi, baik lingkungan ataupun aktivitas. Hal inilah yang bisa memicu terjadinya depresi, kalau tidak diatasi dengan segera.

Berikut ini beberapa sebab umum dan cara mengatasi kejenuhan dalam tingkat yang masih normal :

1. Kurangnya variasi hidup
Hidup yang terasa membosankan dan tak menarik, bisa jadi disebabkan oleh kurangnya variasi dalam menjalani hidup. Hidup yang dijalani monoton dan statis, itu-itu saja. Salah satu cara untuk bisa keluar dari hal ini adalah dengan membuat kegiatan maupun kebiasaan yang berbeda dan bervariasi dari waktu ke waktu. Misalnya pergi kerja melalui jalan lain, mengubah menu makanan, mengubah letak perabot rumah, cat dll. ganti suasana dan pemandangan.

2. Kurang tantangan dalam hidup
Bisa jadi hidup terasa membosankan karena kurang tantangan atau bahkan tak ada tantangan sama sekali. Ada baiknya berganti pekerjaan yang lebih menantang sesuai dengan bakat dan kemampuan. Jika menyukai pekerjaan lapangan, tak ada salahnya untuk terjun ke situ daripada hanya sekedar berdiam di belakang meja saja. Mencoba untuk mengerjakan kerajinan tangan yang sama sekali belum pernah dikerjakan. Memasang target tertentu dalam pekerjaan.

3. Kurang keterlibatan diri
Kurangnya komunikasi dan interaksi dengan rekan bisa menjadi penyebab kejemuan. Semakin orang merasa asing dengan dunianya semakin besar peluang untuk frustasi. Segala sesuatu dianggap tidak bersahabat, tidak simpatik bahkan memusuhi. Hidup ini tidak hanya mencari sesuatu, namun juga memberikan. Kerja sama dalam hal apa saja bisa menciptakan hidup ini indah. Bersikap ramah terhadap siapa saja akan melibatkan diri kepada pergaulan di lingkungan dimana kita berada.

4. Kurang keinginan dan tuntutan
Biasanya karena tak ada tujuan dalam hidup sehingga menyebabkan kebosanan dan tidak mengerti apa yang seharusnya dilakukan. Adanya tuntutan dalam hidup dan berusaha untuk menggapainya sesuai dengan kemampuan yang ada membuat hidup dapat terhindar dari kebosanan. Apalagi jika tuntutan itu berhasil dipenuhi.

5. Kurangnya semangat dan dedikasi
Semangat merupakan motor dalam hidup. Semangat yang didampingi dengan dedikasi membuat orang akan lebih tabah dalam menerima apa yang terjadi. Dalam mencapai tujuan diperlukan semangat dan kepercayaan untuk memperolehnya. Jalan kehidupan ini tidak semulus yang dibayangkan, banyak goncangan dan hambatan yang menghadang. Jika semangat sudah menyala lakukan sesuatu untuk meraih cita-cita dan tujuan. Namun bersiap juga jika cita-cita dan tujuan itu belum bisa dicapai.

6. Kurangnya modal dan kemampuan materi
Hal ini pun bisa membuat orang bosan dalam berusaha. Uang bukanlah segalanya, namun tanpa uang segalanya bisa jadi runyam. Meskipun demikian bukan berarti tanpa uang kita tidak bisa berbuat apa-apa. Banyak orang yang memulai suatu usaha tanpa uang, nyatanya bisa berhasil dan tak sedikit mereka yang memiliki banyak uang justru gagal dalam menjalankan usaha.

7. Tidak adanya pendamping hidup
Ini yang sering dialami oleh kaum lajang. Apa yang dilakukan seakan tiada guna dan tak berarti. Kejenuhan kadang datang begitu cepat dan merasuk dalam kehidupan dalam waktu lama. Hal ini menyebabkan gairah hidup menjadi padam. Meskipun mampu berbuat sesuatu tetapi tidak tahu berbuat untuk apa dan untuk siapa. Tak seorang pun yang bisa menerima persembahan dari hasil kerjanya. Mencari pendamping hidup adalah suatu cara yang pas untuk melenyapkan rasa bosan yang disebabkan oleh hal yang satu ini. Jika mencari sendiri tak bisa, masih ada orang lain yang boleh diandalkan untuk mencarikannya. Biro jodoh pun boleh dimanfaatkan dan bertebaran dimana-mana. Namun kalau masih banyak pertimbangan ini dan itu, yang begini yang begitu, maka jangan harap pendamping hidup segera didapat. Boleh jadi fisik tegar dan perkasa tetapi hati pilu, batin menangis.

Termasuk kejenuhan manakah yang pernah menghampiri diri Anda?

46 thoughts on “Anda Merasa Jenuh?

  1. Ping-balik: Canggung Waktu Bertamu ke Rumah Calon Pacar | Cerita Humor … | kocokocak.com

  2. Kalau aku lagi bosan, biasanya cuman sesaat, langsung deh pit2 an, menghirup udara segar, melintasi sawah,sungai,danau, dan hutan, motret sana-motret sini pulang ke rumah, lenyap deh rasa bosennya.

  3. jenuh atawa jutek sama kerjaan kadang sayah alami juga. alhamdulillah blom perlu psikiater, amit2 dah :d. paling saya maen gem atawa bantu2 bersih rumah :d

  4. Aku sering diserang kejenuhan disaat musin dingin. Gimana gak jenuh, mo kemana2 rasanya malas karena dingin yg menusuk tulang. Sampe2 klo mau pergi kerja (kebetulan jalan kaki), route-nya itu2 aja, karena pengennya cepet nyampe ya karena dingin itu. Tapi klo udah musim panas, baru banyak sekali variasi hidup ini. Kayaknya lebih aktif gitu.

  5. klo aku lagi jenuh ya jalan2….didaerahku ini sangat indah…klo ngga aku ya bikin kesibukan…wong hobby ku seabreg….kayanya rugi yah klo jenuh itu???

  6. aku jenuh kalo gag punya uang…gag bisa ngapa2in hiksss…pingin wisata kuliner gag ada duit, pingin nonton gag ada duit, pingin shopping gag ada duit, pingin jalan2 gag ada duit ..stress deh jatoh2nya hihihihii

  7. Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Muhammad…

    Saya setuju dengan sebab umum yang dijelaskan di atas. kejenuhan disebabkan
    kita yang menciptakan keadaan itu. Hasilnya kita akan jadi kecewa dan putus asa. Mempunyai perancangan seharian dan menghargai hadirnya hari ini/sekarang hendaklah dipenuhi dengan aktivitas yang bermanfaat.

    Yang utama, banyakkan bersyukur kerana Allah masih meminjam waktu hidup sebelum tiba waktu mati, waktu sihat sebelum sakit, waktu lapang sebelum sempit, waktu kaya sebelum miskin dan waktu muda sebelum datang tua.

    Hadir ini juga, ingin mengucapkan SELAMAT HARI RAYA IEDUL ADHA 1433H buat mas Muhammad dan keluarga.

    Semoga takbir yang bergema membawa seribu keberkatan bersama-sama erti pengorbanan sebenar.

    MAAF ZAHIR DAN BATIN.
    Sarikei, Sarawak

  8. Biasa nya sy nemuin titk jenuh di tp kerja…waktu bagai berputar lama sekali…bisa terbayang waktu kerja bawaan nya liat jam terus..pengen nya di putar ke jam pulang..hehe
    Klw udah nemuin hal gitu..langsung sy ambil cuti beberapa hari buat refresh lagi…🙂
    Artikel sobat sangat bermanfaat sekali…🙂
    Trengkyu ya sdh berbagi🙂

  9. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
    Alhamdulillah kita masih diberi ALLAH SWT , nikmat umur buat menyambut Idul Adha tahun ini,
    semoga rahmat dan karunia ALLAH SWT selalu menyertai kita semua,
    selamat merayakan Hari Raya Idul Adha,
    bila ada salah dan khilaf dalam kata serta sikap selama ini, mohon di maafkan lahir dan batin.
    Wassalam

  10. Ping-balik: Casey Stoner Khawatir di Tikungan Kanan Sirkuit Sachsenring | motogpnews.biz

  11. kejenuhan itu hal yang lumrah, dan sekarang saya juga sedang mengalaminya namun jangan sampai kejenuhan yang kita rasa bisa mengganggu semua aktivitas kita

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s