Keajaiban Sistem Pernapasan

Pernapasan, seperti yang telah kita ketahui adalah menghirup udara ke dalam paru-paru kemudian dikeluarkan lagi melalui hidung. Organ tubuh yang berperan dalam proses pernapasan bukan hanya hidung, namun termasuk juga tekak, pangkal tenggorokan, batang tenggorokan dengan berbagai rongganya dan paru-paru. Kesemuanya itu menjadi satu dalam saluran napas yang dilapisi oleh selaput lendir guna membersihkan jalur pernapasan dari kotoran yang terdapat pada udara yang dihirup.

Bernapas adalah hidup. Setiap yang bernapas berarti menunjukkan adanya kehidupan. Berhentinya pernapasan beberapa menit saja sudah dapat mengantarkan orang pada kematian. Gerakan menghirup dan mengeluarkan napas ini sangat penting bagi manusia. Ini akan terus berlangsung sepanjang hidup manusia itu sendiri. Aktivitas pernapasan akan terus bertambah frekuensinya ketika orang melakukan pekerjaan berat. Kalau sampai terhenti akibatnya sudah dapat ditebak.

Pada saat kita bernapas, sesungguhnya telah terjadi proses oksidasi serta perpindahan dua zat yang terdapat di udara. Oksigen masuk ke dalam paru-paru dan karbondioksida sebagai sisa dari proses oksidasi ini dikeluarkan. Dari proses oksidasi tersebut sepertiga dihasilkan energi setelah bercampur dengan zat yang terkandung dalam makanan untuk diedarkan ke seluruh sel tubuh. Kemudian sepertiga lagi disimpan sebagai cadangan energi dan sepertiga lagi dibuang.

Masih banyak yang belum mengetahui bahwa sebenarnya sistem pernapasan manusia memiliki keajaiban-keajaiban. Dalam hal ini para ahli dari dunia timur telah menunjukan kebolehannya menemukan berbagai macam sistem pernapasan untuk menunjang kesehatan manusia.

Selama ini orang bernapas hanya sekedar bernapas saja, menghirup dan menghembuskan udara tanpa mengenal apa yang dinamakan “kesegaran udara”. Kapasitas paru-paru tidak digunakan secara maksimal, sehingga mereka tidak dapat menjiwai atau merasakan dengan akrab udara yang memberikan kesegaran.

Para pembaca sekalian apa itu kesegaran udara?

Cobalah, ambil udara segar dengan pernapasan yang panjang dan dalam, kemudian keluarkan sampai habis. Ulangi beberapa kali…

Apa yang Anda rasakan? Terasa segar dan nikmat bukan? Udara yang dihirup ini akan beredar ke seluruh tubuh. Ini merupakan langkah awal bagi Anda dalam mengenal kesegaran udara. Hal ini akan dapat dirasakan manfaatnya jika secara rutin dilakukan setiap pagi hari dan malam menjelang tidur atau saat Anda merasa gerah dan memerlukan kesegaran. Inilah salah satu keajaiban sistem pernapasan yang kita lakukan.

Secara ilmiah, pernapasan yang panjang dan dalam akan membuat siapapun memperoleh udara yang cukup dibutuhkan oleh tubuh. Pernapasan yang dangkal dan pendek bisa menyebabkan datangnya penyakit, karena seseorang tidak memperoleh udara segar yang cukup.

Sisa pembakaran mungkin tidak dapat terangkut dengan baik, demikian pula proses oksidasi tidak berjalan sebagaimana mestinya. Hal ini dapat membuat tubuh menjadi lesu atau lemah. Oksigen diperlukan untuk proses berpikir, proses pencernaan, mengangkut zat-zat makanan dalam darah, membangun jaringan tubuh dll.

Kebiasaan orang terhadap sistem pernapasannya adalah seringnya menarik napas dengan cepat, begitu pula saat mengeluarkannya. Bukankah demikian? Padahal yang seharusnya adalah menghirup dengan perlahan, panjang dan dalam. Saat mengeluarkannya pun seharusnya begitu pula.

Dengan pernapasan yang biasa sering kita lakukan, kita hanya menggunakan sebagian kecil atau seperempat bahkan kurang dari kemampuan dan kapasitas paru-paru yang kita miliki. Kemampuan paru-paru sebenarnya bisa ditingkatkan menjadi setengahnya jika kita rutin melakukan latihan untuk memperoleh kesegaran udara. Secara bertahap bukan tidak mungkin kita bisa memaksimalkan hampir seluruh kapasitas paru-paru.

Dalam perkembangan selanjutnya, manusia kemudian menemukan dan mengembangkan berbagai macam ilmu pernapasan beberapa abad yang lalu dengan tujuan untuk kesehatan, beladiri, olahraga dan sebagainya. Misalnya pernapasan dua sisi, sering disebut juga sebagai pernapasan positif negatif atau pernapasan bulan dan matahari. Lalu ada pernapasan segitiga, pernapasan segi empat, pernapasan perut, pernapasan diafragma, pernapasan abdomen normal, pernapasan abdomen terbalik, pernapasan kulit, pernapasan suci, pernapasan Yim Yang, pernapasan Tai Chi, Falun Gong dll.

Berbagai macam pernapasan tersebut bisa dilatih secara teratur dengan teknik tertentu yang kemudian menjadi seni tersendiri bagi perkumpulan olahraga beladiri maupun senam  sehat yang ada di Indonesia dan di seluruh dunia. Bahkan dengan latihan secara khusus teknik pernapasan bisa digunakan untuk relaksasi dan menghancurkan benda-benda keras ala Kuil Shaolin.

Sungguh semua itu adalah karunia Allah yang diberikan kepada manusia melalui sistem pernapasan. Keajaiban, misteri dan rahasia yang terdapat dari cara kita bernapas merupakan salah satu tanda-tanda adanya kekuasaan Allah. Kita wajib mensyukuri bahwa udara yang diciptakan untuk dinikmati manusia melalui pernapasan masih bisa kita peroleh secara gratis.

46 thoughts on “Keajaiban Sistem Pernapasan

  1. thats right bro, setiap konfigurasi apapun dari tubuh dan jiwa kita adalah miraccle dari-Nya.. so kita kudu selalu bersyukur. “ojo lali saben wayah elingo marang pangeraniro, sejatine sliramu tansah ketunggonan pangeraniro”

  2. nah, itu saya ingin sekali, menghancurkan benda2 keras hanya dengan olah pernafasan, gmn caranya?

    nice post.

    — — —
    *Ikut aja perguruan seni beladiri, pasti diajari yang seperti itu.

  3. udah gratis, mudah didapat, byk manfaatnya tapi malah byk yg bisa memaksimalkan gunanya(tms aku, hiks…) mulai skr yuukkkkk nafas dengan panjang, teratur dan nikmati

  4. Woo ini yang sering dinasihatkan sesepuh dengan ‘ambegan landhung’ pernafasan panjang dan dalam memaksimalkan seluruh organ pernafasan. Terima kasih mencerahkan pemahaman, Salam

  5. waaa….itu yg aku rasakan di daerahku ini……udara begitu segar…pagi2 bener, keluar rumah menikmati udara , alam cerah bebas polusi dan langit biru serta hijau rerumputan…trus hirup udara, penuhi paru2 dengan udara segar…nyessssss……..enak sekali rasanya….dan nikmatttt

  6. Ketika saya bekerja di Pontianak, saya dberi sebuah buku lawas oleh seorang sahabat, tepatnya foto copyan, yang isinya bagaimana teknik pernafasan yang menyehatkan dan membuat tubuh bugar dan ‘memanjangkan umur’. Aneka teknik yang dituliskan membutuhkan kesabaran dan waktu yang nggak singkat. Karena saya kurang sabar dan gampang bosen dalam latihan, akhirnya terlupakan semua metode yang pernah saya coba. Padahal, sewaktu berlatih efek positipnya sidah saya rasakan

  7. bernapas adalah satu karunia terbesar diberikan Allah…tanpa terasa kita bernapas sekitar 50.000 kali perhari..dan Allah tidak pernah menghitung pemberiannya…

  8. Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Muhammad…

    Nikmat Tuhanmu yang manakah hendak engkau dustakan ?
    Subhanallah, dengan bernafas kita dapat menikmati kehidupan dan bisa bertaubat bila-bila masa sebelum penghentiannya. Ternyata teknik bernafas yang betul akan memudahkan seluruh sistem badan untuk bergerak cergas.

    Kongsian bermanfaat yang mencerahkan kehidupan.
    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.😀

  9. Coba dihitungkan sekalian mas nekjika kita mbayar kayak di RS per hari harus sodakoh berapa tu🙄

    — — —
    *Jelas wis atusan ewu pak, oksigene diitung pertabung Rp. 875.000 isi 1000 liter.

  10. masalahnya di tempat saya sekarang , yg namanya udara segar sudah menjadi barang langka . pagi-pagi orang sudah bakar sampah,gag berapa lama, polusi dari kendaraan bikin napas jadi sesek.hiks..hiksss..padahal saya sudah mengambil ancang-ancang untuk menarik napas sedalam mengkin…

    @ wied : banyanginnya aja dah nyesss..apalagi ngerasain hehehe

  11. Betul sekali mas, udara yang diberikan Tuhan tanpa biaya ini betul-betul anugerah yang luar biasa…bayangkan, harga satu tabung oksigen bila kita sesak nafas dan dirawat di rumah sakit, duh…Tuhan memang Maha Pemurah…

  12. apalagi kalau menarik nafasnya di daerah hijau bebas polusi, di tengah hutan, di dekat danau dengan pemandangan hijau lainnya wah….sejuk dan seger tenan ^_^

  13. anak saya kena radang amandel,, kalo lgi tidur bernafsnya g selancar org normal..
    Alloh kariim,,, sungguh bisa bernafas dg lancar itu nikmat yg tak tertandingi…

  14. ternyata ilmu pernafasan itu banyak manfaatnya ya, terutama agar kita bisa mengatur dan mengolah nafas sebaik-baiknya. Selama ini aku sama sekali gak pernah memikirkan tentang hal ini lo.

    BTW, makasih banget masih nyempetin mampir ke blogku yg lama terlantar hehe

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s