Mandi Dan Kesehatan Tubuh

Mandi dilakukan oleh setiap orang setidaknya 2 kali dalam sehari. Sehabis mandi kita merasakan kesegaran, disamping itu badan bersih dari kotoran yang melekat. Mandi pagi kalau terbiasa maka dingin tak akan terasa, malah kesejukan yang dapat dirasakan. Terlebih ketika kita habis melakukan perjalanan jauh atau aktivitas yang melelahkan, mandi dapat memulihkan kesegaran pada tubuh kita.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mandi ternyata bukan hanya berfungsi untuk membersihkan tubuh dari kotoran. Tetapi mandi juga berperan untuk menjauhkan stress, meningkatkan sistem kekebalan, menghindari terjadinya infeksi kulit dan dapat menyembuhkan masalah medis tertentu.

New England Journal of Medicine pernah menerbitkan sebuah studi yang menunjukkan bahwa penderita diabetes hanya memerlukan waktu setengah jam saja berendam dalam bak air hangat untuk menurunkan tingkat gula darah sampai 13%.

Di Jepang, sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa berendam dalam bak mandi berisi air hangat selama 10 menit dapat memperbaiki kesehatan jantung, membantu mereka yang menjalani test olahraga secara lebih baik dan mampu mengurangi rasa sakit.

Yang dimaksud mandi di sini bukan hanya mandi dengan mengguyur tubuh secara keseluruhan. Namun termasuk pula berendam (full body), berenang atau hanya sekedar merendam kaki di dalam air.

Apa manfaat lain dari mandi yang kita lakukan, dan sebaiknya berapa lama waktu yang diperlukan bagi kita untuk mandi?

Di bawah ini beberapa petunjuk yang tak cuma bermanfaat, tetapi juga mengasyikkan dan menyehatkan :

Mandi mengeluarkan racun
Mandi air hangat dengan suhu 32 – 35 derajat membuka pori-pori tubuh. Ini akan membantu mengeluarkan toksin atau racun yang mengendap di dalam tubuh. Mandi air hangat juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah, menyembuhkan sakit otot dan membantu menjaga usus besar agar bisa bekerja secara baik. Waktu yang dianjurkan untuk mandi selama 10 – 20 menit.

Menghilangkan stres
Mandi air dingin merupakan cara yang tepat untuk mereka yang sedang mengalami stress. Temperatur air yang bagus dan dianjurkan adalah 12 – 18 derajat. Mandi air dingin sangat baik untuk meredakan ketegangan pikiran sekaligus memberikan kesegaran.

Mengobati eksema dan penyakit kulit lainnya
Penyakit kulit tertentu seperti eksim, ruam, rangen, atau gatal-gatal kulit dapat berkurang jika dalam air ditambahkan baking soda (sodium bikarbonat) yang bertindak sebagai anti septic. Dianjurkan untuk berendam selama 10 – 20 menit. Jika ada waktu dan kesempatan tak ada salahnya pergi ke pemandian air panas di tempat rekreasi atau tempat yang memang disediakan secara khusus.

Penyembuhan dan pencegahan infeksi
Sariawan dapat dibantu penyembuhannya dengan menambahkan 3 atau 4 cuka apel ke dalam bak mandi. Hal ini baik untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh karena cuka dapat menyeimbangkan tingkat keasaman. Tambahkan pada air hangat di bak mandi dan berendam selama 15 – 20 menit.

Meringankan flu dan sakit kepala
Rendamlah kaki di dalam air hangat. Ini akan membantu mengurangi derita karena flu dan sakit kepala. Selain itu akan menyegarkan kaki yang lelah sehabis beraktivitas atau olahraga. Kaki dimasukkan ke dalam air hangat sampai kira-kira pergelangan atau sampai pada batas lutut. Baik juga apabila ditambahkan beberapa tetes minyak seperti lavender, peppermint atau lemon, yang berfungsi memberikan kesegaran. Lakukan selama 10 – 20 menit, setelah itu basuhlah kaki dengan air dingin.

Insomnia
Bagi yang memiliki masalah tidur atau mengidap insomnia, merendam kaki dalam air dingin sangat baik. Masukkan kaki sampai kaki merasa dingin, tidak perlu lama-lama tetapi secukupnya saja. Cara ini juga dapat digunakan untuk kaki yang lelah dan penat, juga pendarahan hidung dan sembelit.

Melancarkan sirkulasi darah
Cobalah merendam kaki secara bergantian antara air hangat dan air dingin. Dapat dicoba terlebih dahulu selama 1 atau 2 menit dalam air hangat, kemudian ditingkatkan 30 menit dalam air dingin. Lakukan ini selama beberapa kali kemudian.

Membentuk tubuh dan kebugaran
Mandi berenang secara rutin akan membentuk tubuh sekaligus memberikan kebugaran. Cobalah untuk secara rutin berenang, seminggu dua kali, tiga kali atau empat kali. Dalam waktu beberapa bulan saja akan terasa bahwa kebugaran tubuh semakin meningkat. Kalau kita melihat atlet renang tampaklah bahwa bentuk tubuh mereka kencang, atletis dan segar disebabkan oleh latihan yang rutin dilakukannya.

Kalau manfaat mandi bagi kesehatan tubuh itu begitu besar, mengapa masih banyak orang yang betah tidak mandi hingga berhari-hari. Sementara ketika badan kita tidak tersentuh air selama beberapa hari saja dapat dibayangkan bagaimana rasanya. Terlebih pada cuaca atau hawa yang panas dan bikin gerah seperti yang kita rasakan sekarang ini, kebutuhan akan mandi akan semakin kita perlukan.

Iklan

44 thoughts on “Mandi Dan Kesehatan Tubuh

  1. kalo mandi malam2 itu baik gak sob utk kesehatan?
    ada yg bilang kan katanya gak baik

    — — —
    *ya, banyak yang bilang demikian. Kalau mandi dini hari sekalian di atas jam 2 malam malah bisa menjadi terapi penyembuhan.

  2. ada yang bilang, katanya mandi subuh-subuh pake air dingin bisa menguruskan badan? trus ada yang bilang juga kalo terlalu sering mandi air hangat kurang baik bagi kulit? bener ga sih?

  3. Mandilah dengan air bersih. Lha njur nek neng kosku raono banyu piye mas? 🙄 Isa wudhu we wis syukure pol. 😀

    — — —
    *Pengecualian pak, iki mung mandi kanggo sing banyune akeh

  4. Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Muhammad…

    Alhamdulillah, dengan mandi kehidupan kita semakin ceria dan segar. Air adalah makhluk Allah yang hidup dan menghidupkan kehidupan. Oleh itu, jangan lupa membaca bismilillah dan berdoa ketika air menyentuh tubuh kita.

    Saya lebih sennag mandi air hangat dari air dingin terutama di awal pagi. Namun mandi air dingin di sebelah petangnya kerana memberi kesegaran setelah lelah beraktivitas.

    Terima kasih ata s kongsian informasi yang menyehat dan mengujakan. Semoga diganjari Allah atas kebaikan pesanan ini. Aamiin.

    Salam hormat dari Sarikei, Sarawak.

  5. assalamu alaikum. Pak,,,
    saya mau tanya gimana sih caranya bikin blog sebagus kayak blog Bapak.? banyak pengetahuan dan wawasan yang bisa diambil pelajaran
    tolong dijawab yah, ke alamat email saya, wandi.bgt@gmail.com
    terima kasih.

    — — —
    *banyak baca kuncinya mas, dan tuangkan apa sudah dibaca ke dalam tulisan menurut sudut pandangmu.

  6. Mandi itu penting untuk kesehatan ni, selain bisa menjaga kebugaran tubuh mandi sangat efektif membunuh kuman2 dna penyakit yang menempel pada tubuh kita. Cukup 2 x sehari 🙂

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s