Pergantian Tahun

Tanpa terasa waktu terus berlalu. Kita menutup tahun 2012 dan kemudian membuka tahun 2013. Tentu dengan harapan yang membentang bahwa hari depan akan lebih baik dari hari yang telah lalu. Hidup memang harus berubah dan akan terus berubah. Sangat rugi rasanya kalau perubahan itu bukan menjadi lebih baik dari yang kemarin. Terlebih kalau perubahan itu justru menjadi semakin buruk. Hal itu yang seharusnya kita hindari, karena setiap orang pasti menginginkan kebaikan dan perbaikan dalam hidupnya.

Lepas dari itu, ternyata di bulan Desember ini  terdapat beberapa peristiwa atau momen yang mungkin dapat dijadikan sebagai sebuah kenangan yang jarang didapatkan.

Yang pertama adalah adalah adanya tanggal cantik 12-12-12 dimana hampir setiap orang memaknainya sebagai sesuatu yang luar biasa. Dapat kita lihat, pada saat itu banyak yang melangsungkan pernikahan, melahirkan dan berbagai perhelatan lainnya termasuk perceraian barangkali. Tak sedikit bayi yang lahir karena memang dipaksa untuk lahir dengan cara bedah cesar agar memperoleh hari kelahiran di tanggal cantik itu.

Yang kedua, juga tanggal yang sama cantiknya yaitu 20-12-2012. Kalau dilihat semua memiliki angka yang sama dan tak ada yang dihilangkan sama sekali. Sayangnya, tanggal ini ternyata kalah populer dengan yang 12-12-12 di atas. Meski demikian, hal ini juga dapat dijadikan sebagai sebuah kenangan yang juga dipilih oleh banyak orang.

Yang ketiga, isu kiamat bakal terjadi di bulan Desember 2012. Semula tanggal 12 Desember 2012, namun entah kenapa kemudian berubah menjadi tanggal 21 Desember 2012. Celakanya, ada sebagian orang yang percaya bahwa kiamat benar-benar akan terjadi sehingga  mereka mempersiapkan diri dengan cara bersembunyi di dalam bunker atau dengan ritual-ritual tertentu. Kenyataannya sampai detik ini kiamat tak juga muncul alias biasa-biasa aja tuh…

Bukan peristiwa, isu ataupun tanggal cantiknya tetapi setiap tahun pasti akan mengalami pergantian. Itu sudah menjadi suatu hal yang rutin terjadi. Meski tak ada tanggal cantik, tahun akan terus berganti dan waktu pun akan terus berubah. Kini tinggal diri kita saja yang perlu mengoreksi diri, bahkan setiap waktu tak hanya ketika terjadi pergantian tahun.

Nah, apakah kita sudah merenungkan kembali segala yang pernah kita lakukan dalam kurun waktu setahun terakhir ini? Kalau kita mau mengevaluasi diri kita maka muncul sebuah pertanyaan “Sudahkah kita menjadi lebih baik?” Mungkin kita tak mampu menjawabnya karena kita tak bisa menilai diri sendiri secara obyektif. Dan bila kita ingin melihat maka orang lainlah yang bisa menilai. Silahkan kita bertanya pada tetangga, teman atau siapa pun yang mengenal kita dengan baik. Kira-kira apa hal-hal buruk yang masih melekat pada diri kita. Beranikah kita melakukannya? Siapkah kita mengetahui sisi buruk atau kelemahan kita dari orang lain?

Tahun baru yang diperingati dan dirayakan oleh seluruh belahan dunia itu hendaklah kita jadikan sebagai suatu renungan bahwa di dunia ini tak ada yang abadi. Tahun terus berganti dan waktu terus berlalu, usia kita pun semakin bertambah. Seharusnya kita menjadi semakin matang dan dewasa dalam berpikir maupun bersikap.

Merayakan tahun baru sah-sah saja dilakukan dan tak seorang pun melarangnya. Namun jika hal itu dilakukan dengan hura-hura, foya-foya apalagi sampai mengadakan pesta sex dan narkoba rasanya tidaklah bijaksana. Di tempat lain masih banyak saudara kita yang dirundung kegalauan akibat diterjang bencana. Mereka tanpa bisa melewatkan pergantian tahun dengan tenang. Banjir, tanah longsor, gempa bumi dan sebagainya masih menghantui kehidupan mereka.

Oleh karena itu tak ada salahnya bila beberapa momen-momen cantik di bulan Desember ini kita jadikan sebagai suatu rangkaian yang mengiringi Tahun Baru. Mari kita merenung sejenak sekaligus berharap kepada sesuatu yang lebih baik dari hari kemarin.

Semoga Allah SWT senantiasa melindingi kita semua.Aminer, Yaa Robbal ‘Alamiin

Iklan

22 thoughts on “Pergantian Tahun

  1. Ga salah emang kalau mau senang2 pas momen pergantian, tapi baiknya momen itu dijadiin sarana refleksi dan evaluasi diri. 😀

    Selamat ganti kalender baru. :mrgreen:

  2. 20-12-2012…so sweet tanggalnya, hehehehe.

    pernah sih ikutan lht kembang api saat pergantian tahun…sekedar pengen tau gimana sih semaraknya kembang api

  3. Selamat Tahun Baru 2013
    Semoga ditahun baru ini kita bisa menjadi pribadi yang lebih dewasa dan matang dari sebelumnya begitu pula dengan kehidupan kita bisa lebih baik lagi..

  4. Postingan yang mengingatkan untuk selalu lebih baik tiap waktunya. Semoga lebih banyak lagi hal positif yang kita capai di tahun 2013 ini. Cintai apa yang telah kita miliki. Sukses Pak mufti

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s